Comscore Tracker

5 Tips Hindari Serangan Ular Saat Banjir Melanda

Ular terpaksa keluar habibatnya ketika banjir datang

Sulsel, IDN Times - Salah satu yang haru diwaspadai saat banjir besar adalah munculnya ular. Tentu ini mengerikan dan kadang bikin warga makin panik. 

Jika kamu pun menjadi korban banjir dan khawatir dengan kehadiran binatang melata ini, tenang saja. Ada cara dan tips untuk menghindari ular di dalam air. 

Berikut fakta dan cara agar kamu bisa terhindari dari serangan ular. 

1. Ular menyerang jika merasa nyawanya terancam

5 Tips Hindari Serangan Ular Saat Banjir Melandaearthtouchnews.com

Ini salah satu fakta yang harus kamu tahu bahwa ular tidak sembarangan menyerang.Apabila ular merasa terancam atau terprovokasi, maka ular akan menjadi defensif dan bisa menggigit, walau di dalam air sekalipun.

Jadi, tetap tenang, waspada dan tidak panik adalah kunci utama agar tidak digigit ular yang ada di dalam air.

Kamu juga harus tahu bahwa hampir semua ular pada dasarnya berpotensi untuk bisa berenang, termasuk ular kobra.

Beberapa jenis ular, seperti ular derik (rattlesnake) memiliki kemampuan untuk berenang dan bisa menggigit di bawah air. Begitu pula dengan ular mulut kapas (Agkistrodon piscivorus) yang suka menangkap mangsa sambil berenang di dalam air. 

2. Jangan coba-coba untuk menangkap ular kalau kamu memang gak punya kemampuan

5 Tips Hindari Serangan Ular Saat Banjir Melandatmj4.com

Saat bencana alam terjadi, seperti banjir,  ular akan terpaksa keluar dari habitat aslinya dan pindah ke daerah yang tak terduga, seperti pemukiman penduduk. Sehingga, tak mengherankan ketika ada ular yang terseret oleh arus air ditemui di sekitar rumah warga.

Saat hal ini terjadi, jangan coba-coba untuk menangkap ular atau menjebaknya. Apalagi, jika kamu tidak punya keahlian di bidang itu.

Salah-salah, justru ular akan menyerang dan menggigit kita. Akibatnya akan semakin fatal jika yang menggigit adalah ular berbisa.

3. Hindari dan waspada puing-puing atau benda yang cukup besar ketika banjir datang karena itu menjadi salah satu tempat persembunyian ular

5 Tips Hindari Serangan Ular Saat Banjir Melandadgif.virginia.gov

Berhati-hatilah dalam melangkah di air ketika banjir. Selalu waspada dan melihat ke sekeliling dengan jeli. Sebab, siapa tahu ada ular yang sedang berenang di sekitarmu.

Lebih aman jika kamu mengenakan sepatu bot yang menutupi hingga betis dan pakai celana panjang untuk menghindari gigitan ular yang biasa terjadi di bagian kaki. Meski gerakan kamu menjadi lebih lambat, tapi kamu cenderung aman dari serangan ular.

Selain itu, ular ini biasanya akan bersembunyi di balik puing-puing atau objek, ujar laman Centers for Disease Control and Prevention. Misalnya, di balik lemari, di bawah ranjang atau sejenisnya. So, you have to be alert all the time!

Baca Juga: 10 Ular Paling Berbisa di Dunia, Satu Gigitan Akan Menghabisi Mangsa!

4. Ular akan otomatis menggigit jika kita menginjak tubuhnya

5 Tips Hindari Serangan Ular Saat Banjir Melandaarchive.4plebs.org

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Tropical Journal of Medicine and Hygiene, peneliti menemukan 100 pasien yang digigit oleh ular. Sekitar 80 persen pasien adalah nelayan yang kerap berada di sekitar air untuk mendapatkan ikan.

Gigitan ular ini rata-rata berada di tungkai bagian bawah, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa nelayan ini digigit setelah menginjak ular di dalam air, jelas laman Terminix. Jadi, berhati-hatilah agar tidak menginjak ular ketika berjalan di air saat sedang banjir!

5. Ini yang harus kamu lakukan jika terlanjur digigit ular

5 Tips Hindari Serangan Ular Saat Banjir Melandapestwiki.com

Sudah melakukan langkah antisipasi, namun tetap digigit ular? Apa yang harus kita lakukan? Laman Centers for Disease Control and Prevention menyarankan agar korban gigitan ular supaya tetap tenang agar racun tidak cepat menyebar ke seluruh tubuh.

Selain itu, jangan mengisap langsung racun ular dan jangan menaruh es atau merendam luka di dalam air. Tidak dianjurkan pula untuk minum minuman beralkohol atau yang mengandung kafein. Dan segera cari pertolongan medis secepatnya, ya.

Stay safe and alert guys~

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Gak Sengaja Berhadapan dengan Ular

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya