Sulsel Unggulkan 4 Cabang Olahraga di Peparnas Papua

Kontingen Sulsel menyertakan 32 atlet difabel di Peparnas

Makasaar, IDN Times - Kontingen Sulawesi Selatan menyertakan 32 atlet difabel untuk berlaga pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua. Peparnas akan berlangsung pada 5 hingga 15 November 2021.

Ketua National Paralympic Commite (NPC) Sulsel Kandacong mengatakan, atlet Sulsel akan bertanding pada enam cabang olahraga.

"Atletik, bulutangkis, catur, panahan, renang, dan tenis meja kita bagi dua yang khusus tunantera dan wicara," kata Kandacong saat dihubungi IDN Times, Senin (1/11/2021).

Baca Juga: Menko Mahfud: Jangan Sampai Muncul Klaster COVID di Peparnas XVI Papua

Baca Juga: Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON Papua

1. Atlet di cabor lain juga berpeluang

Sulsel Unggulkan 4 Cabang Olahraga di Peparnas PapuaIlustrasi olahraga catur (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kandacong mengatakan, dari enam cabor yang diikukti, empat di antaranya merupakan cabor yang diunggulkan dalam Peparnas untuk meraih medali.

"Terutama di atletik, catur, renang, panahan. Kita berharapnya di situ bisa tampil maksimal," katanya.

Kandacong juga berharap agar atlet di cabor lainnya bisa memberikan penampilan terbaik agar mempersembahkan gelar untuk Sulsel.

"Intinya kita harus maksimalkan semua potensi di cabor lainnya. Khususnya atlet maupun dari pelatih yang membina," ucap Kandacong.

2. Hanya sebulan waktu persiapan atlet jelang Peparnas

Sulsel Unggulkan 4 Cabang Olahraga di Peparnas PapuaNPC Sulsel dalam pertemuan dengan Dispora Sulsel/NPC Sulsel

Kandacong mengakui persiapan sempat terkendala karena sempitnya waktu yang tersisa. Kontingen Sulsel, hanya memanfaatkan waktu kurang lebih sebulan untuk berlatih.

"Tapi Insyaallah, kita bisa lewati semua dan kita sudah ada di titik ini, untuk mewakili Sulsel," ujarnya.

Dia juga menekankan kepada jajaran kepelatihan setiap cabor untuk intens mengawasi kondisi fisik atlet agar tetap prima. "Yang paling utama juga saya pikir itu, karena bagaimana pun, fisik dan mental itu paling berpengaruh," ungkap Kandacong.

Kandacong bilang, pelepasan pemberangkatan atlet kontingen Sulsel berlangsung pada, Selasa, 2 November. Atlet juga rencananya akan diberangkatkan serentak pada, Rabu, 3 November dini hari.

"Insyallah mudah-mudahan lancar sampai Perparnas ini selesai," katanya.

3. Perhatian pemerintah lebih baik dibandingkan 2016

Sulsel Unggulkan 4 Cabang Olahraga di Peparnas PapuaIlustrasi Pulau Papua (IDN Times/Mardya Shakti)

Di sisi lain, Kandacong juga membandingkan kondisi Perparnas 2016 lalu di Bandung Jawa Barat dengan tahun ini. Menurut dia, saat ini perhatian pemerintah lebih baik dalam mendukung atlet difabel. 

"Makanya kami sangat mengapresiasi juga pemerintah karena suportnya. Makanya optimisme kami di tahun ini bisa mempersembahkan yang terbaik untuk Sulsel," katanya.

Perbedaan lainnya, kata Kandacong, adalah pengurangan cabor yang ikut serta. Sebelumnya, di Jawa Barat, Sulsel turun di sembilan cabang olahraga.

Baca Juga: Torang Bisa! Wujudkan PON XX dan Peparnas XVI Papua yang Aman

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya