Tim SAR Temukan Pendaki Ketiga yang Meninggal di Gunung Bawakaraeng

Sempat diumumkan pencarian ditunda sementara

Makassar, IDN Times - Tim SAR gabungan berhasil menemukan jenazah Rian, pendaki yang meninggal dunia bersama dua rekannya di Gunung Bawakaraeng, Rabu (18/8/2021). Penemuan jasad korban tak lama setelah tim SAR mengumumkan penundaan pencarian.

"Korban ditemukan pukul 20.40 WITA sekitar 500 meter dari Pos 5 dalam keadaan meninggal dunia," kata Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis sesaat setelah korban ditemukan, Rabu malam.

1. Tim SAR masih sempat menyisir lokasi hilangnya korban

Tim SAR Temukan Pendaki Ketiga yang Meninggal di Gunung BawakaraengProses evakuasi pendaki di Gunung Bawakaraeng/Basarnas Sulsel

Djunaidi mengatakan, jenazah Rian ditemukan setelah anggotanya menyisir lokasi sesuai laporan yang diterima dari rekan korban bernama Wahyudi. Tim SAR lalu mengevakuasi jasad Rian lewat jalur lain pendakian.

"Korban langsung dievakuasi tim SAR gabungan menuju jalur evakuasi Bulu Balea dan akan dibawa ke Puskesmas Tinggimoncong untuk diserahkan ke pihak keluarga," ungkap Djunaidi.

2. Sempat ditinggalkan oleh rekannya di Pos 5

Tim SAR Temukan Pendaki Ketiga yang Meninggal di Gunung BawakaraengProses evakuasi pendaki meninggal dunia di Gunung Bawakaraeng/Basarnas Sulsel

Sebelumnya, korban Rian dikabarkan sudah ditemukan pada Rabu pulul 14.20 WITA. Namun setelah dikonfirmasi ke keluarga, ternyata korban yang dimaksud adalah Zaenal, teman rombongan Rian yang juga menjadi korban.

Hasil penelusuran aparat, terungkap bahwa ternyata jenazah Rian ditinggalkan oleh teman sesama pendaki di sekitar Pos 5. Berdasarkan kesaksian itu, tim SAR kembali bergerak untuk menyisir area yang disampaikan saksi.

"Korban atas nama Rian ditinggalkan di sekitar Pos 5 Gunung Bawakaraeng, karenanya SRU difokuskan untuk mencari di area yang diinformasikan jenazah Rian diletakkan," terang Djunaidi.

Baca Juga: Ini Identitas Dua Pendaki yang Meninggal di Gunung Bawakaraeng Gowa

3. Cuaca ekstrem dan ketidaksiapan pendaki

Tim SAR Temukan Pendaki Ketiga yang Meninggal di Gunung BawakaraengKepala Basarnas Sulsel Djunaidi. Dok. Basarnas Sulsel

Lebih lanjut kata Djunaidi, proses pencarian dan evakuasi berlangsung dramatis karena kondisi sudah gelap dan cuaca di wilayah Gunung Bawakaraeng yang ekstrem. Sebelumnya ketiga korban yang merupakan satu rombongan dinyatakan meninggal dunia dan dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan.

Korban pertama bernama Stiven Wiliam ditemukan di Pos 7, Zaenal ditemukan di antara Pos 5 dan 6, sementara jasad Rian ditemukan di sekitar Pos 5. Pendaki ini diduga tidak bisa bertahan karena mengalami hipotermia berat. "Cuaca ekstrem dan ketidaksiapan pendaki manjadi faktor penyebab," imbuh Djunaidi.

Baca Juga: Rayakan HUT RI, Dua Pendaki Meninggal di Gunung Bawakaraeng

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya