Polisi Cari Bukti Tambahan Eks Petinggi FPI Makassar Baiat ke ISIS

Tiga eks pentolan FPI Makassar masih ditahan di Polda Sulsel

Makassar, IDN Times - Penyidik tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri, masih memeriksa intensif tiga orang mantan petinggi Front Pembela Islam (FPI) Cabang Makassar, Sulawesi Selatan.

Pemeriksaan tersebut berkaitan dengan dugaan pembaiatan yang dihadiri pimpinan FPI pusat Munarman di markas FPI Makassar, Jalan Sungai Limboto, Kecamatan Ujung Pandang, beberapa tahun silam. 

"Bukti tambahan masih kita cari sebelum ketiganya ini ditetapkan tersangka," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan saat ditemui di kantornya, Rabu (19/5/2021). 

1. Fokus pemeriksaan untuk mengetahui latar belakang pembaiatan

Polisi Cari Bukti Tambahan Eks Petinggi FPI Makassar Baiat ke ISISKabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan. IDN Times/Sahrul Ramadan

Zulpan menerangkan, Densus 88 masih fokus menyelidiki latar belakang ketiga pentolan FPI Makassar mengikuti baiat menjadi bagian kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS. "Penyelidikannya lebih berat di situ," jelasnya.

Menurut Zulpan, keterangan ketiganya masih sangat dibutuhkan untuk membuat jelas proses penyelidikan yang tengah berjalan. Keterangan itu akan dicocokkan dengan barang bukti awal yang telah disita penyidik.

Namun, Zulpan masih enggan menyebut lebih detail barang bukti apa saja yang telah ditemukan penyidik. "Karena itu masuk dalam materi pemriksaan, saya belum bisa sampaikan dulu," ucapnya. 

2. Tiga petinggi FPI Makassar masih ditahan di Polda Sulsel

Polisi Cari Bukti Tambahan Eks Petinggi FPI Makassar Baiat ke ISISIlustrasi Borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Zulpan menyatakan, ketiga petinggi FPI Makassar itu masih ditahan di Polda Sulsel. Sementara tim Densus 88 juga masih terus mengembangkan kasus ini untuk mencari bukti tambahan.

Di sisi lain, lanjut Zulpan, penyidik juga masih menyelidiki keterkaitan tiga orang ini dalam kasus bom bunuh diri pasangan suami istri L dan YSF di Gereja Katedral Makassar. "Arah penyelidikannya juga kan pasti ke situ," ujarnya. 

Baca Juga: Polisi Sebut Eks Petinggi FPI Makassar yang Ditangkap Terkait Munarman

3. Ketiganya ditangkap di bekas markas FPI Makassar

Polisi Cari Bukti Tambahan Eks Petinggi FPI Makassar Baiat ke ISISIlustrasi. Tim Densus 88 menggeledah rumah pelaku bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar/Istimewa

Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri dibantu Polda Sulsel menangkap tiga orang itu di bekas markas FPI Makassar, Selasa, 4 Mei 2021. 

Masing-masing berinsial AR, MU dan AS. Ketiganya ditangkap karena diduga telah dibaiat menjadi bagian dari kelompok ekstremis ISIS oleh mantan Sekretaris Umum FPI Munarman.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Tiga Eks Petinggi FPI Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya