Comscore Tracker

Harganya Fantastis, Ini 7 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal di Indonesia

Ada yang tembus Rp25 juta, loh

Sebagian masyarakat Indonesia saat ini tengah menggemari ikan cupang atau yang dikenal pula sebagai betta fish. Ikan hias yang satu ini begitu digemari karena penampilannya yang unik, tak membosankan, bisa menghilangkan stres, dan bahkan menguntungkan jika dikembangbiakkan. 

Di antara semua spesiesnya, ada beberapa jenis ikan cupang yang dipatok dengan harga mahal. Bahkan ada yang harganya setara dengan motor baru, lho!

Penasaran jenis ikan cupang apa saja yang dimaksud? Yuk, simak jenis ikan cupang termahal di Indonesia berikut ini!

7. Ikan cupang double tail

Harganya Fantastis, Ini 7 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal di Indonesiabetta.solutions

Seperti namanya, ikan cupang double tail ditandai dengan ekornya yang terbelah menjadi dua. Saat berenang, ekor dan siripnya akan tampak seperti selendang yang menari-nari di dalam air. Belum lagi, warnanya yang unik menambah pesona cupang ini. 

Sayangnya, double tail bukanlah jenis cupang yang mudah untuk didapatkan. Ini pula yang menjadi salah satu faktor kenapa mereka dibanderol dengan harga cukup mahal, yaitu hingga mencapai Rp2 juta. Akan tetapi, kamu bisa mendapatkan anakannya dengan harga hingga Rp120 ribu kok. 

6. Ikan cupang plakat

Harganya Fantastis, Ini 7 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal di Indonesiashopify.com

Nama 'Plakat' diambil dari Bahasa Thailand yang berarti pertarungan. Itulah kenapa jenis ikan cupang ini biasa dipelihara sebagai ikan aduan. Walaupun begitu, mereka memiliki penampilan yang tak kalah menarik, lho. 

Cupang plakat khas dengan sirip dan ekornya yang pendek tapi tampak mengembang. Warnanya pun beragam, seperti jenis lainnya. Karena digemari banyak orang, ikan cupang plakat bisa dijual hingga Rp1 juta. 

5. Ikan cupang big ear/dumbo

Harganya Fantastis, Ini 7 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal di Indonesiapinimg.com

Seperti namanya, ikan cupang big ear atau yang dikenal pulsa sebagai dumbo memiliki sirip depan yang besar hingga tampak seperti telinga gajah. Mereka merupakan jenis cupang persilangan yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia. 

Ikan cupang big ear biasa dijual hingga Rp400 ribu di marketplace Indonesia. Harga tersebut bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi ikan, corak, dan keunikannya. Dengan harga yang kurang lebih sama, kamu juga bisa mendapatkan beberapa jenis cupang lain. Misalnya ikan cupang slayer, crowntail, dan lain sebagainya. 

4. Ikan cupang giant

Harganya Fantastis, Ini 7 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal di Indonesiaaquasnack.co.uk

Berikutnya ada ikan cupang giant. Jenis yang satu ini biasa ditemukan di sungai dan danau Thailand, lho. Seperti namanya, ukuran tubuh cupang yang satu ini lebih besar hingga dua atau tiga kali lipat dari jenis lain.

Ingin tahu berapa harga ikan cupang yang satu ini? Kamu bisa mendapatkannya seharga Rp200 hingga Rp400 ribuan. Keunggulan lain dari ikan cupang giant adalah kamu bisa mengawinkannya dengan ikan cupang lain untuk menghasilkan peranakan yang unik. 

Baca Juga: Seperti Nabi Yunus, Bagaimana Rasanya Ditelan Paus? Ini Faktanya!

3. Ikan cupang halfmoon

Harganya Fantastis, Ini 7 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal di Indonesiastaticflickr.com

Halfmoon adalah salah satu ikan cupang populer dan digemari para pencintanya. Ini karena mereka memiliki sirip dan ekor yang bisa mengembang dengan lebar hingga tampak seperti bulan separuh. 

Tak seperti ikan cupang lain yang memiliki warna mencolok, corak halfmoon biasanya lebih netral dan teduh. Misalnya merah gelap, putih. biru muda, atau bahkan hitam. 

Ikan cupang yang berasal dari Thailand ini memiliki harga yang cukup fantastis. Mereka dibanderol hingga Rp3 juta. Bahkan di pelelangan ikan Thailand, halfmoon berhasil terjual hingga Rp8 juta, lho. Namun di berbagai marketplace Indonesia, kamu bisa mendapatkan indukan halfmoon seharga Rp200 ribu hingga Rp300 ribu. 

2. Ikan cupang fancy

Harganya Fantastis, Ini 7 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal di Indonesiapinimg.com

Memasuki posisi dua, ada ikan cupang fancy yang populer di Indonesia. Warnanya begitu beragam dengan pola yang tampak seperti tiga dimensi. Inilah yang membuat ikan cupang fancy berbeda. Pada umumnya, mereka berwarna mirip ikan koi, biru metalik, hijau, putih dengan paduan pink atau merah, dan lain sebagainya. 

Ikan cupang fancy pernah terjual seharga Rp10 juta di pelelangan Thailand. Sedangkan di Indonesia, ikan cupang fancy pernah terjual seharga Rp2 juta. Namun tenang saja, kamu bisa membeli anakannya di harga maksimal Rp300 ribuan kok. 

1. Ikan cupang Kachen Worachai

Harganya Fantastis, Ini 7 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal di Indonesiabangkokpost.com

Posisi pertama untuk ikan cupang termahal ditempati oleh Kachen Worachai yang berasal dari Thailand. Ikan yang satu ini sempat terjual di pelelangan seharga 53.500 baht atau setara dengan Rp25,2 juta. Mahal sekali, ya!

Alasan kenapa orang berani membeli ikan ini dengan harga selangit adalah karena warnanya menyerupai bendera Thailand. Sentuhan biru tua, putih, dan merah yang tampak berjajar rapi di tubuhnya membuat tampilan Kachen Worachai unik dan beda dari yang lain.

Wah, ternyata ikan cupang bisa memiliki harga yang fantastis. Apakah kamu tertarik untuk memelihara mereka? Jangan lupa siapkan biaya dan luangkan waktu untuk merawatnya, ya!

Baca Juga: Ini Gambaran Ilmiah Rasanya Masuk ke Kolam Penuh Piranha

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya