Tahukah Kamu? Tanpa 7 Hewan Ini, Manusia Mungkin Tidak Bisa Hidup!

Keberadaannya bahkan kadang tak kita sadari

Manusia dan hewan, sejak dulu ditakdirkan hidup berdampingan di bumi. Keduanya saling memberi manfaat untuk berbagai kepentingan.

Ada hewan  yang menjadi sumber makanan, alat transportasi, atau bahkan untuk bahan pakaian untuk manusia. Namun, tahukah kamu? manusia amat bergantung pada sejumlah hewan. Beberapa spesies memegang kontribusi di bidang kesehatan, sehingga menyelamatkan nyawa manusia.

Hewan-hewan ini sering kali tidak disadari keberadaannya. Apa saja hewan yang dimaksud? Berikut daftarnya.

1. Cacing gelang

Tahukah Kamu? Tanpa 7 Hewan Ini, Manusia Mungkin Tidak Bisa Hidup!sibeliusnaturalproducts.com

Dengan panjang 1 milimeter, cacing gelang atau Caenorhabditis elegans baru tampak setelah diperbesar dengan mikroskop. Tetapi, hewan ini punya kontribusi besar di bidang kesehatan. Menurut laman Foundation for Biomedical Research, peneliti memakai cacing gelang untuk meneliti penyakit parkinson, penyakit ginjal polikistik dan obesitas.

Sementara, menurut laman Science Direct, para ilmuwan menggunakan Caenorhabditis elegans sebagai model untuk mempelajari mekanisme toksik yang umum dan penyakit neurodegeneratif manusia. FYI, Ellsworth Dougherty dan Victor Nigon adalah ilmuwan pertama yang memakai nematoda untuk penelitian genetis.

2. Lalat buah

Tahukah Kamu? Tanpa 7 Hewan Ini, Manusia Mungkin Tidak Bisa Hidup!phys.org

Keberadaan lalat kerap dianggap mengganggu dan bisa menyebarkan penyakit. Setiap kali ada sampah makanan, di situ pasti ada hewan ini.

Meski begitu, hewan bernama latin Drosophila melanogaster ini adalah 'pahlawan' di laboratorium. Selama lebih dari 100 tahun, peneliti memakai lalat buah sebagai model di bidang genetika dan reproduksi.

Lalat ini berperan penting untuk mengetahui soal ritme sirkadian, penyakit kardiovaskular, kanker hingga peradangan, ujar laman Foundation for Biomedical Research. Menariknya, 75 persen gen yang terkait dengan penyakit pada manusia memiliki homolog Drosophila dan berbagi kesamaan dalam fungsinya, terang laman IntechOpen.

3. Tikus mol telanjang

Tahukah Kamu? Tanpa 7 Hewan Ini, Manusia Mungkin Tidak Bisa Hidup!theverge.com

Tikus mol telanjang (Heterocephalus glaber) bisa bertahan selama 18 menit di bawah tanah tanpa oksigen, jelas laman Science Mag. Selain itu, tikus ini juga bebas kanker karena mereka memiliki hyaluronan massa molekul sangat tinggi. Jumlahnya lima kali lebih besar dari manusia yang lebih rentan terkena kanker.

Selain itu, peneliti juga terkejut karena risiko kematian tikus ini tidak naik ketika mereka bertambah tua, berbeda dengan spesies mamalia lainnya. Angka kematian ini hanya satu dari 10.000 ekor dan tidak berubah walau mereka menua. Ternyata, ini karena tikus mol telanjang memiliki perbaikan DNA yang sangat aktif!

4. Belangkas

Tahukah Kamu? Tanpa 7 Hewan Ini, Manusia Mungkin Tidak Bisa Hidup!longislandpress.com

Hewan yang berada di famili Limulidae ini memiliki protein di dalam darah yang bernama Limulus Amebocyte Lysate (LAL). Kita mengenalnya dengan sebutan belangkas atau mimi.

Protein dalam darah belangkas dipakai oleh pabrik farmasi dan peralatan medis untuk menguji produk mereka pada endotoksin, tutur Maryland Department of Natural Resources.

Endotoksin sendiri merupakan zat bakteri yang bisa memicu demam dan fatal bagi manusia. Yang bikin unik, darah belangkas berwarna biru ketika terpapar udara. Darah ini mengandung hemocyanin, pigmen pernapasan berbasis tembaga. Keberadaan belangkas sangat penting di bidang kesehatan, farmasi dan medis.

5. Katak

Tahukah Kamu? Tanpa 7 Hewan Ini, Manusia Mungkin Tidak Bisa Hidup!techcrunch.com

Sudah sejak lama katak jadi hewan percobaan di laboratorium. Para ilmuwan memakai katak untuk mempelajari fungsi otot, kloning dan melakukan tes kehamilan, ungkap laman American Museum of Natural History. Hebatnya, katak sudah dikloning 30 tahun lebih awal daripada domba Dolly yang fenomenal itu.

Selain itu, katak juga dipakai untuk meneliti tentang perkembangan embrio, regenerasi jaringan, mekanisme perkembangan darah dan masih banyak lagi, ujar laman Foundation for Biomedical Research. Jenis katak terbaik untuk diteliti di laboratorium adalah katak bercakar Afrika (Xenopus laevis), meski katak lain juga bisa digunakan.

6. Kelelawar vampir

Tahukah Kamu? Tanpa 7 Hewan Ini, Manusia Mungkin Tidak Bisa Hidup!fineartamerica.com

Seperti yang kita ketahui, kelelawar vampir hidup dari meminum darah. Biasanya, kelelawar yang berasal dari famili Phyllostomidae ini meminum darah hewan, seperti sapi dan kuda, tukas laman National Geographic. Yang menarik perhatian peneliti ialah molekul spesifik dalam air liur kelelawar, terang laman Foundation for Biomedical Research.

Kelelawar bisa minum darah karena protein yang ada di air liurnya. Menurut para ilmuwan, air liur ini bisa memecah gumpalan darah yang menyebabkan stroke. Sementara, peneliti dari University of Queensland menyebut bahwa racun kelelawar vampir bisa meningkatkan aliran darah ke jaringan yang rusak, ungkap laman Geek.com.

7. Sotong

Tahukah Kamu? Tanpa 7 Hewan Ini, Manusia Mungkin Tidak Bisa Hidup!montereybayaquarium.org

Terakhir, manusia sangat bergantung pada sotong, moluska dari ordo Sepiida. Tinta hitam yang dipakai untuk pertahanan diri sotong ternyata bisa menjadi penyelamat bagi manusia dan hewan lain, ujar laman Foundation for Biomedical Research. Menurut para peneliti, tinta ini memiliki sifat anti kanker dan anti mikroba.

Selain itu, tinta sotong juga bisa dipakai untuk peradangan, infeksi retroviral, hipertensi dan bisul. Sementara, menurut penelitian yang dipublikasikan di Bali Medical Journal di tahun 2016, menyebut bahwa ekstrak tulang sotong bisa mempercepat proses penyembuhan patah tulang.

Itulah 7 hewan yang berguna untuk bidang medis dan manusia tidak bisa hidup tanpanya. Semoga informasinya bermanfaat, ya!