Comscore Tracker

Hujan Meteor hingga Gerhana, 9 Peristiwa Langit Terbaik di 2021

Ada waktu terbaik untuk mengamati Venus

Akhirnya kita menginjakkan kaki di tahun 2021. Apa resolusi atau impianmu di tahun ini? Apa pun itu, semoga semuanya berjalan dengan lancar!

Bicara tahun baru, banyak hal yang layak dinantikan. Salah satunya peristiwa langit sepanjang tahun 2021. Ada sejumlah fenomena seru dan menakjubkan tahun ini.

Mulai dari hujan meteor, gerhana, konjungsi, hingga berbagai fenomena langka lainnya, berikut ini sepuluh peristiwa langit terbaik yang akan terjadi di tahun 2021. Yuk, catat tanggalnya!

1. Puncak hujan meteor Quadrantid pada 2-3 Januari 2021

Hujan Meteor hingga Gerhana, 9 Peristiwa Langit Terbaik di 2021mirror.co.uk

Pada 2-2 Januari 2021, ada puncak hujan meteor Quadrantid. Ini terkenal sebagai yang cukup besar di antara semua hujan meteor. Saat itu, kamu bisa menyaksikan puluhan hingga ratusan meteor per jam.

Peristiwa ini berlangsung sejak 2 Januari menjelang tengah malam, hingga dini hari di 3 Januari 2021. Untuk mencari titik munculnya, perhatikan langit di bagian timur laut.

2. Waktu terbaik mengamati Venus pada 29 Maret 2021

Hujan Meteor hingga Gerhana, 9 Peristiwa Langit Terbaik di 2021space.com

Kamu bisa menyaksikan "bintang kejora" alias Venus pada 29 Maret 2021. Sebab di saat itu, Venus bakal bersinar sangat terang usai Matahari terbenam. 

Dikutip dari In The Sky, Venus saat itu akan menjadi benda langit dengan sinar paling terang ketiga setelah Matahari dan Bulan. Venus tampak seperti bintang terang berwarna putih kekuningan yang tidak berkelap-kelip di malam tersebut. 

3. Supermoon pada 26-27 April 2021

Hujan Meteor hingga Gerhana, 9 Peristiwa Langit Terbaik di 2021gannett-cdn.com

Setiap tahun, Bulan selalu mengalami fase supermoon. Tahun ini, puncaknya terjadi pada 26 hingga 27 April 2021, di mana satelit Bumi tersebut akan tampak begitu bulat dan bersinar terang.

Supermoon terjadi saat jalur orbit Bulan berbentuk elips. Saat benda langit itu berada di jarak terdekatnya dengan Bumi, ia pun akan tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada biasanya. 

4. Gerhana Bulan total pada 26 Mei 2021

Hujan Meteor hingga Gerhana, 9 Peristiwa Langit Terbaik di 2021ESA

Pada 26 Mei 2021, tepatnya sekitar pukul 16.45 hingga 19.52 WIB, kamu bisa menyaksikan gerhana Bulan total. Indonesia termasuk wilayah yang beruntung karena bisa menyaksikannya dengan cukup jelas. 

Saat memasuki bayangan umbra Bumi, Bulan tidak akan tampak berbeda daripada biasanya. Namun ketika ia memasuki penumbra, Bulan akan tampak berwarna kemerahan. Itulah kenapa peristiwa ini sering disebut sebagai "Bulan berdarah".

Baca Juga: 9 Peristiwa Langit Terbaik Desember 2020, Banyak Fenomena Langka!

5. Gerhana Matahari tahunan pada 10 Juni 2021

Hujan Meteor hingga Gerhana, 9 Peristiwa Langit Terbaik di 2021timeanddate.com

Setelah menyaksikan gerhana Bulan, selanjutnya adalah giliran dari gerhana Matahari. Peristiwa tahunan ini akan terjadi 10 Juni 2021. Namun sayang sekali, Indonesia tidak dilewati oleh jalur gerhana sehingga kita tak bisa menyaksikannya secara langsung. 

Area yang bisa melihat gerhana Matahari total adalah belahan utara Bumi, yaitu Kanada, Rusia, dan Greenland. Sementara wilayah-wilayah di sekitarnya dapat menyaksikan gerhana Matahari sebagian.

6. Puncak hujan meteor Perseid pada 13 Agustus 2021

Hujan Meteor hingga Gerhana, 9 Peristiwa Langit Terbaik di 2021forbes.com

Salah satu hujan meteor yang paling dinantikan setiap tahunnya adalah Perseid. Di tahun 2021, fenomena ini akan memuncak pada tanggal 13 Agustus. Hujan meteor Perseid begitu ditunggu karena ia akan menyuguhkan 75 hingga 100 meteor per jamnya.

Tenang saja, fenomena ini dapat disaksikan di seluruh belahan dunia kok. Diperkirakan di malam tersebut, langit akan tampak gelap sehingga hujan meteor tampak lebih jelas. 

7. Bulan biru pada 22 Agustus 2021

Hujan Meteor hingga Gerhana, 9 Peristiwa Langit Terbaik di 2021NASA

Jangan salah paham dulu, peristiwa ini tidak membuat Bulan jadi tampak kebiruan. Istilah "Bulan biru" atau "blue moon" diberikan ketika ada empat fase purnama dalam satu musim. Padahal normalnya, hanya ada tiga fase.

Bulan biru biasa terjadi setiap dua hingga tiga tahun sekali. Peristiwa yang menandainya adalah purnama. Penghitungan ini biasanya umum digunakan di negara-negara empat musim sehingga wajar jika kita sebagai masyarakat ekuator tidak familier dengannya. 

8. Venus di titik elongasi terbesar pada Oktober 2021

Hujan Meteor hingga Gerhana, 9 Peristiwa Langit Terbaik di 2021astronomy.com

Bukan hanya di bulan Maret, kamu juga bisa mengamati Venus dengan jelas sekitar tanggal 19 hingga 29 Oktober 2021. Sebab di waktu tersebut, Venus berada di titik elongasi terbesarnya. 

Ini merupakan saat di mana sebuah benda langit menempati titik terjauh dengan Matahari. Dampaknya, planet tersebut akan muncul seperti bintang yang bersinar terang di langit sore setelah Matahari terbenam.

9. Puncak hujan meteor Geminid pada 13-14 Desember 2021

Hujan Meteor hingga Gerhana, 9 Peristiwa Langit Terbaik di 2021vox-cdn.com

Menutup tahun 2021 nanti, kamu bisa menyaksikan puncak hujan meteor Geminid. Tepatnya pada tanggal 13-14 Desember 2021. Ini merupakan hujan meteor terbesar sepanjang tahun. Sebab akan ada 120 meteor per jamnya. 

Ketika peristiwa ini terjadi, langit akan tampak sangat ramai dengan garis-garis jalur meteor. Tak hanya itu, Geminid juga mudah ditemukan dan kamu tak harus menggunakan teleskop untuk menyaksikannya. 

Menarik sekali, ya, peristiwa langit yang akan terjadi di tahun 2021. Jangan lupa catat tanggalnya dan nantikan informasi selanjutnya di IDN Times. Selamat tahun baru dan semoga banyak kabar baik menantimu di 2021 nanti, ya!

Baca Juga: 10 Potret Peristiwa Langit Paling Besar dan Langka Sepanjang 2020

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya