Sebagian Warga Makassar Keluhkan Kelangkaan Tabung Gas Elpiji 3 Kg

Kelangkaan terjadi sepekan belakangan

Makassar, IDN Times - Sejumlah warga di Kelurahan Bongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, mengeluhkan kondisi kelangkaan tabung gas elpiji 3 kilogram. Kesusahan mendapatkan tabung gas mini sudah hampir terjadi selama sepekan. 

"Kalau mau dapat, minimal pergi di kelurahan lain. Itu pun bagus kalau dapat, hari itu juga," kata Irma, salah satu ibu rumah tangga di Jalan Mappaodang, Bongaya, Tamalate, Makassar, Jumat (18/9/2020).

1. Tabung elpiji 3 kilogram dititip ke pengecer hingga 3 hari

Sebagian Warga Makassar Keluhkan Kelangkaan Tabung Gas Elpiji 3 KgDok. Pertamina

Irma mengaku, beberapa hari lalu pernah menitipkan tabung gas kosong di salah satu pengecer di dekat rumahnya selama tiga hari. Hari keempat, dia baru bisa mendapat tabung gas yang sudah terisi. "Terpaksa pakai kompor minyak tanah sementara," ucapnya.

Ibu dua anak ini mengaku, kelangkaan gas seperti ini tiba-tiba saja terjadi. Biasanya mudah saja memperoleh tabung gas untuk persediaan kurang dari dua minggu. "Tidak tahu kenapa susah sekali akhir-akhir ini dapat tabung gas," ungkapnya.

2. Harga tabung elpiji 3 kilogram naik dari biasanya

Sebagian Warga Makassar Keluhkan Kelangkaan Tabung Gas Elpiji 3 KgIlustrasi IDN Times. Dok Pribadi

Warga lainnya, Amelia mengatakan, selain langka, harga tabung gas elpiji 3 kilogram tiba-tiba naik. Dari yang biasanya Rp18 sampai Rp20 ribu, kini menjadi Rp24 ribu per tabung. "Mungkin karena faktor susah didapat ini atau bagaimana. Kita juga heran," ucapnya.

Sama dengan Irma, Amelia mengaku kadang kala memasak menggunakan kompor minyak tanah, sembari menunggu tabung elpiji 3 kilogram bisa ditukarkan kembali ke pengecer. "Kalau saya, pertama mau beli eh ternyata habis. Kedua kalianya, mau beli lagi harus keliling dulu dicari," ungkapnya.

Baca Juga: Kasus Bocah di Makassar Ditukar Tabung Gas, Pelaku Belum Ditangkap

3. Harga naik karena pengecer mesti menunggu antrean berhari-hari

Sebagian Warga Makassar Keluhkan Kelangkaan Tabung Gas Elpiji 3 KgIlustrasi tabung gas (LPG) 3 kilogram subsidi Pertamina. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Terpisah, salah satu agen sekaligus pengecer tabung gas di Jalan Andi Mangerangi, Bongaya, Tamalate, Idul, mengakui kelangkaan gas sudah terjadi selama sepekan belakangan ini. "Kita juga tidak mengerti kenapa tiba-tiba langka begini. Makanya biasa orang mau beli bertanya juga," ucapnya.

Idul mengaku, terpaksa menaikkan harga tabung elpiji 3 kilogram karena untuk mendapatkannya langsung dari distributor di atasnya, dia harus menunggu berhari-hari. Saat ini tabung elpiji 3 kilogram dijual dengan harga Rp24 ribu. "Tidak di sini saja yang naik. Di tempat lain juga barangkali dikasih naik," imbuhnya menyudahi.

Baca Juga: Polisi Kejar Penculik Bocah yang Ditukar Tabung Gas di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya