Comscore Tracker

7 Mimpi Paling Umum saat Tidur serta Maknanya

Setiap mimpi punya arti sendiri

Siapa pun pasti pernah bermimpi saat tidur. Entah itu mimpi yang menyenangkan atau mimpi buruk yang membuat kamu terbangun di tengah malam.

Menurut psikoanalis Sigmund Freud, mimpi adalah jalan menuju alam bawah sadar. Dia menyarankan kita mempelajari isi mimpi, agar bisa mengetahui hasrat tersembunyi di baliknya.

Berikut ini beberapa mimpi yang paling sering dialami manusia saat tidur beserta artinya. Kamu penasaran?

1. Jatuh dari ketinggian

7 Mimpi Paling Umum saat Tidur serta Maknanyaflickr.com

MengutipVery Well Mind, bermimpi jatuh dari ketinggian merupakan pengalaman umum. Ada mitos bahwa mimpi jatuh dan menyentuh tanah jadi petanda kamu akan mati dalam kehidupan nyata.

Tentu saja mitos itu tidak benar. Menurut satu penelitian dan beberapa interpretasi mimpi yang populer, mimpi jatuh dari langit menandakan hidupmu sedang tidak berjalan dengan baik. Kamu mungkin perlu mengambil beberapa keputusan untuk mengubah hidupmu.

2. Telanjang di depan umum

7 Mimpi Paling Umum saat Tidur serta Maknanyareepik.com/Racool_studio

Siapa yang pernah mengalami mimpi ini? Jika kamu mimpi telanjang di depan umum, itu menandakan kamu sedang berjuang untuk mencari jati diri. Menurut Dreams, kemungkinan kamu sulit mengekspos kekurangan maupun ketidaksempurnaan kamu.

3. Dikejar-kejar

7 Mimpi Paling Umum saat Tidur serta Maknanyasteemit.com

Menurut penulis Dream Dictionary Tony Crisp, mimpi dikejar mungkin menggambarkan keinginan kamu melarikan diri dari ketakutan atau keinginan sendiri. Tapi maknanya juga tergantung pengejar dalam mimpi.

Jika kamu mimpi dikejar binatang, mungkin kamu sedang bersembunyi dari kemarahan, hasrat, dan perasaanmu sendiri. Jika dikejar sosok misterius, bisa jadi itu adalah pengalaman masa kecil atau trauma masa lalu. Sedangkan mipi dikejar oleh lawan jenis berarti kamu taku jatuh cinta atau trauma dengan hubungan masa lalu.

Baca Juga: Sukses dalam Hidup, 5 Cara Ilmiah Mengembangkan Kecerdasan Emosi

4. Gigi copot

7 Mimpi Paling Umum saat Tidur serta Maknanyaexpress.co.uk

Penny Peirce, penulis Dream Dictionary untuk Dummies, mengemukakan bahwa bermimpi tentang kehilangan gigi dapat memiliki banyak makna. Ini mungkin berarti bahwa kamu khawatir tentang daya tarik atau penampilan kamu. Tidak hanya itu, mimpi ini juga menunjukkan bahwa kamu khawatir tentang kemampuan kamu untuk berkomunikasi.

Ketika kehilangan gigi, kamu akan merasa lebih sulit untuk berbicara. Karena itu, mimpimu mungkin memprediksi kamu akan kesulitan berkomunikasi dengan seseorang atau mengekspresikan diri dengan cara tertentu.

5. Kematian

7 Mimpi Paling Umum saat Tidur serta Maknanyashutterstock.com

Kematian adalah subjek mimpi yang umum dan bisa sangat membingungkan. Pemimpi terkadang memimpikan kematian orang yang dicintai atau bahkan mimpi dirinya yang mati. Bagi kebanyakan orang, mereka percaya bahwa itu pertanda orang yang mimpi di dalam mimpi tersebut akan memiliki umur panjang.

Namun, interpretasi mimpi populer menunjukkan bahwa mimpi tersebut mencerminkan kecemasan tentang perubahan atau ketakutan terhadap hal yang tidak diketahui. Layaknya kematian, kita benar-benar tidak tahu perubahan apa yang akan terjadi setelah kematian tiba.

6. Mengikuti ujian

7 Mimpi Paling Umum saat Tidur serta Maknanyapexels/Jeswin Thomas

Menurut Craig Hamilton-Parker, penulis The Hidden Meaning of Dreams, mengikuti ujian di dalam mimpi mungkin mengungkapkan ketakutan yang mendasari kegagalan. Penelitian juga menemukan bahwa mimpi seperti ini adalah hal biasa, setidaknya satu dari 5 orang pernah mengalami mimpi menghadapi ujian.

Mimpi merasa tidak siap untuk ujian biasanya terkait dengan orang dewasa atau anak-anak yang sedang stres. Ujian di dalam mimpi adalah refleksi dari kurangnya kepercayaan diri dan ketidakmampuan individu untuk maju ke tahap selanjutnya dalam kehidupan.

7. Selingkuh

7 Mimpi Paling Umum saat Tidur serta Maknanyauniversal.org

Mimpi tentang pasangan kita berselingkuh memang sulit diterima. Bahkan di dalam mimpi tentang perselingkuhan, bisa juga dirimu lah yang berada di posisi sedang berselingkuh. Apakah bermimpi seperti ini pertanda kalau kalian berdua sama-sama tidak setia?

Jangan panik dulu, mimpi tentang selingkuh bukan berarti pasanganmu sedang selingkuh atau akan selingkuh suatu saat nanti. Mimpi ini lebih mengartikan kalau salah satu di antara kalian sedang ada yang tidak puas, seolah-olah tidak mendapatkan apa yang diinginkan dari sebuah hubungan.

"Mungkin pasanganmu atau kamu belum memberikan cinta sepenuhnya, hehe."

Itulah beberapa mimpi yang paling umum menghampirimu saat tidur beserta artinya. Sekarang jangan salah sangka dulu kalau mengalami mimpi-mimpi di atas.

Baca Juga: Ini 7 Arti Mimpi yang Sering Kamu Alami Secara Psikologis, Sudah Tahu?

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya