Comscore Tracker

Mengenal 7 Fakta Unik Magic Mushroom si Jamur Halusinasi 

Dahulu, jamur ini digunakan sebagai medium spiritualitas

Apakah kamu pernah mendengar tumbuhan bernama magic mushroom? Kalau kamu pergi ke beberapa tempat tertentu, biasanya sekelompok orang akan menawari magic mushroom. Sangat disarankan untuk tidak mengambilnya. Walaupun memang bisa dimakan, itu bukan jamur masakan pada umurnya. Ada efek samping jika memakan jamur ini: kamu bakalan berilusi.

Di kalangan anak-anak muda, magic mushroom cukup terkenal karena bisa memberikan kesan trippy alias setengah sadar. Perlu kamu ketahui, magic mushroom tidak mendadak datang dan dikenal oleh orang-orang. Ada di kisah di balik pengenalan jamur halusinasi tersebut. Berikut ini penjelasannya.

1. Masyarakat di jaman kuno diperkirakan sudah mengonsumsi magic mushroom

Mengenal 7 Fakta Unik Magic Mushroom si Jamur Halusinasi hub.jhu.edu

Berdasarkan howstuffworks.com, para ahli sejarawan mempercayai jika magic mushroom sudah dikonsumsi bahkan sejak 9.000 tahun sebelum masehi. Hal itu didapat lewat adanya gambar di sebuah batu di Afrika utara sana. Bahkan peninggalan suku Maya dan Aztec berupa patung dan lainnya juga menunjukkan kehadiran jamur tersebut.

2. Ada kelompok masyarakat yang meyakini magic mushroom sebagai medium untuk berkomunikasi dengan Tuhan atau dewa

Mengenal 7 Fakta Unik Magic Mushroom si Jamur Halusinasi cpr.org

Ada substansi dari suku aztec yang dikenal dengan teonanácatl, daging para dewa. Substansi ini dipercaya sebagai magic mushroom. Selain magic mushroom, psikotropika alami yang digunakan kala itu adalah biji bunga Morning Glory serta peyote. Orang-orang zaman dahulu percaya, kondisi ilusi yang dihasilkan oleh magic mushroom adalah kondisi kesurupan yang memproduksi wahyu serta berbicara dengan para dewa.

3. Publikasi media membuat magic mushroom dikenal kembali di dunia modern

Mengenal 7 Fakta Unik Magic Mushroom si Jamur Halusinasi shroomery.org

Ada seorang mycologist, seseorang yang meneliti jamur, datang ke Meksiko untuk mempelajari jamur-jamur pada 1955. Namanya R. Gordon Wasson. Di sana dia menyaksikan sebuah ritual oleh dukun suku Mazatec yang menggunakan magic mushroom. Dia pun menuliskan cerita tersebut ke dalam artikel majalah Life yang dipublikasikan pada 1957.

Baca Juga: Tahukah Kamu? Tanpa 7 Hewan Ini, Manusia Mungkin Tidak Bisa Hidup!

4. Artikel Life memperkenalkan nama magic mushroom

Mengenal 7 Fakta Unik Magic Mushroom si Jamur Halusinasi thedrugclassroom.com

Judul artikel yang ditulis Wasson bernama “Seeking the Magic Mushroom” (Berburu Jamur Ajaib). Wasson tidak memberi judul tersebut. Judul tersebut datang dari editor Life. Dari sanalah magic mushroom mulai dikenal dan diberikan istilah tersebut.

5. Subkultur hippie mulai mengenal ketenaran magic mushroom

Mengenal 7 Fakta Unik Magic Mushroom si Jamur Halusinasi nightflight.com

Wasson dan rekannya, Roger Heim, membawa pulang magic mushroom yang ditemukannya tersebut dari Meksiko. Jamur tersebut pun diekstrak oleh Albert Hoffmann yang dikenal sebagai “Bapak” LSD.

Semenjak itu magic mushroom mulai banyak dikonsumsi oleh orang Amerika, khususnya mereka yang masuk dalam pergerakan hippie. Mereka ingin mencari spiritualitas baru lewat barang tersebut.

6. Perubahan fungsi magic mushroom, mulai dari yang digunakan untuk mencari bentuk spiritualitas menjadi kesenangan belaka

Mengenal 7 Fakta Unik Magic Mushroom si Jamur Halusinasi matadornetwork.com

Penggunaan masif magic mushroom perlahan-lahan menghilangkan pemaknaannya. Orang-orang tak lagi mengingat untuk tujuan apa jamur tersebut digunakan dan hanya melihat bahwa ada efek menarik jika memakan magic mushroom.

Di sisi peneliti, magic mushroom dipelajari sedemikian rupa. Salah satu studi yang terkenal dilakukan oleh Timothy Leary. Dia menguji cobakan efek magic mushroom terhadap napi serta murid-murid Harvard yang baru lulus di era 1960.

7. Muncul larangan menggunakan magic mushroom, dan hanya diperbolehkan untuk penelitian saja

Mengenal 7 Fakta Unik Magic Mushroom si Jamur Halusinasi chemistryworld.com

Terdapat anggota fakultas yang tidak sepakat dengan kehadiran magic mushroom tersebut di kampus pada 1963. Mereka pun melakukan pelarangan terhadap eksperimen magic mushroom dan memecat Leary.

Barulah pada Oktober 1968, pemerintahan memberikan pelarangan terhadap penggunaan barang ini. Di akhir 1990, pelarangan itu dilonggarkan, memperbolehkan penggunaan magic mushroom asalkan digunakan untuk penelitian.

Seperti itulah sekelumit fakta magic mushroom. Apakah kamu sudah pernah mencoba magic mushroom selama ini? Jika belum, sebaiknya jangan mencobanya. Kamu bisa mendapatkan pengalaman luar biasa menakutkan jika sedang dalam situasi yang tidak enak pula. Kalaupun sudah pernah, sebaiknya juga tidak mengonsumsinya lagi karena dikatakan ada efek pada kesehatan.

Baca Juga: Ilmuwan Harvard Pecahkan Mitos Stres Penyebab Munculnya Uban

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya