Polisi Temukan Tanda kekerasan pada Mayat Terbakar di Maros

Diduga pria misterius itu sudah meninggal sebelum terbakar

Makassar, IDN Times - Tim Forensik Bidokkes Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan selesai mengautopsi mayat yang ditemukan terbakar di Desa Padaelo, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros.

Mayat ditemukan warga dalam posisi terlentang di tepi jalan, pada Jumat pagi, 11 Juni 2021. Sejauh ini belum diketahui identitas pria misterius itu.

"Proses autopsi selama tiga jam. Kesulitannya karena memang luka bakar di tubuh korban ini 100 persen," kata Dokter Forensik Deni Mathius, Sabtu (12/6/2021).

Baca Juga: Dikira Sampah, Warga Maros Temukan Mayat Hangus di Tepi Jalan

1. Ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh mayat

Polisi Temukan Tanda kekerasan pada Mayat Terbakar di MarosMayat hangus ditemukan tergeletak di pinggir jalan di Mallawa, Maros, Sulsel/Polres Maros

Deni mengatakan, Bidokkes Polda Sulsel menerima permintaan autopsi jenazah dari Polsek Mallawa dan Polres Maros pada hari yang sama penemuan. Dari autopsi kemudian ditemukan sejumlah fakta.

"Hampir seluruh tubuh terbakar. Kami juga mendapatkan petunjuk yang mengarah ke adanya tindakan kekerasan," katanya.

2. Dokter menduga korban sudah meninggal sebelum terbakar

Polisi Temukan Tanda kekerasan pada Mayat Terbakar di MarosDokter Forensik Bidokkes Polda Sulsel/Istimewa

Deni menyampaikan, ada dugaan bahwa korban sudah meninggal sebelum terbakar. Kemungkinan pria itu sudah meninggal dua atau tiga hari sebelum ditemukan hangus.

"Itu sudah terjadi proses pembusukan," ujarnya.

Jenazah berjenis kelamin laki-laki itu diperkirakan berusia antara 16 sampai 25 tahun. "Kita juga masih mencari data primer dan data sekunder untuk mengarahkan dan menentukan identitas dari korban ini," kata dia.

3. Beberapa sampel di tubuh korban masih diteliti

Polisi Temukan Tanda kekerasan pada Mayat Terbakar di MarosBidokkes Polda Sulsel/Istimewa

Lebih lanjut, kata Deni, untuk melancarkan proses identifikasi, tim laboratorium forensik mengambil sampel tubuh korban.

"Baik DNA dan beberapa properti-properti lainnya."

Warga Bukit Tompo Ladang, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, digegerkan penemuan mayat di pinggir jalan, Jumat pagi (11/6/2021). Mayat itu dalam kondisi hangus terbakar.

Kapolres Maros AKBP Musa Tampubolon mengatakan mayat itu pertama kali ditemukan warga yang sehari-hari bekerja sebagai pemandu mobil truk di tanjakan setempat.

"Sekitar pukul 04.30 WITA, kondisi mayat terbakar tanpa identitas," kata Musa dalam keterangan tertulisnya kepada IDN Times, Jumat siang.

Baca Juga: Tiga Hari Hilang Misterius, Pendaki Gunung Abbo Maros Ditemukan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya