Comscore Tracker

Polisi Tangkap 10 Terduga Perusuh Demonstrasi 11 April di Makassar

Kapolda sebut penyusup masuk barisan demonstrasi mahasiswa

Makassar, IDN Times - Aparat kepolisian menangkap sejumlah orang yang diduga memicu kerusuhan unjuk rasa menolak penundaan Pemilu 2024 di depan gedung DPRD Sulawesi Selatan, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (11/4/2022).

"10 orang itu masih akan kita identifikasi," kata Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana kepada jurnalis usai pembubaran paksa demonstrasi, Senin malam (11/4/2022).

1. Kapolda sebut ada penyusup

Polisi Tangkap 10 Terduga Perusuh Demonstrasi 11 April di MakassarDemonstrasi di Makassar berujung rusuh. (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Nana memperkirakan estimasi massa dalam unjuk rasa ini sekitar 2000-an orang. Mereka sebagian besar adalah mahasiswa. Dia menduga dalam demonstrasi itu, yang membuat onar sehingga terjadi kerusuhan adalah penyusup.

Mereka teridentifikasi sesaat setelah petugas membubarkan paksa demonstrasi yang terlanjur bentrok dengan aparat kepolisian. "Penyusup-penyusup ini memang kami tidak duga di awal-awalnya (saat demonstrasi)," kata Nana.

2. Kapolda Nana sebut unjuk rasa awalnya berjalan damai

Polisi Tangkap 10 Terduga Perusuh Demonstrasi 11 April di MakassarKapolda Sulsel Irjen Nana Sudjana saat memberikan keterangan usai demonstrasi mahasiswa berujung bentrok dengan polisi di Makassar. (Istimewa)

Nana menyebut, awalnya unjuk rasa berjalan dengan damai dan aman. Terlebih karena aspirasi mahasiswa juga sudah diterima oleh pimpinan dewan di DPRD Sulsel. Namun setelah dialog dan mediasi dengan dewan selesai, keadaan berubah memanas.

Nana menduga, para perusuh yang ditangkap itulah yang membuat situasi ini tak terkendali. Merekalah yang menurut Nana melempari petugas. "Itu menjelang saat berbuka puasa kelompok ini (perusuh) melempar ke kantor DPRD," ujar Nana.

Baca Juga: [BREAKING] Polisi Mulai Bubarkan Demo Mahasiswa di Makassar 

3. Terduga perusuh demo yang ditangkap masih diperiksa lebih lanjut

Polisi Tangkap 10 Terduga Perusuh Demonstrasi 11 April di MakassarDemonstrasi di Makassar berujung rusuh. (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Saat ini lanjut Nana, mereka yang tertangkap sudah dibawa ke Polrestabes Makassar untuk diperiksa lebih lanjut. Polisi belum bisa memastikan apakah mereka yang ditangkap adalah mahasiswa perusuh atau bukan. "Masih diperiksa," imbuh Nana.

Diketahui, unjuk rasa ribuan mahasiswa di depan kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, kawasan jalan layan atau flyover hingga Jalan AP Pettarani, Senin sore berakhir ricuh. Mahasiswa terlibat bentrok saling lempar dengan petugas kepolisian.

Kericuhan baru bisa berhenti saat petugas membubarkan paksa mahasiswa yang melempari aparat dengan batu hingga balok kayu. Mereka dibubarkan dengan beberapa kali tembakan gas air mata.

Baca Juga: Demo 11 April, Mahasiswa Makassar Teriak Luhut hingga Jokowi

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya