Polrestabes Makassar Jamin Keamanan 13 Vihara saat Hari Raya Waisak

Pengamanan untuk mencegah gangguan

Makassar, IDN Times - Polrestabes Makassar menyiagakan seratus lebih personel untuk mengamankan perayaan Waisak, Rabu (26/5/2021). Petugas kepolisian disebar di setiap rumah ibadah umat Buddha di Kota Anging Mammiri.

"Jumlah keseluruhan 150 orang personel kita kerahkan di 13 vihara yang terdapat dalam wilayah hukum Polrestabes Makassar," kata Kabag Ops Polrestabes Makassar, Kompol Nugraha Pamungkas kepada jurnalis, Rabu siang.

1. Pengamanan untuk menjamin kelancaran ibadah umat Buddha

Polrestabes Makassar Jamin Keamanan 13 Vihara saat Hari Raya WaisakIlustrasi. Apel gelar pasukan Operasi Lilin 2019 Pengamanan Nataru di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis (19/12) / Istimewa

Nugraha menjelaskan, aparat bertugas menjaga dan melaporkan situasi keamanan dari seluruh rumah ibadah. Mereka bertanggung jawab mencegah terjadinya gangguan dalam bentuk apapun.

"Tetap kita siagakan personel-personel lainnya. Personel yang berjaga di setiap vihara itu ada sekitar 10 orang," tegas mantan Wakil Kepala Polres Pelabuhan Kota Makassar ini. 

2. Selain pengamanan, petugas juga pantau penerapan prokes

Polrestabes Makassar Jamin Keamanan 13 Vihara saat Hari Raya WaisakPolisi memantau kondisi keamanan ibadah Waisak di Makassar/Polrestabes Makassar

Lebih lanjut kata Nugraha, selain bertugas memantau keamanan saat pelaksanaan ibadah, petugas juga membantu tim Satgas COVID-19 untuk memastikan penegakan aturan tentang protokol kesehatan. 

Selain itu, kepolisian juga berkoordinasi dengan aparat lainnya, seperti TNI dan Satpol PP lingkup Kota Makassar untuk pengawasan keamanan dan prokes, hingga ibadah selesai dilaksanakan.

Baca Juga: Kapolri Putuskan 14 Polsek di Sulsel Tidak Bisa Menyidik

3. Kesiapan pengamanan mulai berjalan sehari sebelum hari Waisak

Polrestabes Makassar Jamin Keamanan 13 Vihara saat Hari Raya WaisakPolisi memantau kondisi keamanan ibadah Waisak di Makassar/Polrestabes Makassar

Operasi pengamanan vihara di Makassar mulai digelar Selasa, 25 Mei malam kemarin. Kompol Nugraha bersama Kasat Sabhara Kompol Wahyu Basuki didampingi Kapolsek Makassar Kompol Andriyani Lilikay, mengunjungi Vihara Girinaga di Jalan Gunung Salahutu. 

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memantau jalannya ibadah umat Buddha dalam perayaan Waisak. Menurut Adriyani, kunjungan ini sekaligus untuk mengecek kesiapan seluruh personel pengamanan dalam melaksanakan tugas. 

"Pengecekan personel pengamanan untuk memastikan kesiapan dalam mengantisipasi dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan selama pelaksanaan perayaan hari raya Waisak," imbuh Adriyani.

Baca Juga: Lari dari Tugas, Dua Anggota Polrestabes Makassar Masuk DPO

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya