Comscore Tracker

Ada Puncak Hujan Meteor, Ini 7 Peristiwa Langit Terbaik Februari 2020

Ini waktu tepat untuk mengamati Merkurius

Bulan Februari 2020 jadi momen yang tepat bagi kamu yang ingin memulai hobi mengamati bintang atau jadi astronom amatir. Sebab di bulan kedua tahun ini akan banyak fenomena langit yang menarik.

Pada Januari lalu terdapat berbagai hujan meteor dan fase-fase bulan. Jika ketinggalan, kamu tetap bisa menyaksikan fenomena lain yang tak kalah keren.

Pada Februari ini, masih ada hujan meteor. Selain itu, beberapa planet juga terlihat mendekat ke Bumi. Catat tanggalnya, berikut sejumlah peristiwa menarik di Februari 2020. 

Baca Juga: Viral Dua Matahari di Langit Makassar, Ini Penjelasan Ilmiahnya

1. (7 Februari 2020) Konjungsi Bulan dan M44

Ada Puncak Hujan Meteor, Ini 7 Peristiwa Langit Terbaik Februari 2020pinimg.com

Kumpulan konstelasi bintang di luar tata surya dikenal dengan sebutan M44, atau Beehive Cluster. Kamu bisa melihatnya berdekatan dengan Bulan, pada 7 Februari 2020. Jika diamati, keduanya hanya akan terpisah jarak 1,17 derajat.

Dengan teleskop, kamu bisa melihat bintang dengan warna beragam di konstelasi ini, mulai merah hingga putih. Kerlap-kerlipnya berada di sekitaran Bulan.

2. (8 Februari 2020) Puncak hujan meteor Centaurids

Ada Puncak Hujan Meteor, Ini 7 Peristiwa Langit Terbaik Februari 2020meteorshowertonight.org

Pada 8 Februari 2020, kamu bisa melihat hingga lima meteor per jam. Centaurids jadi hujan meteor pertama yang bisa kamu saksikan.

Pada waktunya, kamu cukup menghadap ke langit bagian selatan. Carilah konstelasi Centaurus yang merupakan titik muncul meteor ini. Waktu terbaik untuk menyaksikannya adalah di tengah malam.

3. (10 Februari 2020) Merkurius berada di atas matahari

Ada Puncak Hujan Meteor, Ini 7 Peristiwa Langit Terbaik Februari 2020nasa.gov

Jika ada satu planet yang mudah diamati dari Bumi, salah satunya adalah Merkurius. 10 Februari merupakan hari terbaik untuk mengamatinya.  Planet itu akan terlihat berada tepat di atas Matahari ketika senja datang. 

Namun untuk bisa menemukannya, kamu butuh mata yang jeli. Sebab Merkurius memiliki ukuran yang sangat kecil dan redup jika diamati dari Bumi. Kabar baiknya, di saat yang sama kamu juga bisa mengamati Venus. Ia akan berada beberapa derajat tepat di atas Merkurius.

Baca Juga: 10 Peristiwa Langit Terbaik Tahun 2020, Catat Tanggalnya ya! 

4. (19 Februari 2020) Konjungsi Bulan dan Mars

Ada Puncak Hujan Meteor, Ini 7 Peristiwa Langit Terbaik Februari 2020arstechnica.net

Jika kamu merindukan Mars yang lama tidak menampakkan diri, tenang saja. Kamu bisa menantikan planet tersebut pada 19 Februari. Di malam itu, Mars akan terlihat berdekatan dengan Bulan yang berada pada fase perbani akhir. 

Keduanya hanya akan terpisahkan jarak empat derajat saja. Mars akan tampak berwarna merah terang di samping Bulan. Kamu hanya perlu mencarinya di langit bagian timur sekitar pukul 03.30 waktu daerahmu. Agar lebih jelas, kamu bisa menggunakan teleskop.

5. (20 Februari 2020) Bulan sabit dan Jupiter

Ada Puncak Hujan Meteor, Ini 7 Peristiwa Langit Terbaik Februari 2020infotel.ca

Kamu mesti bangun pagi pada tanggal 20 Februari ini. Sebab ada dua peristiwa langit menarik yang bisa kamu saksikan. Yang pertama adalah konjungsi antara Bulan dan Jupiter yang akan terjadi pada pukul 04.30. 

Keduanya akan terlihat berada di langit bagian timur. Jupiter terlihat seperti bintang berwarna kuning terang yang tidak berkelap-kelip. Planet ini bisa tampak cukup jelas karena ukurannya yang besar.

6. (20 Februari 2020) Konjungsi Bulan dan Saturnus pada

Ada Puncak Hujan Meteor, Ini 7 Peristiwa Langit Terbaik Februari 2020nasa.gov

Sambil menyelam minum air. Di saat yang bersamaan, kamu juga bisa menyaksikan Saturnus pada 20 Februari. Tepat sebelum Matahari terbit, keduanya akan terlihat berdekatan hingga terpisah jarak 2,3 derajat saja.

Posisi keduanya terletak di langit bagian selatan hingga mendekati garis horizon. Jika ingin menyaksikan dua peristiwa langit ini, sebaiknya gunakan teleskop, ya!

7. (28 Februari 2020) Konjungsi Mars dan M22 pada

Ada Puncak Hujan Meteor, Ini 7 Peristiwa Langit Terbaik Februari 2020flickr.com/Alam Dyer

Bulan Februari ditutup dengan konjungsi Mars dan konstelasi M22. Seperti M44, M22 merupakan sekumpulan konstelasi bintang besar yang ada di angkasa. Mengutip Space Tourism Guide, ada setidaknya 70 ribu bintang di dalamnya.

Mars akan terlihat berdekatan dengan konstelasi tersebut pada 28 Februari nanti. Peristiwa ini akan terlihat menakjubkan. Titik merah terang yang merupakan Mars dikelilingi oleh kilauan bintang-bintang. Untuk menyaksikannya, cukup cari rasi bintang Sagittarius di langit bagian utara. 

Ada Puncak Hujan Meteor, Ini 7 Peristiwa Langit Terbaik Februari 2020giphy.com

Sekali lagi, catat tanggalnya mulai sekarang, jadi  kamu tidak akan kelewatan fenomena langit menarik selama Februari 2020. Selamat menyaksikan, ya!

Baca Juga: [FOTO] Antusias Warga Makassar, Palu, Hingga Kendari Saat Gerhana

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya