Kejutan, Tim Basket Sulsel Kalahkan DKI Jakarta

Tim Sulsel melaju ke semi final jika mengalahkan Papua

Makassar, IDN Times - Tim bola basket 5x5 putri Sulawesi Selatan mengalahkan DKI Jakarta pada babak grup Pool Y Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, yang berlangsung di Mimika Sport Complex, Mimika, Kamis (30/9/2021).

Pelatih Sulsel Eddy Winarso mengaku terkejut dengan hasil yang dicapai timnya. Sebab tim DKI Jakarta berstatus unggulan, yang merupakan peraih medali perak di PON 2016.

"Ini 'surprise' bagi kami. 'Surprise'," ujar Eddy usai pertandingan dikutip dari Antara, Kamis.

Di pertandingan itu, Sulsel menang 66-56. Mereka mampu bangkit dan membalikkan keadaan setelah tertinggal 14-16 pada kuarter pertama.

Baca Juga: Sulsel Baru Kumpulkan Empat Medali di PON Papua, Tanpa Emas

1. Sulsel sempat tertinggal

Kejutan, Tim Basket Sulsel Kalahkan DKI JakartaPebasket putri DKI Jakarta Jesslyn Angelique Aritonang (14-hitam) berusaha melakukan lay-up dengan diganggu tiga pebasket Sulawesi Selatan saat pertandingan penyisihan bola basket 5 on 5 PON XX PAPUA di Mimika Sport Complex, Kamis (30/9/2021). Dok. PB PON XX Papua / Ady Sesotya

Tertinggal di kuarter pertama, Sulsel berhasil keluar dari tekanan. Mereka membalikkan kedudukan jadi 27-24 lewat tembakan bebas Gustina. Kuarter itu ditutup dengan keunggulan Sulsel 31-27.

Di kuartet ketiga, Sulsel menjaga jarak dengan skor 50-41. Sampai laga selesai, DKI Jakarta tak mampu membuat skor sama kuat. Pertandingan berakhir dengan skor 65-56 untuk kemenangan Sulawesi Selatan.

Ummil Asmi menjadi bintang kemenangan Sulawesi Selatan dalam laga itu dengan menorehkan "double-double", 24 poin, 16 rebound dan empat assist.

Sementara di kubu DKI Jakarta, Jesslyn Aritonang menjadi yang terbaik di timnya setelah membuat 21 poin, delapan rebound dan satu assist.

2. Kunci kemenangan Sulsel adalah kedisiplinan

Kejutan, Tim Basket Sulsel Kalahkan DKI JakartaPemain Sulawesi Selatan, Handani Innocentia (kiri) berebut bola rebound dengan pemain DKI Jakarta, Jesslyn Angelieque pada pertandingan Bola Basket Putri PON XX Papua di GOR Basket Mimika Sport Center, Kamis (30/9/2021). Dok. PB PON XX Papua / Ady Sesotya

Menurut pelatih Eddy, kemenangan Sulsel tidak terduga karena DKI Jakarta adalah tim yang kuat dengan materi pemain yang berkualitas bagus. Eddy mengatakan kunci dari kemenangan tersebut adalah kedisiplinan para pemainnya.

"Kami tampil disiplin, baik dalam bertahan maupun menyerang. Anak-anak juga bermain dengan tenang dan tak banyak membuat 'turnover'. Setelah ini, mudah-mudahan kami bisa terus melaju dan masuk final," tutur Eddy.

3. Menuju semi final, Sulsel diadang Papua

Kejutan, Tim Basket Sulsel Kalahkan DKI JakartaPebasket putri DKI Jakarta Sophia Rebecca Adventa (tengah) menghadang gerakan pebasket Sulawesi Selatan Sitti Fatimah (kiri) dalam pertandingan penyisihan bola basket 5 on 5 PON XX PAPUA di Mimika Sport Complex, Kamis (30/9/2021). Dok. PB PON XX Papua/ Rommy Julianto

Pemain Sulawesi Selatan Sabrina Ayu Sandewang juga tak bisa menyembunyikan rasa senang setelah timnya menundukkan DKI Jakarta. Menurut Sabrina, selama dia dan rekan-rekannya terus berusaha keras, tidak ada hal yang tidak mungkin.

"Tidak ada yang tidak mungkin bagi Sulawesi Selatan, termasuk membuat sejarah," kata Sabrina.

Berikutnya di Pool Y, Minggu (3/10/2021), Sulawesi Selatan akan melawan tuan rumah Papua. Jika kembali menang, maka Sulawesi Selatan dipastikan lolos ke semifinal bola basket 5x5 putri PON XX Papua.

Baca Juga: PON XX Papua: Sulsel Kalah dari Jatim di Final Takraw Putra

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya