Tim SAR Temukan Jenazah Remaja Tenggelam di Pantai Takalar

Korban diduga terseret arus

Makassar, IDN Times - Tim SAR gabungan berhasil menemukan satu korban yang tenggelam di Pantai Gusung Indah, Desa Bontosunggu, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. 

Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi menyatakan, korban berinisial NJ (14) ditemukan pada Senin (15/2/2021) sekitar pukul 17.10 WITA.

"Korban meninggal dunia ditemukan sekitar 3 NM (Nautical Mile) dari pinggir pantai," kata Djunaidi dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis, Senin sore. 

1. Korban tenggelam karena terseret arus

Tim SAR Temukan Jenazah Remaja Tenggelam di Pantai TakalarIlustrasi pantai. IDN Times/Sunariyah

Korban NJ bersama rekannya AS dilaporkan tenggelam setelah terseret arus ombak pada Minggu, 14 Februari sekitar pukul 07.30 WITA. Petugas SAR dan warga di lokasi setempat pun langsung melakukan pencarian. Korban AS ditemukan selamat, sementara NJ tewas.

"Korban yang diketahui berenang berdua dengan temannya. Sempat juga AS tenggelam, namun berhasil diselamatkan oleh warga. Sayangnya temannya (NJ) tidak berhasil ditemukan," ungkap Djunaidi. 

2. Pencarian hari pertama sempat terkendala cuaca buruk

Tim SAR Temukan Jenazah Remaja Tenggelam di Pantai TakalarTim SAR gabungan mengevakuasi korban tenggelam di pantai/Basarnas Sulsel

Tim SAR gabungan sempat menunda sementara pencarian NJ akibat cuaca buruk. Terlebih, kondisi cuaca di sebagian besar daerah di Sulsel, termasuk Takalar, dilanda hujan lebat dan angin kencang dalam beberapa hari terakhir. 

Senin pagi tadi, proses pencarian lebih dari sehari itu kemudian berlanjut hingga tim SAR gabungan menemukan NJ. "Dikarenakan kondisi cuaca yang kurang mendukung, maka beberapa kali terhenti akibat hujan deras dan angin kencang," jelas Djunaidi. 

Baca Juga: Tim SAR Temukan 1 Siswa SMK Makassar yang Tewas Tenggelam

3. Korban ditemukan, operasi SAR ditutup

Tim SAR Temukan Jenazah Remaja Tenggelam di Pantai TakalarTim SAR gabungan mengevakuasi korban tenggelam di pantai/Basarnas Sulsel

Kedua remaja tenggelam teridentifikasi merupakan warga Bajeng, Kabupaten Gowa. Menurut informasi yang diterima Basarnas, keduanya sementara berakhir pekan di pantai. Namun, musibah menimpa mereka saat berenang. Kedua korban kini telah dikembalikan ke pihak keluarganya.

"Dengan ditemukannya korban tenggelam, maka operasi SAR kami tutup dan terima kasih banyak untuk teman-teman potensi yang telah membantu terlaksananya operasi," tutup Djunaidi.

Baca Juga: Jenazah Siswa SMK Makassar yang Tenggelam di Air Terjun Ditemukan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya