Polisi Benarkan Kabar Pencabutan Laporan Kasus Pencemaran Nama Baik JK

Kuasa hukum keluarga JK mengaku belum dapat informasi

Makassar, IDN Times - Laporan kasus dugaan pencemaran nama baik mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang diduga dilakukan Wali Kota Makassar terpilih, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto dikabarkan telah dicabut dari Polda Sulsel. 

Informasi mengenai pencabutan laporan dibenarkan Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan. "Iya sudah cabut laporan, sudah dimaafkan dan tidak perlu dilanjutkan," kata Zulpan kepada jurnalis saat dikonfirmasi, Kamis (25/2/2021).

1. Pelapor dan terlapor sudah saling memaafkan

Polisi Benarkan Kabar Pencabutan Laporan Kasus Pencemaran Nama Baik JKIlustrasi jabat tangan. (IDN Times/Arief Rahmat)

Zulpan menyatakan, pihak pelapor dan terlapor sudah sama-sama saling memaafkan. Seiring dengan terjalinnya kembali hubungan baik kedua belah pihak, laporan kasus pun telah dicabut. Proses penyelidikan kasus itu, kata Zulpan, kini telah selesai.

"Sudah ada perdamaian. Sudah dimaafkan dari Pak JK dan keluarga. Dari korban sudah memaafkan jadi sudah (selesai), iya," ungkap Zulpan.

2. Belum pastikan laporan dicabut pendamping hukum koordinasi ke anak JK

Polisi Benarkan Kabar Pencabutan Laporan Kasus Pencemaran Nama Baik JKJusuf Kalla (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Terpisah, pendamping hukum keluarga JK, Yusuf Gunco mengaku belum mendapatkan sama sekali informasi mengenai perkembangan pencabutan laporan. Yugo, sapaan akrabnya, masih berkoordinasi dengan anak JK, Solihin Kalla. 

"Belum (cabut laporan). Belum ada juga informasi. Nanti, saya coba tanyakan dulu sama Pak Solihin, bagaimana (perkembangannya). Sabar yah," ungkap Yugo kepada IDN Times saat dihubungi, Kamis sore. 

Baca Juga: Polda Sulsel Tunda Penyelidikan Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik JK

3. Akui kesalahan, Danny Pomanto telah meminta maaf ke JK

Polisi Benarkan Kabar Pencabutan Laporan Kasus Pencemaran Nama Baik JKCalon Wali Kota Makassar Danny Pomanto. IDN Times/Sahrul Ramadan

Diketahui, Sabtu 5 Desember 2020, anak JK, Solihin Kalla bersama tim hukumnya, melaporkan Danny Pomanto ke Polda Sulsel terkait dugaan pencemaran nama baik. Dugaan pencemaran yang menjadi bukti pelapor adalah rekaman suara yang tersebar luas di media sosial. 

Belakangan, Danny Pomanto mengakui sudah meminta maaf langsung kepada JK. "Saya sudah langsung minta maaf ke beliau. Sebagai orang tua, beliau menasihati saya sebagai anaknya. Sebaliknya saya sebagai anak mendengarkan kata beliau," kata Danny kepada IDN Times saat dihubungi, Jumat, 5 Februari. 

Baca Juga: Danny Pomanto Minta Maaf, Kuasa Hukum JK: Seharusnya dari Awal

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya