Comscore Tracker

7 Hal Sepele ini Tak Bisa Dilakukan Kucing, Kelemahan si Meng!

Yang tampak mudah untuk kita, ternyata sulit untuk kucing

Kucing sering kali dianggap sebagai hewan yang superior karena mampu melakukan banyak hal yang sulit bagi manusia. Mulai dari memanjat, masuk ke lubang yang kecil, hingga melompat dari ketinggian tanpa rasa takut. 

Akan tetapi, di balik itu semua, kucing memiliki sejumlah hal yang tak bisa mereka lakukan. Mayoritas di antaranya terdengar sepele, namun itulah kelemahan hewan peliharaan yang satu ini. Ingin tahu apa saja? Berikut ini penjelasannya!

1. Kucing tidak bisa melihat benda dalam jarak terlalu dekat dan jauh

7 Hal Sepele ini Tak Bisa Dilakukan Kucing, Kelemahan si Meng!livescience.com

Dari sisi indra penglihatan, kucing juga memiliki sejumlah keunikan. Mereka tidak mampu melihat benda yang jaraknya terlalu dekat maupun terlalu jauh. Kenapa demikian?

Dilansir LiveScience, kucing memiliki jangkauan penglihatan yang lebih lebar daripada manusia, yaitu mencapai 200 derajat. Sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan ketajaman yang bagus. Kucing tercatat tak bisa melihat jelas benda yang lebih jauh dari 6 meter.

Di sisi lain, mereka juga tak mampu melihat benda jaraknya kurang dari 30 cm dengan jelas. Namun untuk keterbatasan ini, mereka terbantu dengan kumisnya yang bisa mendeteksi getaran benda. 

2. Kucing adalah satu-satunya hewan yang tak bisa merasakan manis

7 Hal Sepele ini Tak Bisa Dilakukan Kucing, Kelemahan si Meng!catster.com

Kucing selalu penasaran dengan apa yang kamu makan, mulai dari buah-buahan, roti, es krim, hingga bahkan permen. Namun tak sejalan dengan perilaku tersebut, kucing ternyata tidak mampu merasakan makanan manis, lho. Bahkan sejauh ini, mereka adalah satu-satunya hewan yang punya karakteristik tersebut. 

Dilansir Scientific American, reseptor rasa manis di lidah tersusun oleh protein dengan gen bernama Tasir2 dan Tasir3. Kucing tidak memiliki asam amino yang cukup untuk membangun DNA gen tersebut. Sebagai hasilnya, mereka pun tidak mampu mengecap rasa manis. 

Kemungkinan besar, hal ini dipengaruhi oleh pilihan makanan mereka yang terdiri atas daging-dagingan. Jadi secara teknis, kucing tidak memerlukan kemampuan tersebut. 

3. Kucing tidak bisa minum susu sapi

7 Hal Sepele ini Tak Bisa Dilakukan Kucing, Kelemahan si Meng!felinewellness.com

Siapa, nih, yang masih sering kasih si meng susu sapi? Segera hentikan kebiasaan tersebut, ya. Kucing memang tampak menikmati susu sapi, tetapi tubuh mereka akan menolaknya. 

Ini karena mayoritas kucing memiliki gangguan intoleransi laktosa, zat yang terkandung di dalam susu sapi. Organ pencernaannya tidak mampu memproses laktosa karena tak ada enzim yang mencukupi untuk melakukannya. 

Lalu apa yang akan terjadi ketika kucing minum susu sapi? Dilansir PetMD, mereka mengalami sakit perut, muntah, dan diare yang bisa berlangsung hingga 12 jam. 

Baca Juga: 7 Kucing Mahal Piaraan Artis Indonesia, Ada Seharga Mobil

4. Kucing tidak bisa melihat air dengan baik

7 Hal Sepele ini Tak Bisa Dilakukan Kucing, Kelemahan si Meng!royalcanin.com

Kucing termasuk salah satu hewan yang malas minum air. Ada beberapa alasan yang mendasari hal ini. Pertama, mereka tidak mudah haus. Kedua, mereka juga tidak suka ketika bulu di dagunya basah karena air. Sedangkan alasan ketiga, kucing nampaknya tak bisa melihat air dengan baik. 

Contohnya seperti ini. Kamu menaruh air di mangkuk, lalu letakkanlah di depan kucingmu. Kemungkinan besar, mereka tak akan menyentuhnya sebelum kamu mengetuk mangkuk tersebut.

Dilansir VetStreet, ini karena kucing tak bisa melihat air yang diam dengan baik. Alasan ini juga menjelaskan kenapa hewan tersebut cenderung lebih suka minum dari air keran yang mengalir. 

5. Kucing tidak bisa melihat dalam kegelapan pekat

7 Hal Sepele ini Tak Bisa Dilakukan Kucing, Kelemahan si Meng!iheartcats.com

Kucing termasuk hewan yang nokturnal, terutama saat di alam liar. Itulah kenapa mereka dianugerahi penglihatan yang tajam di area yang gelap. Namun ternyata kemampuan tersebut memiliki batasan. Faktanya, kucing tak mampu melihat di kegelapan yang pekat, di mana tidak ada cahaya sama sekali. 

Mereka baru bisa melihat sekeliling ketika ada sedikit cahaya yang masuk ke dalam matanya. Mereka akan memaksimalkan gelombang tersebut dengan membran bernama tapetum lucidum yang bekerja seperti cermin. 

6. Kucing tidak bisa mengunyah makanannya

7 Hal Sepele ini Tak Bisa Dilakukan Kucing, Kelemahan si Meng!catster.com

Pernahkah kamu mengamati kucing yang sedang makan? Ketika sedang melahap dry food, mereka akan menggigitnya terlebih dahulu menjadi kepingan-kepingan. Tak jarang, kepingan itu keluar dari mulutnya untuk digigit kembali. 

Ternyata ini terjadi karena kucing tidak mampu mengunyah makanannya. Gigi mereka diciptakan untuk mengoyak dan menyobek daging-dagingan. Menggunakan taring , kucing memotong makanannya menjadi bagian-bagian kecil sebelum menelannya. 

7. Kucing tidak bisa tidur dengan benar-benar nyenyak

7 Hal Sepele ini Tak Bisa Dilakukan Kucing, Kelemahan si Meng!pcdn.co

Iy,a, kamu tidak salah baca kok. Kucing memang tampak sering berleha-leha, rebahan, dan tidur. Mereka bahkan menghabiskan sekitar 60-70 persen hidupnya untuk aktivitas tersebut. Akan tetapi, mereka adalah light sleeper atau tidak bisa tidur dengan benar-benar nyenyak. 

Mereka akan terbangun ketika ada suara dan gerakan di sekitarnya. Hal ini menjadi kebiasaan yang diwarisinya dari nenek moyang. Seperti yang kita tahu, kucing dulunya merupakan hewan liar yang hidup di hutan. Mereka adalah predator sekaligus mangsa sehingga harus selalu waspada akan hewan lain yang ingin menyerang.

Itulah sejumlah hal sepele yang ternyata tidak bisa dilakukan oleh kucing. Apakah kamu sudah mengetahuinya sebelum ini?

Baca Juga: 13 Tingkah Usil Kucing Gak Ada Akhlak, Bikin Jengkel tapi Juga Kocak

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya