Comscore Tracker

Polisi Belum Deteksi Pelaku Penyerang Mapala UIM

Penyidik memeriksa sejumlah saksi terkait peristiwa

Makassar, IDN Times - Penyidik Polsek Tamalanrea, Kota Makassar, masih menyelidiki siapa pelaku penyerangan sekretariat Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Islam Makassar (UIM). Penyebab kejadian itu juga belum terungkap.

Sekretariat Mapala UIM di Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar diserang kelompok misterius pada Kamis kemarin, 1 Oktober 2020.

"Masih dalam dalam proses penyelidikan, korban juga sudah kita ambil keterangannya dan sudah melapor," kata Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Tamalanrea, Iptu Muhalis kepada IDN Times, Jumat (2/10/2020).

Baca Juga: Puluhan OTK Serang Sekretariat Mapala UIM Makassar, 2 Motor Terbakar

1. Polisi sudah periksa sejumlah saksi

Polisi Belum Deteksi Pelaku Penyerang Mapala UIMKendaraan terbakar usai penyerangan sekretariat Mapala UIM oleh puluhan OTK/Polsek Tamalanrea

Peristiwa penyerangan terjadi pada Kamis sore. Seorang anggota Mapala UIM jadi korban ledakan senjata papporo'. Dia menderita luka di bagian kaki.

Muhalis mengatakan, pelaku menyerang sekretariat saat kampus sedang lengang.Pelaku disebut empat kali menembakkan papporo' ke dalam sekretariat. Polisi sudah memeriksa sejumlah saksi terkait peristiwa itu.

"Termasuk sekuritinya juga, sama ada dari pihak mahasiswanya beberapa juga. Ini yang kita dalami bagaimana pemicunya," ucap Muhalis.

2. Mahasiswa diserang saat akan menggelar rapat

Polisi Belum Deteksi Pelaku Penyerang Mapala UIMIlustrasi. Rumah Pelaku NF (15) remaja yang membunuh A (5) di Sawah Besar, Karanganyar (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Muhalis menerangkan, kelompok penyerang diperkirakan berjumlah puluhan orang. Insiden penyerangan terjadi sesaat setelah mahasiswa baru masuk ke dalam sekretariat.

"Tiba-tiba sekitar 20 orang OTK (orang tak dikenal) berpenutup wajah, langsung mendobrak pintu sekretariat," ujar Muhalis.

Selain bersenjata rakitan, kelompok misteirus itu juga menyerang menggunakan busur. Beberapa orang mahasiswa berupaya melawan dan mengejar balik pelaku.

3. Dua motor dibakar milik pelaku penyerangan

Polisi Belum Deteksi Pelaku Penyerang Mapala UIMKendaraan terbakar usai penyerangan sekretariat Mapala UIM oleh puluhan OTK/Polsek Tamalanrea

Beberapa anggota Mapala UIM sempat mengejar sejumlah pelaku OTK hingga ke depan gerbang kampus. Kata Muhalis, di sana mereka sempat kontak fisik dan saling lempar batu dengan pelaku. Pelaku kemudian kabur dan meninggalkan dua sepeda motor, yang akhirnya dibakar oleh sejumlah orang.

"Hasil pemeriksaan, motor ditinggalkan oleh beberapa dari OTK ini. Kepunyaannya mereka, mungkin karena panik ditinggal di situ," kata Muhalis.

Baca Juga: Terlibat Kejar-kejaran, Polisi Tangkap 7 Pak Ogah di Makassar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya