Sempat Terdampak Pandemik, KONI Sulsel Tetap Target 10 Besar PON Papua

Persiapan KONI Sulsel terganggu sejak Maret

Makassar, IDN Times - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan, terus memantau kesiapan atlet di seluruh cabang olahraga untuk persiapan PON XX Papua 2021, pada Oktober mendatang. Pemantauan berkala untuk memastikan semua kebutuhan para atlet terpenuhi.

"Itu (persiapan) sudah kita lakukan sampai sekarang, sebelum pemberangkatan dan sudah saya sampaikan terus kepada tim pelatihnya agar atlet kita harus bisa kerja keras lagi dan lebih maksimal karena kita punya target," kata Ketua KONI Sulsel, Ellong Tjandra kepada IDN Times saat dihubungi, Jumat (10/9/2021).

1. KONI Sulsel optimistis semua hambatan bisa dilalui

Sempat Terdampak Pandemik, KONI Sulsel Tetap Target 10 Besar PON PapuaKetua KONI Sulsel Ellong Tjandra (tengah). Dok. IDN Times/Istimewa

Selain pemantauan kondisi para atlet, Ellong mengaku KONI Sulsel intens berkomunikasi dengan tim pelatih di semua cabor untuk memantapkan kondisi fisik dan mental para atlet. Menurut Ellong, persiapan di awal proses pembinaan memang sempat terganggu sejak Maret 2020 lalu akibat pandemik COVID-19.

"Jadi untuk tahun ini di bulan-bulan menjelang pelaksanaan (PON) memang kita tekankan saja untuk fokus. Di mana proses pembinaan yang sebelumnya kan kita sudah lalui, kemudian menyesuaikan dengan kondisi seperti sekarang ini," imbuh Ellong.

Ellong bilang, tim pelatih dan para atlet Sulsel mesti memaksimalkan sisa waktu yang ada sebelum diberangkatkan menuju PON Papua. "Makanya kan, kita di KONI ini tidak mau lagi ada hambatan untuk atlet-atlet. Kita kasih tahu pelatihnya sampaikan memang apa-apa yang jadi kendala supaya bisa cepat diselesaikan," tegasnya.

2. Sejumlah kekhawatiran KONI Sulsel selain karena pandemik COVID-19

Sempat Terdampak Pandemik, KONI Sulsel Tetap Target 10 Besar PON PapuaSejumlah atlet kontingen Sulsel ketika sedang jalani tes fisik, kesehatan dan psikologi untuk PON XX Papua yang digelar oleh KONI Sulsel, Selasa (9/3/2021). (Dok. Humas KONI Sulsel)

Di sisi lain, Ellong juga mengungkapkan sejumlah kekhawatiran untuk atlet kontingen Sulsel. Di antaranya, kondisi geografis Papua yang berbeda dengan daerah lainnya hingga kondisi kesehatan. "Kemudian juga mungkin kondisi kesehatan, misalnya kan kita antisipasi jangan sampai malaria juga," ujarnya.

Kendati begitu, Ellong yakin bahwa fisik para atlet bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada di sana. Dia menegaskan, kesiapan fisik mesti diasah sedini mungkin. "Kita forsir di latihannya. Supaya saat di sana, kita bisa tetap bugar dan prima sampai saat pulang kembali," terangnya.

Selain itu, kata Ellong, persoalan yang tak kalah pentingnya adalah para atlet jangan sampai terbebani dengan target yang ditekankan. KONI Sulsel manargetkan 10 besar perolehan medali untuk kontingen Sulsel. "Kita tidak mau kalau atlet ini merasa berat. Intinya, latihan maksimal, maka hasil yang didapatkan juga akan maksimal," ucapnya.

Baca Juga: Pertina Sulsel Lepas Petinju ke PON Papua dengan target Emas

3. Prestasi masa lalu jadi motivasi untuk PON Papua

Sempat Terdampak Pandemik, KONI Sulsel Tetap Target 10 Besar PON PapuaSejumlah orang berpakaian adat nusantara menari di halaman Kantor Gubernur Papua, Sabtu (19/6/2021). Jelang 105 hari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 edisi Kota Jayapura di tandai pemukulan tifa, pelepasan balon lampion ke udara, tarian nusantara. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Lebih lanjut kata Ellong, motivasi lain yang diberikan kepada atlet adalah prestasi yang pernah diraih Sulsel di PON sebelumnya. Ellong bilang mulai tahun 1984 hingga 2012, Sulsel tak pernah tersingkirkan dalam peringkat 10 besar perolehan medali. "Walaupun yah di 2016 kita sempat turun," ucapnya.

Pada PON 2016 di Jawa Barat, Sulsel berada pada peringkat 12 perolehan medali. Hanya saja dia tak ingin menyinggung lebih jauh persoalan kegagalan Sulsel saat itu. "Intinya kita sekarang berbenah kembali. Dan saya percaya Insyallah, kita bisa capai target 10 besar di (PON) Papua tahun ini," imbuhnya menyudahi.

Baca Juga: Optimisme Ayu, Satu-satunya Atlet Panahan Sulsel untuk PON Papua

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya