Comscore Tracker

Rekomendasi 10 Tumbuhan Terbaik untuk Ditanam di Rumah, Ini Manfaatnya

Baik untuk kesehatan jiwa dan raga

"Lihat kebunku, penuh dengan bunga. Ada yang putih dan ada yang merah!"

Kondisi rumah yang tenang, asri, dan indah jadi dambaan setiap orang ketika pulang ke rumah selepas beraktivitas. Nah, salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan memelihara berbagai tumbuhan di kebun atau di dalam rumah.

Namun tidak sembarangan tumbuhan baik untuk dipelihara lho. Sebaiknya pilihlah jenis yang bisa membawa beragam manfaat untuk dirimu. Kira-kira tumbuhan apa saja yang cocok untuk hal tersebut? Simak informasinya berikut ini!

1. Rosemary dapat meningkatkan daya fokus kita

Rekomendasi 10 Tumbuhan Terbaik untuk Ditanam di Rumah, Ini Manfaatnyabiensencillo.co

Tumbuhan berikutnya yang cocok untuk dipelihara di rumah adalah rosemary. Selain berguna untuk dijadikan bumbu masakan, ia ternyata memiliki khasiat untuk meningkatkan fokus dan kemampuan memori kita. Oleh karena itu, rosemary sering kali digunakan untuk mengurangi risiko alzheimer dan demensia.

2. Lavender, tumbuhan yang dapat memberikan ketenangan

Rekomendasi 10 Tumbuhan Terbaik untuk Ditanam di Rumah, Ini Manfaatnyamedicalnewstoday.com

Lavender adalah tumbuhan yang sangat populer karena aromanya. Sudah berabad-abad orang menggunakan bunga berwarna ungu ini untuk menyembuhkan segala hal. Salah satunya adalah serangan kepanikan dan gangguan kecemasan.

Studi dari Kagoshima University Jepang menunjukkan bahwa wangi yang dikeluarkannya dapat memengaruhi otak untuk meredakan gangguan kecemasan. Ia bahkan terkadang digunakan sebagai cara untuk merilekskan pasien sebelum dibius.

3. Manfaat bunga peace lily dapat digunakan untuk menyaring udara

Rekomendasi 10 Tumbuhan Terbaik untuk Ditanam di Rumah, Ini Manfaatnyahttps://www.indoindians.com/indoor-plants-that-clean-air-and-liven-up-your-home/

Tidak hanya enak dipandang, peace lily atau lili perdamaian ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan kita. Taruh saja bunga ini di dalam ruangan, ia mampu menyaring polutan yang ada di udara.

Laman Gardening Know How mengatakan bahwa sejauh ini material berbahaya yang dapat diendapkannya adalah benzena dan trichloroethylene. Keduanya biasa dikeluarkan oleh cat, tembakau, asap, lem, dan karet. 

4. Tanaman hias seperti mawar dan bonsai dapat meningkatkan konsentrasi

Rekomendasi 10 Tumbuhan Terbaik untuk Ditanam di Rumah, Ini Manfaatnyawearefound.com

Kamu merasa sedang tidak produktif? Coba taruh mawar, bonsai, atau tanaman hias lainnya di ruanganmu. Studi dari Charlie Hall of Texas A&M University mengatakan bahwa mereka dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan membuat kita lebih tenang. Dengan begitu, pekerjaan akan terselesaikan lebih mudah.

5. Tumbuhan paku berguna untuk melembapkan ruangan

Rekomendasi 10 Tumbuhan Terbaik untuk Ditanam di Rumah, Ini Manfaatnyadecortips.com

Paku-pakuan memang cocok untuk menambahkan aksen hijau di ruangan yang polos. Namun ternyata manfaatnya tidak cukup sampai di sana saja.

Tumbuhan yang dapat hidup di segala kondisi ini ternyata mampu meningkatkan kelembapan udara dan menyaring polutan. Itulah kenapa ia cocok untuk dipelihara oleh kamu yang berkulit kering. 

Baca Juga: 10 Bunga Ini Sering Dikira Hewan karena Penampilannya, Indah dan Unik 

6. Bunga apa pun dapat membuatmu bahagia

Rekomendasi 10 Tumbuhan Terbaik untuk Ditanam di Rumah, Ini Manfaatnyapinimg.com

Siapa yang tidak suka bunga? Bisa dipastikan hampir semua orang suka melihat warna-warni dan wangi yang dibawanya. Ternyata peneliti menemukan bahwa bunga berhubungan erat dengan peningkatan kebahagiaan seseorang. 

Tidak hanya itu, penelitian dari Park dan Mattson di tahun 2008 menunjukkan bahwa pasien di rumah sakit dapat membaik dengan lebih cepat berkat bantuan bunga di ruangannya. Mereka lebih tahan terhadap rasa sakit, tidak cemas, tekanan darahnya membaik, dan secara keseluruhan lebih bahagia.

7. Tumbuhan serai dapat memerangi nyamuk dan serangga lainnya

Rekomendasi 10 Tumbuhan Terbaik untuk Ditanam di Rumah, Ini Manfaatnyastackpathcdn.com

Serai sudah sejak lama dikenal sebagai tumbuhan yang efektif menangkal serangan nyamuk. Ia mengandung citronella, zat yang tidak disukai oleh serangga. Oleh karena itu, jika di rumahmu banyak nyamuk, semut, dan serangga lain, coba saja tanam serai di pekarangan. 

8. Catnip atau kucingan dapat membuat kucingmu lebih bahagia

Rekomendasi 10 Tumbuhan Terbaik untuk Ditanam di Rumah, Ini Manfaatnyahgtvhome.sndimg.com

Seperti namanya catnip adalah tumbuhan yang cocok untuk dipelihara oleh pemilik kucing. Pasalnya ia dapat menyembuhkan beragam penyakit, mengurangi rasa sakit, dan membuat kucing lebih bahagia.

Selain untuk hewan kesayanganmu, catnip juga punya manfaat lain untuk manusia lho. Di antaranya meredakan demam dan sakit gigi serta sebagai penolak nyamuk.

9. Basil memiliki khasiat anti-inflamasi

Rekomendasi 10 Tumbuhan Terbaik untuk Ditanam di Rumah, Ini Manfaatnyaalmanac.com

Selain digunakan sebagai bahan masakan, basil ternyata juga memiliki khasiat untuk kesehatan kita. Daily Mail UK melaporkan bahwa kandungan anti-inflamasi yang dimilikinya berguna untuk meredakan pembengkakan pada sendi, menurunkan kadar gula darah, serta mengobati arthritis, bronkitis, dan asma.

10. Aloe vera atau lidah buaya cocok untuk pertolongan pertama

Rekomendasi 10 Tumbuhan Terbaik untuk Ditanam di Rumah, Ini Manfaatnyaamazonaws.com

Tumbuhan yang satu sudah ribuan tahun dikenal memiliki efek penyembuhan. Studi yang diterbitkan oleh PubMed Central tahun 2013 mengatakan bahwa ia mengandung zat antioksidan dan antibakteri yang bisa menyembuhkan berbagai jenis luka, termasuk luka bakar. Tidak hanya itu, aloe vera juga bermanfaat untuk meredakan konstipasi, mengurangi plak gigi, menurunkan gula darah, dan baik untuk kulit. 

Jika kamu mendambakan rumah dengan suasana asri dan menenangkan, kamu bisa coba pelihara tumbuhan-tumbuhan tersebut. Selain membuat rumah semakin indah, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mereka. Selamat berkebun ya!

Baca Juga: Keberadaan 5 Organel Ini Bedakan Sel Hewan & Tumbuhan

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You