Comscore Tracker

10 Rahasia Kucing yang Sering Bikin Kamu Salah Paham

Gak cuma sama manusia, kamu juga harus peka pada kucingmu

Meski kamu sudah menghabiskan banyak waktu bersamanya, kucing tetap hewan yang sulit dipahami. Hewan mamalia satu itu memang menyimpan banyak rahasia, mulai dari apa yang disukai, tidak disuka, hingga pandangannya terhadap manusia.

Para ahli berhasil mengungkap sejumlah rahasia kucing. Sebaiknya kamu mengetahuinya supaya lebih paham dan peka terhadap hewan kesayanganmu itu.

1. "Aku mendengkur bukan hanya karena sedang bahagia"

10 Rahasia Kucing yang Sering Bikin Kamu Salah Pahamrd.com

Kucing biasanya mengeluarkan suara seperti dengkuran (purring) saat merasa senang. Tapi hal itu juga punya banyak arti. Dikutip dari Modern Cat, kucing juga mendengkur saat merasa kesakitan, gelisah, kelaparan, atau takut.

Kamu semestinya turut memerhatikan gerak tubuhnya. Mulai dari bentuk telinga, kibasan ekor, kedipan mata, hingga posisi tubuh. Dengan begitu kamu pun bakal lebih paham apa yang mereka inginkan.

Baca Juga: 5 Fakta Kucing Berkepala Datar, Kucing Unik yang Suka Makan Tumbuhan

2. "Aku lebih suka tinggal di dalam rumah"

10 Rahasia Kucing yang Sering Bikin Kamu Salah PahamIlustrasi kucing rumahan. (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

This article is supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Kucing secara alamiah merupakan hewan liar. Karena itu mereka masih punya insting berburu yang kuat, bersembunyi, dan berlarian. Tapi mereka kini sudah didomestifikasi sehingga lebih cocok dipelihara di dalam rumah. 

Apalagi  jika kucing yang kamu pelihara adalah kucing ras. Jangan biarkan mereka berkeliaran di luar tanpa pengawasan. Sebab kucing bisa stres, merasa tidak aman, dan terancam.  

3. "Meow, aku berbicara denganmu. Bukan dengan kucing lain"

10 Rahasia Kucing yang Sering Bikin Kamu Salah Pahampetmd.com

Apakah kucingmu berisik dan terus mengeong? Itu tanda mereka mereka mencari perhatian darimu.

Kucing kecil memang sering mengeong kepada induknya, tapi kucing dewasan cuma melakukan itu pada manusia. Jadi, kamu harus memfokuskan perhatianmu pada hewan tersebut dan cari tahu apa yang diinginkannya. Jika tidak, mereka akan terus mengeong. 

4. "Kamu aku anggap seperti ibuku sendiri"

10 Rahasia Kucing yang Sering Bikin Kamu Salah Pahampexels.com/Tranmautritam

Kucing sering melakukan hal-hal yang aneh, misalnya menggesekkan kepala ke kaki kita, memijat-mijat, hingga bahkan menjilat tubuh kita. Tahukah kamu bahwa ini semua dilakukannya karena mereka menganggapmu sebagai ibu atau induknya?

Dilansir Cheat Sheet, mayoritas perilaku kucing terhadap pemilik sama seperti apa yang mereka lakukan kepada induknya. Mereka bertingkah seperti itu untuk mendapatkan kasih sayang, elusan, dan tak lupa juga makanan. 

Ini juga merupakan alasan kenapa kucing yang sudah dewasa hanya mengeong pada manusia. Sebab sebelumnya, itu adalah cara komunikasi mereka dengan sang ibu. 

5. "Hanya karena aku memperlihatkan perutku, bukan berarti kamu bisa menyentuhnya"

10 Rahasia Kucing yang Sering Bikin Kamu Salah Pahampetmd.com

Perut kucing adalah bagian paling lemah dari tubuhnya. Kamu tentu tahu selembut apakah area tersebut, kan? Itulah kenapa mayoritas kucing tidur dalam posisi tengkurap, bukan terlentang seperti manusia. Ini dilakukan untuk melindungi perutnya. 

Jika mereka melakukan yang sebaliknya, yaitu sengaja memperlihatkan perutnya, itu berarti bahwa mereka telah percaya padamu. Makanya, jangan rusak kepercayaan mereka dengan menyentuh, apalagi menggelitiki perutnya. Kucing pasti marah dan tidak nyaman lagi berada di dekatmu. 

Baca Juga: 7 Jenis Kucing Liar di Hutan, Imut tapi Sangat Buas

6. "Aku tidak selalu lapar, aku hanya ingin perhatianmu"

10 Rahasia Kucing yang Sering Bikin Kamu Salah Pahampetcentral.chewy.com

Kucing adalah ahlinya untuk berpura-pura lapar. Mereka akan mengeong, mencari perhatian, dan bahkan selalu minta makanan yang ada di piringmu. Akan tetapi, mereka sebenarnya tidak selalu lapar, hewan itu hanya ingin kamu memerhatikannya. 

Pemilik kucing yang tidak mengerti akan selalu memberinya makan. Ini tidak direkomendasikan karena hewan itu rentan mengalami obesitas. Kondisi tersebut akan memicu diabetes, penyakit jantung, radang sendi, hingga kanker, lho. Sebaiknya hanya berikan makanan di jam yang telah diatur, ya. 

7. "Kamu tampak seperti kucing besar yang lemah dan tak bisa berburu"

10 Rahasia Kucing yang Sering Bikin Kamu Salah Pahamearth.com

Kucing ternyata tak hanya menganggapmu sebagai induknya. Menurut pemahaman mereka, kamu adalah kucing besar yang lemah dan ceroboh, lho. Dr. John Bradshaw, penulis buku Cat Sense mengatakan bahwa hal ini membuatnya ingin menjaga dan mengajarimu cara berburu. 

Itulah kenapa sebagian kucing suka memberikan "hadiah" berupa serangga, burung, hingga tikus mati kepada pemiliknya. Ketahuilah ini dilakukan agar kamu bisa belajar dari mereka dan mengasah kemampuanmu sebagai "kucing". 

8. "Aku tidak menyukainya tapi gigiku harus selalu dibersihkan"

10 Rahasia Kucing yang Sering Bikin Kamu Salah Pahammeredithcorp.io

Walaupun mereka selalu berontak dan menolak, gigi kucing harus dibersihkan secara rutin. Jika kamu tidak memedulikannya, kesehatannya akan terganggu hingga bahkan harus menjalani operasi. Ada beberapa cara untuk membersihkan gigi kucing, berikut ini di antaranya:

  • Gunakan sikat gigi khusus kucing;
  • Kamu juga bisa menggunakan jarimu sendiri yang telah dilumuri aroma tuna. Gosok lembut gigi dan gusinya;
  • Mainan yang agak keras dan bertekstur bisa membantunya membersihkan gigi;
  • Dorong kucing untuk minum air agar sisa makanan tidak menempel di gigi.

9. "Aku ahli dalam menyembunyikan rasa sakit"

10 Rahasia Kucing yang Sering Bikin Kamu Salah Pahamrd.com

Kucing juga ahlinya dalam menyembunyikan rasa sakit. Ini merupakan sifat yang diturunkan oleh nenek moyangnya. Sebab di alam liar, ketika kucing tampak sakit, mereka akan menjadi sasaran empuk bagi predator. 

Oleh karena itu, kamu harus sering memeriksakan kesehatan mereka ke dokter hewan. Selain itu, perhatikan tanda-tanda kucing yang sakit seperti berikut ini:

  • Tidak mau makan atau justru terlalu banyak makan;
  • Mata dan hidung berlendir;
  • Lebih sering menjilati bulunya;
  • Lebih sering minum daripada biasanya;
  • Perubahan berat badan;
  • Gusi tampak berwarna merah tua;
  • Napas bau tidak sedap.

10. "Ada waktunya aku ingin sendiri dan main denganmu"

10 Rahasia Kucing yang Sering Bikin Kamu Salah Pahampetmd.com

Secara umum, kucing adalah hewan soliter yang suka menyendiri. Hal ini telah menjadi sifat aslinya sejak berada di alam liar. Namun setelah menjalani proses domestifikasi, kucing juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari manusia. 

Ketika mereka menghampirimu dan mengeong, itu adalah tanda bahwa kucing ingin bermain dan meminta perhatian. Namun jika mereka sedang istirahat dan menghindar darimu, berikanlah waktu untuk sendirian. 

Itulah sejumlah rahasia kucing yang disembunyikannya darimu. Nah, mulai sekarang, kamu sebaiknya berusaha mengenal dan memahami mereka, ya!

Baca Juga: 7 Tanda Kucing Diam-diam Marah Padamu, Jangan Dekat-dekat

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya