Pelatih PSM Makassar Isyaratkan Cari Pengganti Abdul Rahman

Sang bek tengah masih belum sembuh dari cedera lutut

Makassar, IDN Times - Bek tengah PSM Makassar, Abdul Rahman Sulaeman, masih harus berjuang untuk menyembuhkan cedera lutut yang menderanya sejak Oktober 2021. Pelatih kepala Bernardo Tavares mengaku belum tahu menahu tentang status sang pemain.

"Saya sudah tidak melihatnya sekian lama. Dia melakukan banyak pemeriksaan di Rumah Sakiy, tapi saya tidak tahu seperti apa hasilnya," ungkapnya sebelum memimpin sesi latihan Wiljan Pluim dkk di Lapangan Syekh Yusuf Sungguminasa, Senin (10/10/2022).

1. Abdul Rahman didera cedera lutut sejak Oktober 2021

Pelatih PSM Makassar Isyaratkan Cari Pengganti Abdul RahmanPesepak bola Persib Bandung Wander Luiz (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Abd Rahman (kiri) pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/10/2021). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Eks penggawa Persib Bandung itu sudah setahun menepi akibat cedera yang dialaminya pada laga pekan keempat Liga 1 2021-22 melawan Persib Bandung. Saat itu, ia harus ditarik keluar pada menit ke-39 akibat salah tumpuan usai terlibat duel bola udara dengan Wander Luiz.

Abdul Rahman sempat diberitakan akan kembali merumput pada Agustus 2022, bertepatan dengan dimulainya musim baru. Namanya pun sudah didaftarkan ke PT. Liga Indonesia Baru sebagai salah satu pemain PSM Makassar. Tapi, ia masih berkutat dengan pemulihan cedera.

2. Bernardo Tavares enggan memaksakan Rahman untuk kembali merumput

Pelatih PSM Makassar Isyaratkan Cari Pengganti Abdul RahmanBek PSM Makassar Abdul Rahman Sulaeman dalam sesi latihan di Lapangan Bosowa Sport Center pada Kamis 12 Mei 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Tepat setahun menepi, Tavares mencoba realistis atas kondisi Abdul Rahman. Terlebih ia bukan tipe pelatih yang tak ragu menurunkan pemain-pemain usai dihantam cedera. Pelatih asal Portugal itu bahkan mengirim sinyal akan segera mencari penggantinya.

"Saya kira dengan cedera berkepanjangan dan umurnya yang sudah 35 tahun, saya kira banyak risiko yang akan dia hadapi jika ia memaksakan untuk kembali. Dengan kondisi seperti itu, tentu saja bakal sulit," papar Tavares.

3. Turut andil dalam keberhasilan PSM menjuarai Piala Indonesia edisi 2018-19

Pelatih PSM Makassar Isyaratkan Cari Pengganti Abdul RahmanSalah satu momen di final leg kedua Piala Indonesia 2018-19 antara PSM Makassar versus Persija Jakarta yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, 6 Agustus 2019. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Pemain kelahiran Sidrap tersebut termasuk salah satu dari segelintir pemain PSM yang belum pernah mendapat menit bermain. Yang lainnya adalah Rivky Mokodompit, Harlan Suardi, Muhammad Ardiansyah, Ibnul Mubarak, Edgard Amping serta M. Rafli Asrul.

Pemilik nomor 28 itu sudah berseragam merah marun sejak 2018. Ia turut andil dalam keberhasilan PSM finis sebagai runner-up di musim pertamanya "mudik", serta mengantar Pasukan Ramang ke podium juara Piala Indonesia 2018-19.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya