PSBB di Makasar Dilonggarkan dan Mall Buka? Ini Kata Nurdin Abdullah

Banyak pelaku usaha minta agar PSBB dilonggarkan

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengklarifikasi informasi yang beredar terkait pembukaan kembali mal di Kota Makassar di tengah penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Informasi itu dinilai keliru, mengingat saat ini pemerintah mengajinya.

"Saya juga ingin meluruskan pemberitaan mengenai mal di Makassar yang akan dibuka. Hal ini masih dalam kajian dan belum ada keputusan konkrit, apalagi Makassar sementara PSBB," kata Nurdin dalam keterangan persnya, Sabtu (16/5).

Baca Juga: PSBB Makassar Resmi Diperpanjang, Aturan dalam Perwali Tak Berubah

1. Pemilik usaha dalam mal minta pelonggaran PSBB

PSBB di Makasar Dilonggarkan dan Mall Buka? Ini Kata Nurdin AbdullahGubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat pelantikan Pj Wali Kota Makassar di Kantor Wali Kota Makassar, Rabu (13/5). Humas Pemprov Sulsel

Nurdin mengaku banyak menampung keluhan dari pemilik usaha yang ada dalam mal. Kata Nurdin, mereka meminta agar PSBB tahap dua ini ada sedikit pelonggaran. Khususnya terkait aktivitas masyarakat di pusat perbelanjaan modern tersebut.

Di sisi lain, permintaan itu dilayangkan karena pemilik menggap banyak karyawan mereka yang sebelumnya sempat dirumahkan, kini membutuhkan kembali pekerjaan.

"Hal ini mengingat usaha mereka sudah tutup hampir dua bulan. Dan berdampak terhadap banyaknya karyawannya," ungkap Nurdin.

2. Nurdin Abdullah tegaskan tidak ada pelonggaran PSBB

PSBB di Makasar Dilonggarkan dan Mall Buka? Ini Kata Nurdin AbdullahANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Per hari ini, PSBB tahap dua Kota Makassar telah berjalan sembilan hari, sejak diperpanjang Jumat (8/5) lalu. PSBB baru akan berakhir, Jumat (22/5) mendatang. Nurdin menegaskan tidak ada pelonggaran sepanjang PSBB saat ini.

Pembatasan tetap berlaku sama terhadap aktivitas warga dan beragam kegiatan lainnya yang dianggap berpotensi menimbulkan kerumunan. Ada pun unit usaha yang beroperasi hanya diperuntukan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam PSBB, khususnya kebutuhan pokok.

"Jadi saya tegaskan sekali lagi, pelonggaran PSBB tidak akan kita lalukan jika tren peningkatan pasien COVID-19 masih sangat terjadi," kata mantan Bupati Kabupaten Bantaeng itu.

3. Nurdin Abdullah tidak ingin kondisi ekonomi ikut terdampak COVID-19

PSBB di Makasar Dilonggarkan dan Mall Buka? Ini Kata Nurdin AbdullahGubernur Sulsel Nurdin Abdullah. IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, Nurdin menjelaskan jika upaya ini sebagai bentuk dukungan dari kebijakan Pemerintah Kota Makassar yang sudah memperpanjang PSBB. Sebagai gubernur, Nurdin mengaku sangat memahami kerinduan masyarakat untuk kembali beraktivitas normal.

Pemerintah melalui tim gugus tugas, kata Nurdin, terus bekerja keras dan terus mengingatkan masyarakat agar mengikuti anjuran protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran COVID-19. Di antaranya seperti, menerapkan jaga jarak fisik, penggunaan masker, dan rajin cuci tangan.

"Sampai saat ini telah banyak saudara-saudara kita terpapar COVID-19, namun kita berusaha sekuat tenaga agar ekonomi kita tidak ikut terpapar. Dan harapan yang ada adalah Sulsel segera terbebas dari COVID-19," ujarnya.

Baca Juga: Sebab Pandemik di Sulsel Belum Bisa Segera Tuntas

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya