[UPDATE] Sulsel Tertinggi Nasional Penambahan Jumlah Pasien COVID-19

Bertambah 207, jumlah kasus positif corona Sulsel jadi 3.573

Makassar, IDN Times - Penyebaran wabah virus corona di Sulawesi Selatan, kembali mengalami peningkatan. Perkembangan data terbaru dari Kementerian Kesehatan RI, per Jumat (19/6) hari ini, kasus positif di Sulsel bertambah sebanyak 207 pasien.

Pertambahan kasus melonjak dibandingkan dengan sehari sebelumnya. Kamis (18/6) kemarin, jumlah kasus positif Sulsel hanya 3.366. Dengan pertambahan kasus yang tercatat hari ini, maka jumlah kasus akumulatif positif di Sulsel mencapai 3.573 orang.

Angka itu sekaligus mengantarkan Sulsel sebagai provinsi yang menduduki peringkat pertama pertambahan jumlah kasus positif harian dibandingkan daerah lainnya. Kendati begitu, pertambahan jumlah kasus positif sedikit dibarengi dengan total pasien sembuh.

Merujuk dalam data gugus tugas COVID-19 Sulsel, Kamis (18/9) pukul 22.22 WITA, pasien sembuh mencapai 1.089 orang. Pasien positif yang meninggal masih bertahan di angka 137 orang. Sementara data jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 7.029 dan pasien dalam pengawasan (PDP) 2.122 orang.

Kota Makassar di Sulawesi Selatan masih menjadi daerah yang paling mendominasi tiga kategori pasien dari 24 kabupaten/kota lainnya. ODP di Makassar mencapai 1.855, PDP 1.006 dan positif 2.006. Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, hari ini masih ada sejumlah provinsi yang jumlah kasusnya masih tinggi.

Yuri mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap taat dan patuh untuk menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Sederhananya seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

"Kembali lagi, bahwa protokol kesehatan adalah kunci. Untuk mengurangi jumlah infeksi di tengah masyarakat," kata Yurianto saat mengumumkan perkembangan jumlah kasus via BNPB TV di Youtube hari ini.

Baca Juga: Kasus Virus Corona di Sulsel Tinggi, JK: Jangan Anggap Enteng

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya