Rute Pelayaran dari Pelabuhan Makassar yang Diprediksi Padat Pemudik

Tujuan pelabuhan Bajo di Bima hingga Tanjung Perak Surabaya

Makassar, IDN Times - PT Pelni Cabang Makassar mengantisipasi lonjakan arus mudik jelang lebaran Idul Fitri 2022 dengan menyiapkan 14 unit kapal laut. Kapal melayani penumpang dengan banyak rute ke sejumlah wilayah. Khususnya Indonesia Timur.

"14 unit itu sudah siap dan sudah beroperasi dan tidak ada penambahan lagi (kapal)," kata Kepala Cabang PT Pelni Makassar, Hariyanto Sembiring saat dihubungi IDN Times, Senin (25/4/2022).

1. Penumpang rute Labuan Bajo-Bima

Rute Pelayaran dari Pelabuhan Makassar yang Diprediksi Padat PemudikPT. Pelni Cabang Makassar. IDN Times/Aan Pranata

Hariyanto mengatakan, dari pengalaman beberapa tahun sebelumnya, kepadatan pemudik biasanya terjadi dari dan ke Pelabuhan Bajo, Bima, Nusa Tenggara Barat. "Frekuensi penumpang akan meningkat di daerah itu," ucapnya.

Untuk rute pemberangkatan lain yang diprediksi padat penumpang adalah, dari Makassar ke Surabaya. "Jadi hampir tiap tahun seperti itu (kondisinya) di rute-rute itu. Apalagi baru tahun ini kan mudik baru bisa," jelas Hariyanto.

Selebihnya, rute Balikpapan dan Kota Baubau (Sulawesi Tenggara) juga diperkirakan padat. Namun, intensitasnya berbeda dengan tujuan Pulau Jawa. Kendati begitu, Hariyanto menjamin kapal siap menampung seluruh pemudik.

2. Sepekan jelang lebaran arus mudik di Pelabuhan Makassar masih lengang

Rute Pelayaran dari Pelabuhan Makassar yang Diprediksi Padat PemudikIDN Times/Aan Pranata

Menurut Hariyanto, antusiasme masyarakat untuk mudik Lebaran tahun 2022 ini seiring dengan dilonggarkannya aturan dari pemerintah. Sebelumnya, pemerintah melarang masyarakat mudik untuk mencegah penularan COVID-19.

Hariyanto mengatakan, pihaknya terus memantau kondisi kepadatan arus mudik dari luar dengan tujuan Makassar. "Begitu juga sebaliknya. Kalau untuk sepekan ini (jelang lebaran) belum ada kepadatan" ucapnya.

Baca Juga: Pelni Makassar Siapkan 14 Unit Kapal Penumpang untuk Mudik Lebaran

3. Lonjakan pemudik diprediksi H-4 Lebaran

Rute Pelayaran dari Pelabuhan Makassar yang Diprediksi Padat PemudikIlustrasi. Anak buah kapal beraktivitas di dekat KM Lambelu yang bersandar di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (6/5/2021). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Hariyanto memperkirakan, peningkatan pemudik terjadi pada minus empat hingga tiga hari sebelum lebaran. Dia sebelumnya, memprediksi kepadatan sepekan sebelum lebaran. "Belum begitu kelihatan (padat) kalau sekarang-sekarang ini," terangnya.

Hariyanto menambahkan, sepekan terakhir, pemudik dari luar Makassar sudah mulai masuk. "Dua hari terakhir itu dari Kalimantan, tujuan Pelabuhan Parepare, sekitar 200-an orang mudik datang. Kalau kita di sini (Pelabuhan Makassar) belum," imbuhnya.

Baca Juga: ASN Makassar Diingatkan Tidak Mudik Pakai Mobil Dinas

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya