Tiga Hari Hilang Misterius, Pendaki Gunung Abbo Maros Ditemukan

Eva sempat hilang selama tiga hari di gunung Abbo Maros

Makassar, IDN Times - Tim SAR gabungan berhasil menemukan Eva, mahasiswi yang sempat dikabarkan hilang selama tiga hari di kawasan Gunung Leang-Leang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Menurut laporan yang diterima Basarnas Makassar, wanita 24 tahun itu bersama beberapa rekannya mendaki di Gunung Abbo, Kelurahan Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, sejak Minggu, 6 Juni 2021 siang.

"Alhamdulillah telah ditemukan sekitar pukul 16.00 WITA, tadi telah ditemukan dalam kondisi selamat," kata Kepala Basarnas Makassar Djunaidi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/6/2021).

1. Hilang sesaat setelah pamit buang air kecil

Tiga Hari Hilang Misterius, Pendaki Gunung Abbo Maros DitemukanProses evakuasi mahasiswi yang hilang 3 hari di Gunung Abbo, Leang-leang, Maros/ACT Sulsel

Djunaidi mengungkapkan, berdasarkan keterangan rekannya, Eva tidak kembali sesaat setelah pamit untuk buang air pada Minggu siang. Saat itu dia meninggalkan rekannya di sekitar perkemahan.

"Hilang tak lama setelah pamit buang air kecil tak jauh dari lokasi perumahan warga (sekitar gunung)," kata Djunaidi.

Rekan korban yang berada di lokasi langsung memeriksa tempat korban pamit terakhir kali di sekitar sungai, namun hanya ditemukan sandal milik korban.

2. Diawali dengan penemuan jaket korban

Tiga Hari Hilang Misterius, Pendaki Gunung Abbo Maros DitemukanProses pencarian dan evakuasi mahasiswi yang hilang 3 hari di Gunung Abbo, Leang-leang, Maros/Basarnas Makassar

Tim SAR gabungan bersama warga setempat sempat menghentikan sementara proses pencarian di hari pertama korban dilaporkan hilang. Saat itu pencarian dilaksanakan petang hingga malam hari.

Memasuki hari kedua, korban belum juga ditemukan. Tepat di Rabu, hari ketiga ini, sekitar 150 orang dari tim SAR gabungan kembali berupaya mencari korban. Pencarian maksimal akhirnya membuahkan hasil. Djunaidi menyebut Eva ditemukan tidak jauh dari lokasi awal hilang di sekitar gunung.

"Diawali dengan tanda-tanda penemuan jaket. Akhirnya ditemukan dan sudah dievakuasi untuk diserahkan ke pihak keluarganya," jelas Djunaidi.

Baca Juga: Viral Seekor Lumba-lumba Tersesat Masuk Empang Warga di Maros

3. Naik gunung untuk membahas organisasi yang akan dibentuk

Tiga Hari Hilang Misterius, Pendaki Gunung Abbo Maros DitemukanProses pencarian dan evakuasi mahasiswi yang hilang 3 hari di Gunung Abbo, Leang-leang, Maros/Basarnas Makassar

Basarnas Makassar menerima laporan dari sejumlah rekan korban yang lebih dulu melaporkan kejadian tersebut kepada warga sekitar. Eva bersama rekan-rekannya diketahui mendaki sejak Sabtu, 5 Juni 2021.

"Berdasarkan informasi, Eva bersama dengan kesembilan temannya berada di Gunung Abbo, untuk membahas tentang organisasi yang akan mereka buat," jelas Djunaidi.

Djunaidi mengimbau, agar pegiat alam bebas tetap meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas. Utamakan keselamatan dan membawa perlengkapan penting saat berkegiatan.

Baca Juga: Tim SAR Evakuasi Pendaki Jatuh di Jurang Gunung Lompobattang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya