PBSI Sulsel Cari Bibit Atlet Badminton di Piala Gubernur

Diikuti 200 lebih peserta asal 17 provinsi di Sulsel

Makassar, IDN Times - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menggelar kejuaraan Piala Gubernur Sulsel 2022, di GOR Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, 14 hingga 17 Juli 2022. Kejuaraan diikuti atlet dari 17 kabupaten/kota di Sulsel.

Ini merupakan ajang pencarian bakat PBSI Sulsel untuk menjaring bibit muda di bidang badminton. Nantinya, juara pada masing-masing kategori bakal mewakili Sulsel pada kejuaraan bulu tangkis Piala Presiden di Jakarta, Agustus 2022 mendatang.

"Lebih dari 200 atlet yang daftar," kata Ketua Panitia Piala Gubernur Sulsel 2022 Andi Tancung, lewat keterangan persnya di Makassar, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: 10 Atlet Badminton Putri Indonesia dengan Followers IG Terbanyak

1. Panitia buka 11 kategori

PBSI Sulsel Cari Bibit Atlet Badminton di Piala GubernurKonferensi pers kejuaraan badminton Piala Gubernur Sulsel 2022. (Dok. PBSI Sulsel)

Pada kejuaraan ini, panitia membuka 11 kategori pertandingan dari tiga kelompok umur. Di antaranya yakni kelompok umur anak-anak (tunggal putra-putri), kelompok umur pemula (tunggal dan ganda putra-putri), dan kelompok umur remaja (tunggal, ganda putra-putri dan ganda campuran).

Andi Tancung menjelaskan, antusiasme peserta cukup tinggi. Namun pihaknya terpaksa membatasi pendaftar karena menerapkan sistem digital, dimana peserta hanya atlet bulu tangkis yang sudah terdaftar dalam Sistem Informasi (SI) PBSI.

Andi Tancung menyebut pihaknya secara tegas menolak pendaftaran atlet secara manual. Sebab PBSI pusat telah menerapkan sistem digital dan meminta PBSI daerah melakukan hal serupa.

"Sebenarnya, kalau mau terima secara manual bisa sampai 500 peserta, tapi kalau sistem manual sekarang kita tolak," ucap Andi Tanjung.

2. Jadi agenda tahunan PBSI Sulsel

PBSI Sulsel Cari Bibit Atlet Badminton di Piala GubernurRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (instagram.com/badminton.ina)

Andi Tanjung menekankan, pelaksanaan event ini menjadi pembelajaran bagi klub bulu tangkis untuk mendaftarkan seluruh atletnya. Kini, PBSI tidak akan menerima pendaftaran atlet yang belum terdata dalam SI PBSI. Terlebih, Piala Gubernur Sulsel rencananya menjadi event rutin.

Sekretaris Pengprov PBSI Sulsel, Atman Amir, menambahkan Piala Gubernur Sulsel ke depannya akan menjadi event tahunan. Bahkan, didorongnya agar kabupaten/kota juga menggelar Piala Wali Kota atau Piala Bupati, sehingga kompetisi bulu tangkis di Sulsel dapat berjenjang.

Ia juga menjelaskan pelaksanaan event ini dibatasi hanya untuk atlet lingkup Sulsel. Toh, para juaranya akan mewakili daerah pada Piala Presiden. Disebutkannya pula bahwa event ini harus dimanfaatkan atlet daerah untuk menunjukkan performa terbaik agar dilirik oleh PBSI pusat.

"Ini sekaligus menjadi ajang talent scouting oleh pengurus pusat untuk atlet daerah. Semoga lewat event ini bisa ada atlet kita yang nanti dilirik bisa masuk pelatnas," tuturnya.

Adapun pada Piala Gubernur Sulsel, kelompok umur pemula dan anak-anak yang paling banyak diminati. Sedangkan sebaran atlet didominasi berasal dari Kota Makassar, disusul Kabupaten Gowa.

3. Dispora Sulsel mendukung Piala Gubernur

PBSI Sulsel Cari Bibit Atlet Badminton di Piala GubernurKonferensi pers kejuaraan badminton Piala Gubernur Sulsel 2022. (Dok. PBSI Sulsel)

Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel, Muh Faisal, menambahkan pihaknya mendukung penuh pelaksanaan Piala Gubernur Sulsel. Pihaknya juga mengapresiasi PBSI Sulsel yang mampu menggelar event bergengsi tersebut, meski tanpa dukungan penuh anggaran dari pemerintah.

Pelaksanaan Piala Gubernur Sulsel dilaksanakan PBSI Sulsel bekerja sama dengan Dispora Sulsel. Di samping itu, turut menggandeng sejumlah sponsor dari pihak swasta.

"Kami fasilitasi dan dukung agar untuk seterusnya berlanjut. Kami mengapresiasi PBSI, meski tidak di-support full oleh Pemprov Sulsel, tanpa melulu mengharapkan dukungan penuh karena keterbatasan Pemprov (soal anggaran), mengingat ada 50 cabor prestasi di bawah KONI yang juga harus diperhatikan," kata Faisal.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Merek Sepatu Badminton Terbaik, Biar Main Sat-Set

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya