Comscore Tracker

Perhatikan Baik-baik, Ini 7 Tanda Kucing Marah Padamu

Jangan mendekat dulu deh biar gak kena cakar

Walaupun tidak bisa mengutarakan apa yang mereka rasakan, kucing adalah salah satu makhluk hidup yang pandai berkomunikasi. Beberapa penelitian terdahulu telah membuktikan hal ini.

Kucing mampu menggunakan beberapa bagian tubuh untuk mengutarakan apa yang ia rasakan, termasuk rasa marah. Mereka akan menunjukkannya dengan suara, gerakan ekor, kedipan mata, dan bahkan melalui bulunya. 

Agar kamu lebih memahami si meng ini, yuk, kenali tanda-tanda kucing sedang marah padamu berikut ini. Ingat-ingat, ya, agar kamu tidak kena cakar nantinya!

1. Telinga jadi lebih datar

Perhatikan Baik-baik, Ini 7 Tanda Kucing Marah Padamucattitudedaily.com

Tanda pertama yang bisa kamu cermati dari kucing marah adalah pada telinga kucing. Bukan hanya berfungsi untuk menangkap suara, bagian tubuh tersebut juga bisa menunjukkan mood mereka. Ketika mereka sedang senang atau tidak merasa apa pun, telinga akan tegak dan menghadap ke depan. 

Namun saat sedang marah, mereka akan menggerakkan telinga hingga menjadi datar dan sejajar dengan kepalanya. Telinga pun menghadap ke arah bawah, seperti sayap pesawat yang akan terbang. Ini juga berarti bahwa mereka siap untuk menyerangmu, lho. 

2. Mereka mengeluarkan suara geraman

Perhatikan Baik-baik, Ini 7 Tanda Kucing Marah Padamucatster.com

Sering kali, mereka akan menggeram sambil melihat ke arahmu. Selain itu, kucing juga mengeluarkan suara mendesis atau mengerang parau ketika merasa terganggu.

Sebagian kucing juga mengeong ketika marah. Namun suara yang dihasilkan berbeda dengan biasanya. Nadanya akan terdengar lebih galak dan seakan mereka sedang protes. 

Suara-suara tersebut adalah bahasa universal kucing untuk mengatakan "pergi sana!" atau "jangan ganggu aku!". Makanya, ketika situasi sudah seperti ini, jangan coba dekati mereka, apalagi menyentuhnya. Berikan waktu sendiri untuk si kucing, ya. 

3. Gerakan ekor yang siaga

Perhatikan Baik-baik, Ini 7 Tanda Kucing Marah Padamugiphy.com

Ekor kucing ternyata lebih ekspresif daripada yang kamu kira, lho. Mereka juga biasa menunjukkan kemarahannya lewat bagian tubuh yang satu ini. Lalu bagaimana cara mengenalinya?

Dilansir iHeartCats, saat mood-nya buruk, ekor kucing akan mengibas dengan cepat dan terangkat rendah. Lebih lanjut, ketika mood berubah menjadi marah, mereka akan mengibaskan ekornya ke depan dan belakang dengan irama yang konstan.

Di tahap ini, kamu harus berhati-hati karena kucing akan menjadi agresif. Apalagi jika kamu berusaha untuk menyentuh dan mengelusnya. 

Baca Juga: 7 Jenis Kucing Liar di Hutan, Imut tapi Sangat Buas

4. Menghindar darimu

Perhatikan Baik-baik, Ini 7 Tanda Kucing Marah Padamuunsplash.com/mimiori

Ketika sedang marah dengan teman atau pasangan, kamu pasti berusaha keras untuk menyingkirkan mereka dari pandanganmu, kan? Hal yang sama juga dilakukan oleh kucing, lho. 

Saat marah kepadamu, mereka berusaha sekeras mungkin untuk menghindar darimu. Kucing tidak akan mau berada di satu ruangan yang sama denganmu dan protes ketika kamu mendekatinya. 

5. Sorot matanya penuh dendam

Perhatikan Baik-baik, Ini 7 Tanda Kucing Marah Padamurd.com

Orang bilang mata adalah bagian tubuh yang tidak bisa berbohong. Ungkapan ini nampaknya juga berlaku untuk kucing. Saat marah, walaupun mereka tidak mengutarakannya secara langsung, mata kucing akan terlihat berbeda. 

Mereka akan melihatmu dengan sorot mata yang galak dan penuh dendam. Tak semua orang bisa memahaminya. Namun jika kamu peka dan telah lama memelihara kucing, kamu akan tahu kapan mereka marah dari sorot matanya saja. Selain itu, jika diperhatikan pupil mata kucing akan tampak membesar ketika mereka marah. 

6. Bulu kucing akan berdiri

Perhatikan Baik-baik, Ini 7 Tanda Kucing Marah Padamugiphy.com

Untuk yang satu ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi. Ketika merasa terganggu dan terancam, kucing akan membuat bulu di sekujur tubuhnya berdiri. Mereka melakukan ini sambil melengkungkan punggungnya, seakan siap untuk menyerang kapan saja. 

Dilansir Reader's Digest, tujuan kucing melakukan hal ini adalah untuk membuat tubuhnya tampak lebih besar. Dengan begitu, lawan (dalam hal ini adalah kamu) akan merasa terintimidasi dan takut kepadanya. 

7. Memukul tanganmu

Perhatikan Baik-baik, Ini 7 Tanda Kucing Marah Padamucatster.com

Jika kamu berani dan ingin memastikan apakah kucing benar-benar marah atau tidak, coba elus atau sentuh tubuhnya. Kucing yang marah akan memukul dan menyingkirkan tanganmu. Tak jarang mereka juga mengeluarkan cakarnya, lho

Kalau ini yang terjadi, bisa dipastikan mereka benar-benar tak mau diganggu. Ini adalah isyarat bagimu untuk membiarkannya sendirian. Jika nanti amarahnya reda, mereka akan kembali mencarimu. Kemungkinan besar, sih, untuk meminta makanan. 

Nah, seperti itulah tanda-tanda dari kucing yang marah. Jangan coba-coba mendekat atau menyentuhnya jika kamu tak mau lecet karena kena cakar!

Baca Juga: 7 Kucing Mahal Piaraan Artis Indonesia, Ada Seharga Mobil

Topic:

  • Irwan Idris
  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya