Comscore Tracker

9 Penyebab Umum Kucing Kabur dari Rumah, Bukan karena Ngambek!

Alasannya tidak sesederhana yang kamu bayangkan

Sebagai hewan dengan rasa penasaran yang tinggi, kucing memang sering pergi dari rumah. Sering kali mereka hanya berjalan-jalan di sekitar kompleks, berburu, menyapa sesamanya, dan kembali lagi ketika lapar. Namun pada kasus tertentu, kucing benar-benar tidak kembali ke rumah. Hal ini pun membuat para pemilik bertanya-tanya.

Apakah kucing tidak bahagia di rumah? Atau makanan yang diberikan tidak enak? Apakah mereka telah menemukan 'tuan' yang baru? Mereka gak terluka, kan?

Pikiran-pikiran tersebut tentu menghampiri para pemilik kucing yang khawatir. Namun ternyata ada beberapa alasan umum yang menyebabkan 'si meng' kabur dari rumah. Beberapa di antaranya adalah faktor yang tidak bisa kamu kendalikan. Simak ulasannya berikut ini!

1. Keperluan berburu

9 Penyebab Umum Kucing Kabur dari Rumah, Bukan karena Ngambek!zooplus.co.uk

Kucing dulunya merupakan hewan yang hidup di alam liar. Walaupun telah didomestifikasi menjadi peliharaan, mereka masih mewarisi insting dari nenek moyangnya. Salah satunya adalah untuk berburu. 

Insting tersebut mendorongnya untuk mencari mangsa di sekitar rumahmu. Entah itu tikus, burung, atau bahkan serangga. Tak jarang, mereka terlena saat berburu hingga tak sadar bahwa dirinya telah berjalan jauh dari rumah dan dalam waktu yang lama. 

2. Kebutuhan reproduksi

9 Penyebab Umum Kucing Kabur dari Rumah, Bukan karena Ngambek!onecms.io

Alasan paling umum dari kaburnya kucing adalah mereka ingin menyalurkan kebutuhan reproduksi. Ketika memasuki masa birahi, hewan tersebut akan mencari lawan jenis. Indranya yang tajam dapat mendeteksi di manakah kucing lain berada. 

Pencarian partner reproduksi bukanlah hal yang mudah. Mereka akan berjalan ke tempat yang jauh jika tidak menemukan kucing lain di sekitar rumah. Itulah kenapa kucing bisa "hilang" selama berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan. 

Dilansir Tractive, kucing betina umumnya akan pergi dari rumah ketika ingin melahirkan. Mereka akan mencari tempat yang tersembunyi untuk membangun sarang agar tidak diganggu oleh kucing lain atau manusia. 

3. Insting teritorial mendorongnya untuk pergi

9 Penyebab Umum Kucing Kabur dari Rumah, Bukan karena Ngambek!comfortzone.com

Sama seperti berburu, kucing juga memiliki insting teritorial yang tinggi berkat warisan dari nenek moyangnya. Hal ini membuat mereka menandai semua yang ada di lingkungan sekitarnya. Mulai dari rumah, kebun, kursi, dan bahkan kamu.

Sifat ini sering kali menjadi lebih parah ketika banyak kucing liar di sekitar rumah. Mereka berusaha untuk merebut teritori 'si meng' sehingga ia merasa terancam. Ketika ini terjadi, kucingmu akan berusaha untuk menandai area yang lebih jauh dari rumah. Ia pun tak akan pulang selama berhari-hari. 

4. Kucing memiliki identitas ganda

9 Penyebab Umum Kucing Kabur dari Rumah, Bukan karena Ngambek!pexels.com/cottonbro

Kebayang gak, sih, kalau kucing bisa menduakanmu? Walau jarang terjadi, hal ini ternyata sangat dimungkinkan, lho. Jika mereka menemukan pemilik lain yang memberinya lebih banyak makanan, keamanan, dan kasih sayang, kucing akan memiliki identitas ganda. Ia adalah peliharaanmu tapi di sisi lain ia juga menjadi milik orang lain. 

Dalam kasus ini, kucing awalnya akan pergi di jam-jam tertentu ke rumah pemilik keduanya. Ketika bosan, ia akan kembali ke rumahmu. Namun ketika kamu memberikan makanan dan perhatian yang kurang, ia akan berpaling ke rumah kedua. 

Agar terhindar dari masalah ini, kamu disarankan untuk memakaikan kalung identitas pada kucing. Dengan begitu, orang lain tahu bahwa ia sudah menjadi peliharaan di rumahmu. Selain itu, sebaiknya beri tahu tetangga agar tidak memberi makanan terlalu banyak pada 'si meng' agar ia tidak mendua.

Baca Juga: 7 Tips Menemukan Kucing Hilang dengan Cepat Secara Ilmiah

5. Kucing pergi karena kamu pindah rumah

9 Penyebab Umum Kucing Kabur dari Rumah, Bukan karena Ngambek!gethuan.com

Kucing juga bisa kabur karena kamu baru saja pindah rumah. Dilansir Tractive, hewan tersebut ternyata tak suka perubahan yang drastis dan secara tiba-tiba. Jika tak bisa beradaptasi dengan rumah baru, mereka akan kabur. 

Jika ini yang terjadi, cobalah untuk mencarinya di sekitar rumah lamamu. Kemungkinan besar, mereka masih belum bisa "move on" dan tetap tinggal di sana untuk mencari teritori lama. 

Maka dari itu, ketika pindah rumah, kamu harus memberi waktu pada kucing untuk beradaptasi. Berikanlah benda-benda favoritnya agar mereka merasa familier, menaruhnya di kandang dalam kurun waktu tertentu, dan memastikan agar mereka tidak stres. 

6. Merasa lebih nyaman di luar rumahmu

9 Penyebab Umum Kucing Kabur dari Rumah, Bukan karena Ngambek!treehouseanimals.org

Coba ingat-ingat, deh. Adakah tindakan tertentu yang membuat kucingmu tidak nyaman akhir-akhir ini? Masalah tersebut bisa berupa keterlambatan memberi makan, perilaku kita yang terlalu keras padanya, lingkungan yang berisik, dan lain-lain. 

Ketika kucing sudah merasa tak nyaman di rumah, mereka akan mencari tempat lain yang lebih cocok dengannya. Entah itu di rumah orang lain atau berkeliaran di jalanan sebagai kucing liar. 

7. Rumahmu kedatangan bayi

9 Penyebab Umum Kucing Kabur dari Rumah, Bukan karena Ngambek!prettylitter.com\

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kucing sangat sensitif terhadap perubahan. Salah satunya adalah ketika ada bayi yang baru datang ke rumah. Dilansir Pet Helpful, hal ini bisa membuat kucing merasa terancam.

Terlebih lagi, ketika ada anggota keluarga baru, kita cenderung memberi perhatian lebih padanya. Kucing pun akan merasa tersingkirkan dan tak disayangi lagi. Jika semakin tersisihkan karena bayi tersebut, mereka tak akan ragu untuk mencari rumah baru.

8. Ada hewan baru di rumah

9 Penyebab Umum Kucing Kabur dari Rumah, Bukan karena Ngambek!pexels.com/Helena Lopes

Sama seperti bayi, kucing juga akan merasa terancam dengan kedatangan hewan lain. Entah sesama kucing, anjing, dan lain sebagainya. Mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan mengenal anggota keluarga baru tersebut. 

Kamu sebagai pemiliknya harus menjadi mediator agar kedua hewan bisa berteman. Caranya adalah dengan memperkenalkan mereka secara perlahan, memberikannya ruang pribadi, dan mendorong keduanya untuk bermain ketika sudah siap. 

9. Terdistraksi di jalan pulang

9 Penyebab Umum Kucing Kabur dari Rumah, Bukan karena Ngambek!dailypaws.com

Kucing merupakan hewan yang memiliki indra yang tajam. Pada umumnya, mereka tetap bisa mendeteksi jalan pulang walaupun telah pergi cukup jauh dari rumah. Jadi kemungkinan untuk tersesat sangatlah kecil. 

Akan tetapi, ingatlah bahwa kucing juga memiliki rasa penasaran yang tinggi. Jika sudah tidak pulang setelah berminggu-minggu, kemungkinan mereka terdistraksi dalam perjalanan. Entah dengan makanan, sesama kucing, hewan-hewan kecil yang dianggapnya mangsa, dan lain sebagainya.

Sekarang kamu sudah tahu alasan-alasan umum yang membuat kucing kabur dari rumah. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mencegah hal ini? Berikut beberapa di antaranya:

  • Pakaikan kalung identitas yang mencantumkan nomor teleponmu;
  • Pertimbangkan untuk mensterilkan kucing;
  • Hindari melakukan hal-hal yang membuat kucing tidak nyaman;
  • Beri perhatian lebih pada mereka ketika terjadi perubahan di rumah;
  • Berilah kucing perhatian yang mereka butuhkan. 

Jika kamu melakukan hal-hal itu, risiko kaburnya kucing bisa diminimalkan. Semoga kamu dan 'si meng' bisa hidup bersama dalam waktu yang lama, ya!

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, 10 Hal Sepele Ini Bikin Kucing Benci Padamu

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya