Dijanji Bonus, Ini Daftar Atlet Sulsel Peraih Medali SEA Games

Pedayung Anwar Tarra menyumbangkan empat medali emas

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah berjanji Pemerintah Provinsi bakal memberikan bonus bagi atlet daerah yang berprestasi di SEA Games Filipina 2019. Hingga hari penutupan, Rabu (11/12), atlet Sulsel berhasil menyumbangkan sejumlah medali bagi kontingen Indonesia.

Gubernur menyatakan setiap atlet peraih medali bakal mendapatkan hadiah uang. Masing-masing Rp75 juta untuk peraih medali emas, Rp50 juta bagi peraih perak, dan Rp30 juta untuk perunggu.

Hadiah bakal diberikan kepada atlet bersangkutan saat kembali ke Sulsel. Pemprov juga menyiapkan penyambutan bagi mereka.

"Sudah kita sudah siapkan, tinggal tunggu datang, kita kasikan. Emas Rp75 juta, kan dia juga sudah dapat dari Pemerintah Pusat. Itu 'reward' dari kita," kata Nurdin Abdullah, dalam keterangnnya yang diterima IDN Times di Makassar, Rabu (11/12).

1. Setengah atlet Sulsel yang berlaga di Sea Games membawa pulang medali

Dijanji Bonus, Ini Daftar Atlet Sulsel Peraih Medali SEA GamesANTARA FOTO/INASGOC/Ferdy Siregar/nz/18

Di Sea Games 2019, Sulsel diwakili dua belas atlet. Mereka terbagi dalam enam cabang olahraga. Masing-masing empat orang di cabang sepak takraw dan karate, serta satu orang di cabang dayung, angkat besi, biliar, dan sepak bola.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Andi Arwin Aziz mengatakan hingga hari penutupan, enam orang atlet Sulsel berhasil menyumbangkan medali untuk Indonesia. Satu emas dan satu perunggu didapat dari cabang sepak takraw. Dayung menyumbang empat emas dan satu perak.

Dari karate, didapatkan satu emas dan satu perak. Sedangkan angkat besi meraih satu emas. Sehingga secara total, ada tujuh emas, dua perak, dan satu perunggu.

"Rata-rata (cabor) meraih medali emas," ucapnya.

2. Anwar Tarra memborong empat medali emas

Dijanji Bonus, Ini Daftar Atlet Sulsel Peraih Medali SEA GamesPedayung Anwar Tarra, tengah. Instagram/jumarwanmakassar

Dari atlet Sulsel penyumbang medali emas untuk Indonesia, jumlah terbanyak dari Anwar Tarra di cabang olahraga dayung. Dia mendapatkan empat medali emas.

Medali emas didapatkan dari nomor perahu naga 500 meter dengan nomor empat pedayung, dan 22 pedayung. Satu emas di nomor kano 1.000 meter berpasangan dengan Yudha Firmansyah. Satu lagi emas dari nomor perahu naga 200 meter dengan sepuluh pedayung.

Emas lainnya di Sea Games diperoleh Hardiansyah Muliang di cabang takraw double event putra. Lalu ada Krisda Putri dengan emas di karate nomor kata putri perorangan, serta Rahmat Erwin Abdullah dengan emas di angkat besi kelas 73 kilogram.

Baca Juga: 5 Sosok Perempuan Terkemuka Asal Sulsel, Punya Segudang Prestasi Lho!

Baca Juga: Penuh Prestasi, Ini Lho 5 Atlet Kebanggaan Sulawesi Selatan

3. Berikut daftar atlet Sulsel penyumbang medali di Sea Games Filipina 2019

Dijanji Bonus, Ini Daftar Atlet Sulsel Peraih Medali SEA GamesLifter asal Sulsel Rahmat Erwin. Instagram.com/rahmaterwin_

Medali emas

  • Anwar Tarra, cabor dayung, 4 medali
  • Krisda Putri, cabor karate, 1 medali
  • Hardiansyah Muliang dsn Apriady, cabor sepak takraw, 1 medali
  • Rahmat Erwin Abdullah, cabor angkat besi, 1 medali

Medali perak
Anwar Tarra, dayung, 1 medali

  • Andi Dasril Dwi Darmawan, karate, 1 medali

Perunggu
Hardiansyah Muliang dan Diky Apriadi, takraw, 1 medali

Baca Juga: Atikah Salsabila, Bocah Perempuan Perkasa dari Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya