Comscore Tracker

9 Potret Terbaik Luar Angkasa yang Berhasil Dijepret di 2020, Keren!

Di 2020, kita akhirnya tahu bentuk permukaan matahari

Selama 2020, ada begitu banyak hal yang terjadi. Tidak hanya di Bumi, tapi juga di luar angkasa yang jauh di sana. Di tahun ini pula, para astronom dan ilmuwan dari NASA, ESA, ESO, Hubble Space Telescope, dan berbagai lembaga lainnya berhasil menangkap banyak foto menakjubkan dari luar sana. Dengan begitu, kita sebagai masyarakat awam bisa mengenal alam semesta ini secara lebih dalam.

Dari ratusan hingga bahkan ribuan foto yang berhasil ditangkap pada tahun ini, ada beberapa di antaranya yang begitu ikonik dan populer. Ingin tahu seperti apa potret luar angkasa sepanjang tahun 2020 ini? Yuk, intip!

1. Galaksi "air terjun"

9 Potret Terbaik Luar Angkasa yang Berhasil Dijepret di 2020, Keren!ESA/Hubble & NASA via Space.com

Tampak seperti air terjun, potret di atas ternyata gambar dari dua galaksi, yaitu NGC 2799 (kiri) dan NGC 2798. Yang terjadi sebenarnya adalah kedua galaksi tersebut berada cukup dekat untuk menarik satu sama lain dengan gravitasinya. Hubble Space Telescope memprediksi bahwa mereka kemungkinan akan bersatu.

2. Tampak dekat bintik hitam Matahari

9 Potret Terbaik Luar Angkasa yang Berhasil Dijepret di 2020, Keren!NSO/AURA/NSF via Space.com

Ilmuwan yang bekerja di Inouye Solar Telescope berhasil menangkap gambar yang sangat detail dari bintik hitam Matahari. Garis-garis yang bisa kamu lihat itu merupakan perpaduan dari gas panas dan dingin yang dibentuk dari medan magnet kuat. Menurut laporan National Science Foundation, bintik ini sangat besar hingga Bumi bisa masuk ke dalamnya. 

3. Tampak dekat permukaan Jupiter

9 Potret Terbaik Luar Angkasa yang Berhasil Dijepret di 2020, Keren!NASA/JPL/SWRI/MSSS via IFLscience.com

Jika kamu tinggal di Jupiter, badai adalah hal yang akan kamu temui sehari-hari. Sebab, peristiwa ini terjadi setiap saat di hampir seluruh bagian planet tersebut. Saking besarnya badai yang terjadi, kamu bisa melihat tekstur tak beraturannya di permukaan Jupiter seperti pada gambar di atas. 

4. Eagle Nebula

9 Potret Terbaik Luar Angkasa yang Berhasil Dijepret di 2020, Keren!NASA/ESA/Hubble Space Telescope

Dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-30, Hubble Space Telescope merilis foto paling ikonik tahun ini. Ialah tampak dari Eagle Nebula. Untuk mendapatkan foto yang detail dan sempurna itu Hubble menggunakan teleskop canggih bernama Gemini South. 

Baca Juga: 10 Spesies Hewan Baru yang Ditemukan di 2020, Kenalan Yuk!

5. Tampak asli Saturnus

9 Potret Terbaik Luar Angkasa yang Berhasil Dijepret di 2020, Keren!NASA, ESA, A. Simon, M.H. Wong, dan OPAL Team via Space.com

Walaupun tampak seperti gambar yang tak nyata, foto di atas benar-benar penampakan asli dari Saturnus, lho. Para astronom dari NASA, ESA, dan Hubble Space Telescope yang menangkapnya pada Agustus lalu. Mulai dari bagian kutub hingga cincin, semuanya tampak sangat jelas, ya. 

6. Permukaan Matahari

9 Potret Terbaik Luar Angkasa yang Berhasil Dijepret di 2020, Keren!Daniel K. Inouye Solar Telescope via IFLscience.com

Sekilas tampak seperti popcorn karamel, foto di atas adalah tampak close-up dari permukaan Matahari yang diambil oleh Daniel K Inouye Solar Telescope. Penemuan ini mengejutkan banyak orang. Sebab, selama ini kita beranggapan bahwa Matahari tertutupi api yang membara.

7. Butterfly Nebula

9 Potret Terbaik Luar Angkasa yang Berhasil Dijepret di 2020, Keren!NASA, EDA and J. Kastner via Space.com

Nebula merupakan salah satu benda angkasa yang bentuknya beragam. Salah satunya adalah NGC 6302. Ia dijuluki sebagai Butterfly Nebula karena awan debunya tampak seperti sayap kupu-kupu. Berhasil dipotret oleh NASA, nebula yang satu ini berjarak 3.800 tahun cahaya dari Bumi. 

8. Bumi dan aurora

9 Potret Terbaik Luar Angkasa yang Berhasil Dijepret di 2020, Keren!NASA via iflscience.com

Ditangkap dari International Space Station, ini adalah tampak permukaan Bumi dari luar angkasa. Cahaya kehijauan yang menyala tersebut adalah aurora, pancaran cahaya dari ionosfer yang biasanya terjadi di area kutub. Sementara itu, lapisan berwarna jingga redup yang menyelimuti Bumi disebut sebagai airglow

9. Galaksi Bimasakti

9 Potret Terbaik Luar Angkasa yang Berhasil Dijepret di 2020, Keren!M. Zamani/ESO via space.com

Menggunakan lensa fisheye, astronom bernama Mahdi Zamani dari ESO berhasil menangkap lengkungan galaksi Bimasakti di Cile. Pemandangan ini tergolong cukup langka dan tidak hadir di sembarang tempat, lho. Galaksi hanya bisa dilihat saat langit cerah dan gelap di area yang bebas polusi. 

Itulah sembilan potret luar angkasa terbaik yang berhasil ditangkap pada tahun 2020. Mana, nih, yang menjadi favoritmu? 

Baca Juga: 10 Potret Peristiwa Langit Paling Besar dan Langka Sepanjang 2020

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya