Tahanan di Makassar Kabur Lalu Ditangkap di Rumah Kebun 

Aparat menemukan tahanan tersebut hampir sebulan usai kabur

Makassar, IDN Times - Seorang tahanan kasus penyalahgunaan narkoba di Polsek Wajo melarikan diri dari sel, Desember 2021 lalu. Setelah hampir sebulan, dia akhirnya ditangkap kembali.

Tahanan berinisial IK (30), ditangkap Tim Operasional Polsek Wajo dibantu tim Polres Pelabuhan Makassar dan Resmob Polda Sulawesi Selatan. Dia diciduk di luar Makassar.

"Yang bersangkutan diamankan di rumah kebun di Kecamatan Duapitue, Kabupaten Sidrap," kata Komang dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis, Sabtu (8/1/2021).

Baca Juga: Tiga Jurus Kapolres Pelabuhan Makassar Redam Tawuran Warga

1. Tahanan kabur pada pertengahan Desember 2021

Tahanan di Makassar Kabur Lalu Ditangkap di Rumah Kebun Tahanan Polsek Wajo yang kabur saat ditangkap di Sidrap/Dok. Humas Polda Sulsel

Komang mengungkapkan, tahanan itu ditangkap kembali pada Jumat malam, 7 Januari 2022. Sebelumnya, selama sekitar satu bulan, petugas berupaya menelusuri keberadaan IK.

Tahanan yang merupakan warga Kecamatan Tamalate, Makassar, melarikan diri dari rumah tahanan Polsek Wajo pada pertengahan Desember 2021.

"Sampai saat ini, yang bersangkutan dalam proses pemeriksaan," ungkap Komang.

2. Ditangkap karena dugaan keterlibatan kasus narkoba

Tahanan di Makassar Kabur Lalu Ditangkap di Rumah Kebun Ilustrasi Narkoba (IDN Times/Sukma Shakti)

Komang mengatakan, tahanan itu ditangkap di sekitar Jalan Tentara Pelajar Makassar pada awal November 2021. Pria yang bekerja buruh harian itu ditangkap atas dugaan penyalahgunaan narkoba.

Saat kasusnya tengah diproses, tahanan itu memanfaatkan kelengahan petugas untuk melarikan diri dari sel tahanan Polsek Wajo. 

3. Polisi lanjutkan proses hukum tahanan yang kabur

Tahanan di Makassar Kabur Lalu Ditangkap di Rumah Kebun Ilustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Komang menerangkan, saat ini IK sementara diperiksa kembali. Pelaku masih ditahan di Posek Wajo sembari petugas melanjutkan proses hukumnya. 

Komang juga enggan menjelaskan lebih rinci mengapa tahanan itu bisa kabur dari sel tahanan.

Baca Juga: Pelajar Diduga Disiram Air Keras, Polisi: Tersengat Listrik

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya