Pria Ini Jadi Polisi Gadungan untuk Pamer ke Teman Sekolah

Si polisi gadungan diciduk ayah temannya yang anggota Brimob

Makassar, IDN Times - Petugas Polsek Moncongloe, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, menangkap seorang pria yang kedapatan menyamar menjadi polisi gadungan. Kedok pria berinisial AA (27 tahun) itu terbongkar saat berjumpa teman lama di BTN Asabri, Kelurahan Moncongloe Lappara, Kamis (19/11/2020).

Kapolsek Moncongloe Ipda Rahmat mengatakan, AA yang mengenakan seragam anggota Polri ketahuan saat mengunjungi rumah teman wanitanya. Yang menciduk tidak lain ayah temannya yang merupakan anggota Brimob.

"Dilihat sama bapaknya temannya ini yang anggota juga, dari Brimob. Akhirnya setelah ditanya, baru langsung diamankan ke sini," kata Kapolsek saat dihubungi IDN Times, Kamis.

Baca Juga: Polisi dan BNN Gadungan Ditangkap, Peras Korban Modal Senpi Mainan

1. Pelaku berseragam polisi untuk pamer

Pria Ini Jadi Polisi Gadungan untuk Pamer ke Teman SekolahPolisi gadungan ditangkap petugas Polsek Moncongloe, Maros. IDN Times/Polsek Moncongloe

Rahmat mengatakan, kepada polisi, AA mengaku nekat mengenakan seragam dan atribut Polri untuk pamer. Dia menggunakannya untuk bertemu teman-teman lamanya di sekolah. AA diketahui pernah tinggal di BTN Asabri Moncongloe sekitar tujuh tahun lalu, sebelum pindah ke Kabupaten Gowa.

"Ceritanya ini mau ketemu-ketemu semua sama teman SD-nya. Makanya datang kembali ke Asabri, terus lengkap dengan seragam polisi," ucap Rahmat.

Teman AA sebenarnya sudah curiga. Sebab AA yang mengaku polisi datang memakai seragam dengan atribut berpangkat Bripka. Nama pada seragam juga berbeda, yakni Hasbi.

"Makanya temannya ini heran," ungkap Rahmat.

2. AA memakai seragam milik temannya secara diam-diam

Pria Ini Jadi Polisi Gadungan untuk Pamer ke Teman SekolahPolisi gadungan ditangkap petugas Polsek Moncongloe, Maros. IDN Times/Polsek Moncongloe

Rahmat mengatakan, seragam polisi yang dipakai AA merupakan milik anggota Polri yang bertugas di Polsek Barombong, Gowa. Seragam itu dipakai secara diam-diam, alias tanpa sepengetahuan si teman. 

"Kan ceritanya sudah akrab sama ini anggota barangkali," ujar Rahmat

Di hadapan petugas, pelaku mengaku bekerja sebagai office boy. Dia mengambil pakaian tersebut, saat temannya meninggalkan kamar. 

"Karena akrab makanya biasa masuk ke tempat tinggalnya ini anggota," Rahmat menerangkan.

3. Polisi selidiki motif selain pamer

Pria Ini Jadi Polisi Gadungan untuk Pamer ke Teman SekolahPolisi gadungan ditangkap petugas Polsek Moncongloe, Maros. IDN Times/Polsek Moncongloe

Rahmat menyebut AA kini ditahan di Polsek Moncongloe. Polisi menyelidiki soal kemungkinan motif lain dia menggunakan atribut Polri, selain untuk tujuan pamer.

Polsek Moncongloe juga tengah berkoordinasi dengan Polsek Barombong Gowa untuk memeriksa anggota Polri yang pakaiannya digunakan oleh polisi gadungan.

"Kita sementara tunggu juga laporan resminya. Jadi pelakunya masih kita tahan," kata Rahmat.

Baca Juga: 9 Kecamatan di Maros Rawan Bencana saat Musim Hujan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya