Ulama Makassar Meninggal saat Ceramah di Masjid

Video detik-detik meninggalnya beredar di medsos

Makassar, IDN Times - Sebuah rekaman video yang beredar di media sosial memuat detik-detik seorang pria meninggal di mimbar dalam masjid. Dalam video berdurasi 45 detik, terlihat detik-detik pria itu tumbang tak sadarkan diri.

Di akhir video nampak pria itu dipapah sejumlah orang. Belakangan diketahui bahwa pria itu merupakan ulama bernama KH Ruddin Emang. Dia meninggal saat tengah berceramah.

Baca Juga: Siswa Tunanetra di Makassar Tadarus dengan Alquran Braille, Khusyuk!

1. Meninggal dunia saat ceramah

Kejadian pada video yang beredar terjadi di Masjid Baiturrahman, Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin siang (26/4/2021). Tepatnya saat sesi ceramah usai salat zuhur.

Informasi itu dibenarkan kolega almarhum, yakni Wakil Ketua Muhammadiyah Makassar, Said Abdul Samad. Ruddin meninggal saat mengisi ceramah di masjid milik Muhammadiyah itu.

"Itu waktu isi ceramah salat zuhur meninggal. Di tengah ceramah beliau langsung jatuh," kata Said saat dihubungi IDN Times, Senin siang.

2. Almarhum merupakan ulama Muhammadiyah dan sesepuh masjid

Ulama Makassar Meninggal saat Ceramah di MasjidDok. IDN Times/Istimewa

Said mengatakan kabar duka itu dia ketahui dari informasi sesama pengurus Muhammadiyah. Informasi disertai dengan rekaman video yang beredar. "Makanya kalau kita lihat sama persis kejadiannya dengan yang di dalam video itu," ungkap Said. 

Almarhum, kata Said, hingga saat ini masih menjabat sebagai dewan penasehat pimpinan cabang Muhammadiyah Wilayah Tello Baru, Panakkukang, Kota Makassar.

"Beliau memang juga adalah sesepuh sebagai pengurus di masjid di situ," Said menerangkan.

3. Almarhum pensiunan dosen UIN Alauddin Makassar

Ulama Makassar Meninggal saat Ceramah di MasjidUIN Makassar/uin-alauddin.ac.id

Said mengatakan dia belum menerima informasi soal penyebab almarhum meninggal. Yang dia tahu, KH Ruddin Emang berusia lebih dari 70 tahun. Jenazah sudah dibawa ke rumah duka yang tidak jauh dari Masjid Baiturrahman.

Selain ulama Muhammadiyah, KH Ruddin Emang juga dikenal sebagai pensiunan dosen. Dia pernah mengajar di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Almarhum menyusul istrinya yang meninggal lebih dulu, satu bulan lalu.

Baca Juga: Mudahkan Jemaah, Masjid Al Markaz Sediakan Wadah Donasi Elektronik 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya