Comscore Tracker

10 Aroma Ini Dibenci Kucing, Bisa Bikin Mereka Menjauh

Aroma ini tak disukai terutama oleh kucing liar

Kucing punya indra penciuman yang kuat. Menurut laman Canidae, umumnya pada rongga hidung kucing terdapat sekitar 200 juta reseptor bau. Bandingkan dengan manusia yang rata-rata cuma punya 400 reseptor serupa.

Karena anatomi itu, kucing tak suka aroma yang terlalu kuat dan menyengat untuk hidungnya. Bahkan mereka cenderung menghindari atau menjauhi sejumlah bau-bauan. Berikut ini di antaranya.

1. Jeruk dan buah citrus lainnya

10 Aroma Ini Dibenci Kucing, Bisa Bikin Mereka Menjauhilustrasi kucing dan jeruk (kitty-cats.blog)

Manusia menganggap aroma jeruk yang asam menyegarkan. Aroma itu bahkan banyak dipakai untuk pewangi, baik untuk pakaian atau ruangan.

Tapi sebaliknya bagi kucing. Mereka menganggap aroma asam dari jeruk, lemon, jeruk nipis, dan buah citrus lainnya begitu menyengat dan mengganggu baginya. Itu alasannya kucing tidak akan berani mendekat jika kamu menaruh kulit jeruk atau semprotkan wewangian dengan aroma tersebut di sekitar rumah.

2. Mint dan pinus

10 Aroma Ini Dibenci Kucing, Bisa Bikin Mereka Menjauhilustrasi kucing dan daun mint (phys.org)

Manusia menyukai aroma mint dan pinus karena segar dan menenangkan. Sayangnya, lagi-lagi kucing membenci bau itu.

Mint, pinus, mentol, dan sejenisnya terlalu menyengat dan bisa membuat hidung kucing iritasi. Bahkan khusus untuk daun mint, kucing bisa muntah dan diare ketika tak sengaja memakannya. 

3. Berbagai tanaman herbal seperti rosemary dan thyme

10 Aroma Ini Dibenci Kucing, Bisa Bikin Mereka Menjauhilustrasi rosemary (nature-and-garden.com)

Umumnya tanaman herbal mengeluarkan aroma khas. Terutama jika fungsi utama mereka adalah menambah cita rasa makanan atau sering dipakai sebagai bumbu dapur. Contohnya seperti rosemary, thyme, oregano, dan rue

Kucing tak suka aroma seperti itu. Meski tak menyebabkan reaksi apa pun, kucing pasti akan menjauh ketika di sekitarnya ada bau-bau dari tanaman herbal itu.  

4. Pisang

10 Aroma Ini Dibenci Kucing, Bisa Bikin Mereka Menjauhilustrasi kucing dan pisang (petfinder.com)

Kamu mungkin sudah menonton video di internet yang menampilkan kucing ketakutan saat didekatkan kulit pisang. Itu merupakan reaksi alami karena kucing tidak suka aroma buah favorit banyak orang tersebut. 

Dilansir Cats Love to Know, kemungkinan besar ini terjadi karena tingginya kadar kalium atau potasium di dalam pisang. Zat yang bagus untuk jantung itu ternyata menimbulkan bau tertentu yang hanya bisa dikenali oleh kucing dan hewan berpenciuman kuat lainnya. 

5. Berbagai bumbu dapur

10 Aroma Ini Dibenci Kucing, Bisa Bikin Mereka Menjauhilustrasi bumbu dapur (pexels.com/Marta Branco)

Aroma berikutnya yang dibenci kucing adalah bumbu dapur. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Merica;
  • Bubuk kare;
  • Kayu manis;
  • Cabai, cabai kering, cabai bubuk, dan sejenisnya;
  • Mustard.

Seperti yang kita tahu, aroma kelimanya terlampau kuat untuk indra penciuman kucing yang sensitif. Walaupun bisa mengusir kucing, kamu tidak disarankan untuk menyemprotkan bumbu dapur ke arah hewan tersebut. Sebab tindakan itu bisa membahayakan keselamatan kucing. 

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemilik Kucing, Meng Bisa Stres!

6. Kayu putih

10 Aroma Ini Dibenci Kucing, Bisa Bikin Mereka Menjauhilustrasi minyak kayu putih (ngovee.com)

Minyak kayu putih atau eukaliptus memiliki aroma yang menenangkan bagi mayoritas manusia. Bukan hanya itu, minyak alami tersebut juga bisa menghangatkan tubuh dan memiliki banyak manfaat lain. Akan tetapi, aroma ini ternyata masuk ke dalam daftar hal yang dibenci oleh kucing. 

Sebenarnya bukan hanya dibenci, kayu putih ternyata mengandung racun untuk mereka. Dilansir American Society for the Prevention of Cruelty to Animals, tumbuhan yang banyak ditemukan di Australia tersebut mampu membuat kucing muntah, diare, mengeluarkan air liur, hingga membuat tubuhnya lemas. 

7. Lavender dan geranium

10 Aroma Ini Dibenci Kucing, Bisa Bikin Mereka Menjauhilustrasi kucing mengendus lavender (metamorphosis.com)

Lavender dan geranium merupakan aroma yang sering digunakan untuk essential oil. Keduanya dapat membuat tubuh jadi lebih rileks serta meningkatkan kualitas tidur. Namun sebaiknya hindari menggunakan aroma tersebut jika kamu memelihara kucing. 

Sama seperti kayu putih, lavender dan geranium termasuk aroma yang toksik atau beracun untuk kucing. Ketika mengirupnya, mereka berisiko mengalami mual, mengeluarkan air liur berlebihan, depresi, dan timbul gejala dermatitis. 

8. Bahan pembersih rumah

10 Aroma Ini Dibenci Kucing, Bisa Bikin Mereka Menjauhilustrasi kucing mengendus kain pel (banixx.com)

Sabun, deterjen, pewangi pakaian, pemutih, hingga pembersih lantai merupakan hal-hal yang dibenci oleh kucing. Semua bahan pembersih rumah itu mengandung zat kimia kuat yang terlampau menyengat untuk hidung mereka. 

Maka dari itu, jika memelihara kucing, sebaiknya arahkan mereka untuk diam di luar atau ruangan terpisah ketika kamu sedang bersih-bersih rumah. Kamu juga harus memastikan agar bau sabun tak tertinggal setelah membersihkan boks kotoran dan alat makan kucing. 

9. Ikan busuk

10 Aroma Ini Dibenci Kucing, Bisa Bikin Mereka Menjauhilustrasi kucing dan ikan (wideopenpets.com)

Kucing merupakan hewan yang teliti dan sensitif. Mereka bisa mengidentifikasi ikan mana yang masih segar dan telah busuk dari aromanya, sama seperti manusia. Maka dari itu, jangan pernah memberikan ikan yang sudah tak layak makan untuk mereka. 

Bukan hanya itu, jika kamu memelihara kucing, sebaiknya tutup rapat-rapat tempat sampah yang berisi ikan busuk. Bukan hanya kamu yang terganggu dengan aroma tak sedap itu, kucing bahkan merasakan dampak yang jauh lebih buruk daripada kamu. 

10. Boks kotoran yang belum dibersihkan

10 Aroma Ini Dibenci Kucing, Bisa Bikin Mereka Menjauhilustrasi kucing dan litter box (closevetclinic.com)

Kucing sangat membenci litter box atau boks kotoran yang kotor dan berbau tak sedap. Walaupun aroma tersebut datang dari kotorannya sendiri, kucing tidak akan mau menggunakan boks tersebut ketika kamu belum membersihkannya. 

Maka dari itu, ambil kotoran di dalamnya setiap hari. Cuci atau gantilah pasir dengan yang baru setidaknya seminggu sekali. Jika kamu tidak melakukan hal ini, kucing akan mencari tempat lain untuk menyelesaikan "urusannya".

Itulah sejumlah aroma yang dibenci oleh kucing. Jika kamu memelihara hewan tersebut, jauhkan sumber aroma ini dari mereka agar tidak stres. Sebaliknya, jika kamu tak suka dengan kucing liar yang sering mampir ke rumah, gunakan bahan-bahan ini untuk mengusirnya. 

Baca Juga: 7 Ras Kucing Kontroversial, Diciptakan dari Mutasi yang Kejam

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya