Medali Pertama Sulsel di PON dari Cabor Sepak Takraw

Tim hoop putri Sulsel kalah dari tuan rumah Papua di final

Makassar, IDN Times - Kontingen Sulawesi Selatan meraih medali pertamanya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 lewat cabang olahraga sepak takraw, Minggu (26/9/2021).

Medali perak dipersembahkan tim sepak takraw di nomor hoop putri. Di partai final yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua, tim Sulsel kalah dari tuan rumah Papua.

Baca Juga: PON 2021: Tim Futsal Sulsel Puncaki Klasemen Grup

1. Sulsel masih kejar medali di nomor lain

Medali Pertama Sulsel di PON dari Cabor Sepak TakrawAtlet Sepak Takraw Putri Sulawesi Tengah berlatih serius di GOR Trikora Uncen, Sabtu (25/9). Dok. PB PON XX PAPUA/foto Ronald Sandewa

Tim sepak takraw hoop putri Sulsel diperkuat Kusnelia, Rahmiati, Fauziah, Febrianti, dan Astriani. Mereka mengumpulkan poin 250 di partai final.

Sementara Papua meraih medali emas dengan dengan poin 260. Adapun medali perunggu diraih Jambi dan Sulawesi Barat dengan torehan 150 poin.

"Alhamdulillah Sulsel meraih perak di nomor hoop putri. Masih ada pertandingan berikutnya di nomor lain," ujar Rahmiati, salah satu anggota tim takraw putri Sulsel.

2. Sepak takraw Sulsel bisa sumbang emas

Medali Pertama Sulsel di PON dari Cabor Sepak TakrawPengguna jasa bandara melintas di dekat media promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel Andi Arwin Azis semakin yakin tim takraw Sulsel akan mempersembahkan beberapa medali lagi di PON XX Papua. Utamanya meraih target medali emas.

Sulsel tergolong salah satu Provinsi yang cepat mendapat medali. Bahkan sebelum pembukaan PON digelar.

"Artinya yang baru mengoleksi medali itu adalah provinsi besar termasuk tuan rumah Papua, kemudian Jawa Barat, sebagai peringkat pertama perolehan medali di PON sebelumnya," ujar Arwin di Makassar.

3. Sulsel target sepuluh besar perolehan medali

Medali Pertama Sulsel di PON dari Cabor Sepak TakrawAcara Festival Cahaya Papua pada Jumat (31/12/2020) malam. (IDN Times/Dok. PB PON Papua).

Kontingen Sulawesi Selatan berharap membawa pulang medali emas dari 17 cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Ketua Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Andi Ihsan mengatakan, target itu dipasang sesuai hasil rapat dengan para pelatih cabang olahraga yang dikirim ke Papua.

"Ada 17 cabang olahraga yang digadang-gadang akan menuai emas. Tidak hanya satu tapi hingga dua," kata Ihsan dikutip dari Antara, Sabtu (18/9/2021).

Andi Ihsan memprediksi apabila target ini tercapai, maka Sulsel bisa dipastikan masuk 10 besar peraihan medali. Sekaligus memenuhi harapan pemerintah dan masyarakat Sulsel.

Sebelumnya di PON Jawa Barat tahun 2016, Sulsel berada di urutan 12 dengan raihan medali emas sebanyak 12. Pada PON XX di Papua, Sulsel berani menargetkan 20 emas dari 17 cabang olahraga tersebut.

"Mohon doanya karena para atlet dan pelatih sudah mempersiapkan diri melalui latihan agar bisa tampil maksimal di PON Papua," ujar Andi.

Baca Juga: KONI Sebut Venue di PON Papua Sudah Siap, Kekurangan Segera Selesai

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya