Comscore Tracker

7 Penjelasan Ilmiah Kenapa Perempuan Lebih Susah Move On 

Putus cinta memang menyakitkan

Sebagian besar orang yang mengalami putus cinta pasti merasakan sesak dalam hati. Banyak orang yang mengaku bahwa mereka mengalami titik terendah di hidupnya setelah berpisah dengan pasangan. Bukan hal yang mengejutkan memang. Sebab saat itulah di mana kita dipaksa untuk merelakan kepergian mereka yang kita cintai dengan berbagai alasan.

Satu-satunya jalan untuk keluar dari lingkaran setan tersebut adalah dengan move on. Menata, melanjutkan hidup, dan melupakan kenangan menyakitkan di masa lalu. Namun hal ini bukanlah hal yang mudah, terutama untuk perempuan. 

Menurut penelitian dari Binghamton University, New York, pada umumnya perempuan adalah pihak yang paling tersakiti saat putus dengan pasangannya. Hal ini membuat mereka lebih susah untuk move on daripada laki-laki. Apakah kamu juga merasa seperti itu? Apa sebabnya ya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Perempuan akan berusaha mencari dukungan emosional

7 Penjelasan Ilmiah Kenapa Perempuan Lebih Susah Move On besthealthmag.ca

Dilansir dari Huffington Post, ketika putus cinta, perempuan lebih membutuhkan koneksi dengan orang lain. Ini dilakukan untuk mendapatkan dukungan emosional. Mereka akan berkeluh kesah dengan keluarga dan teman-temannya.

Sedangkan laki-laki memiliki cara yang berbeda. Mereka akan mencari hal-hal lain untuk dilakukan, misalnya berolahraga, liburan, dan mencari pasangan baru. Itulah kenapa laki-laki lebih mudah untuk move on daripada perempuan.

2. Perempuan lebih sering menyalahkan diri sendiri

7 Penjelasan Ilmiah Kenapa Perempuan Lebih Susah Move On megmeekermd.com

Setelah putus dari pasangannya, perempuan akan merenungkan semua kenangan yang ia lewati dalam hubungan tersebut. Dilansir dari Huffington Post di saat itulah muncul pikiran-pikiran negatif mengenai dirinya sendiri. Mereka mulai menyalahkan diri karena tidak bisa membahagiakan pasangannya.

Jangan salah, mayoritas laki-laki juga memiliki pemikiran yang sama. Akan tetapi mereka cenderung lebih baik dalam meredamnya.

3. Perempuan lebih merasakan sakit secara emosional dan fisik

7 Penjelasan Ilmiah Kenapa Perempuan Lebih Susah Move On snopes.com

Dalam penelitian yang sama, 5.705 orang yang pernah mengalami putus cinta diminta untuk menilai rasa sakit yang mereka rasakan dari 1 hingga 10. Hasilnya, angka rasa sakit emosional dan fisik yang dirasakan perempuan lebih tinggi daripada laki-laki.

Ini karena perempuan pada umumnya jatuh cinta lebih dalam daripada laki-laki. Tidak hanya itu, memang benar bahwa kebanyakan perempuan lebih mengutamakan perasaan daripada logika sehingga mereka lebih rentan merasakan sakit.

Baca Juga: Ini Faktanya! Benarkah Perempuan Lebih Cepat Dewasa daripada Laki-laki

4. Perempuan lebih rentan terkena depresi

7 Penjelasan Ilmiah Kenapa Perempuan Lebih Susah Move On rebelcircus.com

Setelah putus cinta, perempuan lebih rentan terkena depresi, gangguan kecemasan, dan merasa takut. Sedangkan pada laki-laki, mereka lebih banyak merasakan kemarahan, susah untuk fokus, hingga mati rasa. Hal ini bisa menjelaskan kenapa laki-laki terlihat baik-baik saja setelah putus padahal perempuan bisa menangis hingga berhari-hari.

5. Sering kali perempuan adalah pihak yang memutuskan hubungan

7 Penjelasan Ilmiah Kenapa Perempuan Lebih Susah Move On rd.com

Walaupun perempuan merasa lebih sakit, pada kenyataannya merekalah pihak yang pada umumnya memutuskan hubungan. Dilansir dari Bustle, riset menunjukkan bahwa 70 persen kasus perceraian diinisiasi oleh perempuan. Alasannya adalah perempuan adalah pihak yang lebih banyak dirugikan daripada laki-laki sehingga mereka memutuskan hubungan tersebut.

6. Sebenarnya perempuan pulih dengan lebih baik dari putus cinta

7 Penjelasan Ilmiah Kenapa Perempuan Lebih Susah Move On mixcreativos.es

Walaupun membutuhkan waktu yang lama, perempuan bisa memulihkan diri dengan lebih baik daripada laki-laki. Ini karena mereka menghabiskan waktu untuk introspeksi diri dan lebih selektif dalam memilih pasangan selanjutnya.

Sedangkan pada laki-laki, mereka cenderung mengesampingkan perasaan dan berusaha untuk meredamnya. Ini membuat mereka lebih menderita walaupun sudah menemukan pasangan baru.

7. Mengenang rasa sakit dari putus cinta bisa membantumu untuk move on

7 Penjelasan Ilmiah Kenapa Perempuan Lebih Susah Move On mnn.com

Menurut penelitian dari Social Psychological and Personality Science, sebenarnya mengenang rasa sakit dari putus cinta bisa membantu kita untuk move on. Rasa sakit tersebut bisa mengingatkan kita untuk tidak lagi mengulangi hubungan yang serupa, belajar dari pengalaman, dan menerimanya. Ketika diri kita sudah menerimanya, itulah saat di mana kita siap untuk memulai lembaran baru.

Jika kamu termasuk orang yang susah untuk move on, gunakan waktumu untuk introspeksi tetapi jangan terus menyalahkan diri sendiri. Sebaliknya, pikirkan hikmah dari putusnya hubungan tersebut. Tidak perlu terburu-buru untuk mencari pasangan baru. Carilah kebahagiaanmu sendiri terlebih dahulu sambil mempersiapkan diri untuk membangun hubungan baru.

Baca Juga: 7 Perubahan Mengejutkan pada Tubuhmu Ketika Kamu Mengalami Penolakan 

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya