Polisi Tangkap 16 Orang terkait Demo Ricuh di Pettarani

Diduga pelaku perusakan kantor dan ambulans NasDem

Makassar, IDN Times - Petugas Reserse Kriminal Polsek Rappocini, Kota Makassar, menangkap 16 orang terkait demonstrasi penolakan Undang-Undang Cipta kerja yang berlangsung ricuh di Jalan AP Pettarani, Kamis malam 22 Oktober 2020.

Di tengah demo tersebut, massa kalangan mahasiswa terlibat bentrok dengan sekelompok warga. Sejumlah orang tak dikenal kemudian merusak Kantor DPC Partai NasDem Makassar dan membakar ambulans berlogo partai itu.

"Awalnya ditangkap 13 orang. Bertambah tiga saat anggota menyisir (lokasi) setelah bentrok," kata Kepala Unit II Reskrim Polsek Rappocini Ipda Nurman dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga: Demo di Makassar, Ambulans NasDem Terbakar, Kapolda Yakin Ada Penyusup

1. Sepuluh mahasiswa yang ditangkap berasal dari tiga kampus berbeda

Polisi Tangkap 16 Orang terkait Demo Ricuh di PettaraniDemo tolak Omnibus Law di Makassar berunjung bentrok dengan warga. IDN Times/Istimewa

Nurman mengatakan, dari 16 orang yang ditangkap , sepuluh di antaranya merupakan mahasiswa. Mereka berasal dari tiga perguruan tinggi di Makassar.

Selain mereka, ada dua orang yang ditangkap berstatus pelajar. Sedangkan empat orang lainnya antara lain merupakan tukang parkir, karyawan swasta, dan pengangguran. Polisi menduga di antara mereka yang ditangkap ada pelaku perusakan kantor dan fasilitas NasDem.

2. Polisi sita sejumlah barang bukti perusakan

Polisi Tangkap 16 Orang terkait Demo Ricuh di PettaraniDemo tolak Omnibus Law di Makassar berunjung bentrok dengan sekelompok orang tak dikenal. Dok. IDN Times/Istimewa

16 orang yang ditangkap kini ditahan di Polrestabes Makassar. Mereka diinterogasi terkait demonstrasi yang berujung bentrok dan perusakan kantor Partai NasDem.

Dari lokasi, polisi menyita sejumlah barang yang terkait perusakan. Misalnya kaca jendela yang pecah, serta sejumlah kendaraan yang terparkir di halaman kantor.

"Dari penangkapan itu, ikut pula diamankan sepuluh unit handphone berbagai merek," ucap Nurman.

3. NasDem desak polisi mengusut kasus perusakan kantor

Polisi Tangkap 16 Orang terkait Demo Ricuh di PettaraniInstagram/cicutika

Dewan Pengurus Cabang Partai NasDem Makassar meminta polisi mengusut tuntas kasus perusakan kantor mereka. Ketua DPC NasDem Makassar Andi Rachmatika Dewi mengatakan kejadian itu sangat disayangkan dan baru pertama terjadi.

Cicu -sapaan Rachmatika- berharap kepolisian mengusut kasus pelaku penyerangan kantor NasDem, serta menangkap pelaku. Sebab jika dibiarkan, masyarakat akan berprasangka soal kejadian itu.

"Harapannya kita, Pak Kapolda, Kapolrestabes mengungkap pelaku agar kita tidak menduga-duga siapa oknumnya," kata dia.

Cicu juga menyatakan mendukung mahasiswa berdemonstrasi buat menyampaikan aspirasi. Tapi dia tidak sepaham jika demonstrasi berujung perusakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Silakan demonstrasi, silakan unjuk rasa. Itu biasa. Tapi jangan sampai ada perusakan," katanya.

Baca Juga: NasDem Makassar Minta Polisi Usut Tuntas Perusak Kantor

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya