Comscore Tracker

Belum Banyak Disadari, 10 Kemampuan Mata yang Amat Mencengangkan

Ada perempuan yang bisa mengenali 100 juta warna

Kamu patut bersyukur dibekali mata, organ luar biasa yang melekat di tubuh sejak lahir. Organ itu membuatmu melihat indahnya dunia, lebih canggih dari teknologi kamera mana pun di dunia.

Mata punya kemampuan melihat banyak hal di luar pemahaman kita. Berbagai temuan peneliti terkait indera penglihatan mengungkap banyaknya fenomena menarik yang belum benar-benar terjelaskan.

Simak di bawah ini fakta-fakta unik tentang mata.

Baca Juga: Mengenal 5 Zona Kedalaman Laut dan Hewan yang Mendiaminya

1. Mata mempengaruhi kreativitas seseorang

Belum Banyak Disadari, 10 Kemampuan Mata yang Amat Mencengangkangiphy.com

Pada 2017 para peneliti berupaya mengungkap apakah ada hal lain yang mampu mempengaruhi kreativitas seseorang. Mereka membuat percobaan dengan melihat warna, dan hasilnya cukup menarik.

Menurut peneliti, orang yang kreatif melihat dunia dengan cara berbeda. Sebab mereka cenderung fokus melihat perpaduan warna lebih lama. Sedangkan yang tidak kreatif cenderung mengalihkan perhatiannya di antara warna-warna.

2. Orang buta lebih sering bermimpi buruk

Belum Banyak Disadari, 10 Kemampuan Mata yang Amat Mencengangkangiphy.com

Orang buta yang kehilangan penglihatan semasa hidup bisa bermimpi di dalam tidurnya. Begitu pula orang yang terlahir buta, juga bisa bermimpi. Tapi mimpi mereka lebih dalam bentuk emosi, suara, dan sensasi.

Penelitian yang menyinggung soal itu menemukan bahwa orang buta punya frekuensi mimpi buruk lebih banyak. Fenomena itu dihubungkan dengan tingginya tingkat kesadaran untuk menghindari bahaya dan perasaan rentan.

3. Bayi lebih detail melihat semuanya

Belum Banyak Disadari, 10 Kemampuan Mata yang Amat Mencengangkangiphy.com

Pada 2016 peneliti Jepang melaksanakan riset, dengan menunjukkan foto kepada para bayi. Hasilnya, bayi melihat semua hal dengan sangat detail.

Hal itu karena dunia mereka masih baru dan otak mereka masih mencoba menentukan apa yang penting dan apa yang tidak. Fakta menarik adalah kemampuan ini dimiliki para bayi berumur tiga sampai empat bulan dan akan menghilang ketika masuk di usia lima hingga delapan bulan.

4. Penglihatan anak-anak mirip lumba-lumba

Belum Banyak Disadari, 10 Kemampuan Mata yang Amat Mencengangkantheaquaticape.org

Suku Moken adalah suku yang tinggal di kelautan daerah Thailand dan Laut Andaman. Kemampuan mereka membuat para peneliti penasaran. Mereka pun melakukan tes kepada anak-anak suku Moken.

Hasil dari tes itu mencengangkan. Anak-anak suku Moken mampu melihat dengan jelas di dalam air. Padahal untuk orang-orang Eropa, mereka mendapati penglihatan yang agak buram.

5. Perempuan yang melihat 100 juta warna

Belum Banyak Disadari, 10 Kemampuan Mata yang Amat Mencengangkangiphy.com

Sebenarnya mata manusia mampu melihat dan membedakan hingga satu juta warna. Mereka yang buta warna pun bahkan masih bisa membedakan 100 ribu warna.

Yang lebih mencengangkan, peneliti menemukan seorang perempuan Inggris yang mampu melihat 100 juta warna. Kemampuan itu dinamakan tetrachromat dan dianggap sebagai kemampuan penglihatan super. Diperkirakan hanya 12 persen populasi dunia ini yang berkemampuan tetrachromat.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kulit Manusia, Bisa Berubah Warna-warni?

6. Kebutaan hasil induksi gerakan

Belum Banyak Disadari, 10 Kemampuan Mata yang Amat Mencengangkanlightstalking.com

Mata manusia seperti kamera yang memiliki shutter speed yang lambat sehingga gerakan yang cepat tampak seperti sesuatu yang nge-blur. Fenomena itu dinamakan motion-induced blindness atau kebutaan hasil induksi gerakan. Peneliti mempercayai kemampuan ini berguna untuk menangkap gerakan dengan jelas dengan menghilangkan objek-objek yang mengganggu.

7. Ada kemampuan yang mampu mengatur ulang gerakan mata

Belum Banyak Disadari, 10 Kemampuan Mata yang Amat Mencengangkangiphy.com

Kemampuan itu dinamakan blink-associated resetting movement (BARM). Secara mudahnya BARM membuat otot-otot di mata kembali secara semula dan membuat otot mata tidak terpelintir.

8. Kemampuan melihat kalender

Belum Banyak Disadari, 10 Kemampuan Mata yang Amat Mencengangkangiphy.com

Kita semua melihat kalender di depan mata, tetapi satu persen populasi di dunia ini mampu melihat kalender di pikiran mereka. Kemampuan itu dinamakan sinestesia kalender.

Satu perempuan yang memiliki kemampuan ini mendeskripsikan bahwa dia melihat jadwal bulan di matanya dalam bentuk V. Ada pula yang mengatakan kalender itu muncul seperti lingkaran, yang mana bulan Desember selalu menembus dirinya.

9. Kita melihat infra merah

Belum Banyak Disadari, 10 Kemampuan Mata yang Amat Mencengangkangiphy.com

Penemuan di 2014 menunjukkan jika kita mampu melihat inframerah. Ada fakta yang dilaporkan jika sejumlah orang melihat kedipan hijau ketika menggunakan inframerah.

10. Melihat pola yang tidak dideteksi otak

Belum Banyak Disadari, 10 Kemampuan Mata yang Amat Mencengangkangiphy.com

Dinamakan gambar hantu, ini adalah pola gambar di dalam gambar lain dan umumnya hanya komputer yang bisa mengetahui hal ini. Ternyata gambar hantu juga bisa dilihat oleh manusia. Sayangnya otak kita tidak mampu memprosesnya hingga gambar tersebut hanya terlewat begitu saja.

Tidak habis pikir bukan kalau mata kita punya kemampuan seputar itu? Itu berarti sebenarnya masing-masing dari kita diberkahi kekuatan super.

Semisalnya jika ada kemampuan lebih, kemampuan mata apa yang kamu inginkan? Mengeluarkan laser? Melihat tembus pandang?

Baca Juga: Tanpa Zona Waktu, Simak 7 Fakta Unik dan Aneh Benua Antartika

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya