Viral Ambulans Makassar Tak Diberi Jalan, Pasien Meninggal

Polisi selidiki rekaman video yang beredar di media sosial

Makassar, IDN Times - Viral di media sosial, rekaman video pengakuan sopir ambulans di Makassar yang pasiennya meninggal saat hendak dibawa ke rumah sakit.

Menurut sopir, ambulans terjebak kemacetan di jalan. Dia sempat merekam detik-detik perjalanannya saat membawa pasien yang disebut masih bayi.

"Kami tidak dibukakan jalan, tidak ada tim escort (pengawal), pasien saya meninggal di atas mobil pengantaran dari Jalan Talasalapang menuju RS Daya," kata sopir, yang memperlihatkan video situasi kepanikan keluarga pasien di dalam ambulans.

Baca Juga: Pengawal Ambulans di Makassar Ditilang, Ini Alasan Polda

1. Polisi sementara selidiki sopir ambulans

Viral Ambulans Makassar Tak Diberi Jalan, Pasien MeninggalIlustrasi ambulans (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel telah menerima informasi itu. Kabarnya, peristiwa itu terjadi pada Minggu malam (17/1/2022). Namun sopir yang merekam kejadian itu masih ditelusuri identitasnya untuk mencari tahu lebih lanjut soal kejadian.

"Anggota sedang berupaya untuk mencari tahu mobil dan driver ambulans yang digunakan supaya bisa konfirmasi langsung," ucap Kepala Subdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP Erwin Syah dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/1/2022).

Erwin menyatakan pihaknya segera memferivikasi kebenaran informasi menyoal ada atau tidaknya tim pengawalan saat ambulans membawa pasien, sehingga terjebak macet. 

2. Polisi sayangkan ambulans tak bawa pasien ke rumah sakit terdekat

Viral Ambulans Makassar Tak Diberi Jalan, Pasien MeninggalIlustrasi rumah sakit (IDN Times/Arief Rahmat)

Di sisi lain, Erwin menyayangkan kejadian itu. Menurut dia, sopir ambulans seharusnya bisa berinsiatif untuk membawa pasien ke rumah sakit terdekat, ketimbang harus memaksakan diri melanjutkan perjalanan ke RS yang lebih jauh.

" Sehingga pasien bisa segera tertolong secara medis," kata Erwin.

Meski begitu, Erwin mengaku memahami bahwa dalam kondisi terdesak seperti itu, tim penolong biasanya hanya fokus dan berupaya secepat mungkin mengevakuasi pasien ke rumah sakit tujuan. Apalagi bila pasien dalam kondisi darurat.

3. Masyarakat yang butuh pertolongan bisa segera melapor ke kantor polisi terdekat

Viral Ambulans Makassar Tak Diberi Jalan, Pasien MeninggalTangkapan layar rekaman video ambulans di Makassar evakuasi pasien tak diberikan jalan/Istimewa

Menurut Erwin, kejadian seperti ini bisa menjadi pelajaran ke depan agar masyarakat yang membutuhkan pertolongan bisa melapor ke kantor polisi terdekat. Khususnya yang butuh pengawalan ambulans untuk membawa pasien.

"Tolong bersama-sama untuk berikan pencerahan sehingga masyarakat kita paham dan mengerti, (juga) penyedia jasa ambulans, pasien, rumah sakit dan lain-lain, agar bisa langsung komunikasi dengan pihak kepolisian untuk disiapkan pengawalan secara gratis," kata Erwin.

Baca Juga: Satu Lagi Remaja Tenggelam di Makassar Ditemukan Meninggal

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya