Comscore Tracker

Fenomena-fenomena di Langit Bulan Mei Ini Bisa Temani Sahur Kamu

Fenomena ini menghiasi langit hingga akhir Mei

Sulsel, IDN Times - Memasuki bulan Mei, umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa. Di bulan ini, ada sejumlah fenomena di langit yang bisa menemani kamu sahur dan berpuasa.

Ajak teman dan kerabat kamu untuk menikmati langit di bulan Ramadan ini. Dilansir dari Info Astronomy, berikut di antaranya.

1. Konjungsi bulan dengan Venus

Fenomena-fenomena di Langit Bulan Mei Ini Bisa Temani Sahur Kamuearthsky.org

Di awali dengan peristiwa konjungsi. Kamu yang menyukai fenomena langit, pasti sudah tidak asing dengan istilah ini ya.

Konjungsi adalah peristiwa saat dua atau lebih benda langit terlihat berada di arah yang sama satu sama lain. Mengawali Mei ini, kamu akan melihat bulan bersebelahan dengan Venus dari pandangan bumi. Posisi Venus hanya tiga derajat dari bulan.

Untuk melihat fenomena ini, kamu perlu memandang langit timur atau arah biasanya matahari terbit. Venus akan terlihat seperti bintang yang sangat terang, namun tak berkelip. Planet ini akan semakin jelas terlihat jika kamu menggunakan teleskop, tapi bukan berarti kamu tak bisa melihatnya langsung dengan mata telanjang, lho. Kamu bisa melihatnya mulai pukul 05.00 waktu setempatmu. Kamu bisa menikmatinya hingga matahari terbit.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Ramadan untuk Wilayah Makassar, Lihat di Sini! 

2. Segitiga bulan, Merkurius, dan Venus

Fenomena-fenomena di Langit Bulan Mei Ini Bisa Temani Sahur Kamustateoftheuniverse.com

Pada tanggal tersebut, kamu bisa melihat bulan, Merkurius, dan Venus membentuk formasi segitiga. Mereka tampak terang dan jelas dari pengamatanmu. Kamu bisa memulai pengamatan dari 05.30 waktu setempatmu hingga matahari terbit. Waktunya sangat singkat. Jadi, jangan sampai terlewat, ya!

3. Fase bulan baru pada Minggu, 5 Mei 2019

Fenomena-fenomena di Langit Bulan Mei Ini Bisa Temani Sahur Kamuspace.com

Nah, fase bulan baru juga menandai masuknya Bulan Ramadan bagi umat muslim. Itu berarti sudah waktunya berpuasa. Fase bulan baru akan memosisikan bulan di antara bumi dan matahari. Namun, karena sudut kemiringan orbit bulan mencapai lima derajat, tak akan terjadi gerhana matahari. Fase bulan baru ini terjadi pada 05.57 WIB.

4. Hujan Meteor Eta Akuarid, Selasa, 7 Mei 2019

Fenomena-fenomena di Langit Bulan Mei Ini Bisa Temani Sahur Kamuwtxl.com

Pada tanggal ini, yuk, nikmati sahur di luar rumah. Itu karena akan ada fenomena Hujan Meteor Eta Akuarid. Titik kemunculan meteor ini berada di dekat Bintang Eta Akuarii pada Rasi Bintang Akuarius. Fenomena ini dapat terlihat dengan baik karena bertepatan dengan fase bulan sabit sehingga cahaya bulan tak mengganggu.

Kamu bisa memulai pengamatan pada pukul 03.00 waktu setempatmu. Akan ada sekitar 40 meteor per jam. Kamu pun bisa mengamatinya langsung, lho, tak harus pakai teleskop.

5. Jika kamu tidak sempat melihar fenomena di awal-awal Mei, kamu masih bisa melihat Konjungsi bulan dengan Mars, besok

Fenomena-fenomena di Langit Bulan Mei Ini Bisa Temani Sahur Kamucloudynights.com

Kamu akan melihat Mars bersanding dengan bulan sabit tipis pada 8 Mei 2019. Mars sendiri akan tampak seperti bintang kemerahan, namun tak berkelip. Konjungsi bulan dengan Mars sendiri sejauh tiga derajat. Kamu bisa mulai mengamatinya pada 18.30 waktu setempatmu, kamu bisa melihatnya hingga 2 jam 35 menit setelah matahari tenggelam.

Baca Juga: Dari Hujan Meteor Hingga Gerhana, Ini 9 Peristiwa Langit Terbaik 2019!

6. Fase bulan perbani awal, Minggu, 12 Mei 2019

Fenomena-fenomena di Langit Bulan Mei Ini Bisa Temani Sahur Kamuhellogiggles.com

Bulan perbani atau fenomena bulan separuh bisa kamu saksikan pada tanggal ini. Posisi bulan akan sejauh 90 derajat dengan matahari dari pandangan bumi. Itu sebabnya, bulan akan tampak separuh. Fase ini akan terjadi pada 08.14 WIB. Namun, tentu saja kamu baru bisa melihatnya saat hari sudah malam.

7. Fase bulan purnama, Minggu, 19 Mei 2019

Fenomena-fenomena di Langit Bulan Mei Ini Bisa Temani Sahur Kamuaccuweather.com

Seminggu setelah bulan perbani awal, kamu bisa menyaksikan bulan purnama. Bulan purnama terjadi saat matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis. Namun, karena kemiringan bulan mencapai 5 derajat sehingga tak akan terjadi gerhana bulan. Bulan purnama akan terjadi pada 04.13 WIB. Kamu bisa menyaksikannya sejak 18 Mei sore hingga menjelang matahari terbit pada 19 Mei.

8. Konjungsi bulan dengan Jupiter, Senin, 20 Mei 2019

Fenomena-fenomena di Langit Bulan Mei Ini Bisa Temani Sahur Kamuspaceweathergallery.com

Kali ini giliran Jupiter yang akan bersanding dengan bulan. Meski Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita, kamu hanya akan melihatnya seperti bintang terang yang tak berkelip saja. Konjungsi keduanya hanya sejauh satu derajat. Kamu bisa mengamatinya mulai pukul 20.00 waktu setempatmu.

9. Konjungsi bulan dengan Saturnus, 23 Mei 2019

Fenomena-fenomena di Langit Bulan Mei Ini Bisa Temani Sahur Kamudavesastro.co.uk

Setelah Jupiter, kini giliran Saturnus dengan bulan. Keduanya hanya sedekat satu derajat satu dengan yang lain. Meski konjungsi ini baru terjadi pada 23 Mei, kamu bisa melihatnya sejak malam 22 Mei. Kamu bisa saja melihatnya langsung. Hanya saja, untuk melihat Saturnus lengkap dengan cincinnya, kamu perlu menggunakan teleskop.

10. Fase bulan perbani akhir, Senin, 27 Mei 2019

Fenomena-fenomena di Langit Bulan Mei Ini Bisa Temani Sahur Kamupixels.com

Adapun, fenomena langit terakhir Maret adalah fase bulan perbani akhir. Sama seperti perbani awal, perbani akhir juga akan membuat bulan tampak separuh saja. Kamu bisa menyaksikannya mulai pukul 23.35 WIB. Saat matahari terbit, bulan akan terlihat persis di atas kepala kita.

Itu tadi peristiwa langit Mei yang akan menemani puasa Ramadanmu. Perlu diingat kalau peristiwa di atas akan jelas terlihat jika cuaca mendukung dan tak banyak polusi cahaya, ya. Dari daftar di atas, mana fenomena langit yang paling kamu tunggu? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Video Viral Muncul Lubang Awan di Langit Uni Emirat Arab, Apakah UFO?

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You