Pesawat Keluar Landasan di Bandara Makassar, Garuda Minta Maaf

14 penumpang dan 12 kru pesawat selamat

Makassar, IDN Times - Jajaran manajemen PT Garuda Indonesia mengungkapkan permohonan maafnya pascainsiden pesawat keluar landasan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Insiden tersebut terjadi pada Rabu (1/7/2020) sekitar pukul 18.56 WITA.

"Garuda Indonesia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam siaran pers yang diterima IDN Times di Makassar, Rabu malam.

1. Penumpang pesawat akan diterbangkan kembali besok

Pesawat Keluar Landasan di Bandara Makassar, Garuda Minta MaafIlustrasi Pesawat milik maskapai Garuda Indonesia IDN Times/Yogie Fadila

Pesawat dengan nomor penerbangan GA 613 rute Makassar - Jakarta yang keluar landasan di Bandara Sultan Hasanudin, Makassar memuat 14 orang penumpang. Pihak Garuda memastikan seluruh penumpang dalam kondisi aman setelah dievakuasi.

Garuda Indonesia tengah melaksanakan koordinasi bersama otoritas penerbangan terkait, untuk menindaklanjuti peristiwa tersebut termasuk penanganan pesawat dan penumpang sesuai ketentuan dan prosedur keamanan penerbangan yang berlaku.

"Garuda Indonesia juga telah menerapkan kebijakan service recovery terhadap penumpang melalui penyediaan fasilitas akomodasi untuk kemudian penumpang akan kembali diterbangkan pada esok hari," ujar Irfan.

2. Garuda Indonesia masih selidiki sebab pasti terjadinya insiden pesawat keluar landasan

Pesawat Keluar Landasan di Bandara Makassar, Garuda Minta MaafPesawat Garuda Indonesia mengalami insiden di Bandara Sulhas Makassar. Dok. IDN Times/Istimewa

Kejadian berlangsung saat pesawat hendak lepas landas. Karena persoalan teknis, tiba-tiba ban depan pesawat keluar landasan pacu. Akibatnya, beberapa kerusakan sempat terjadi. Seluruh penumpang saat itu bergegas dievakuasi ke ruang tunggu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Lebih lanjut kata Irfan, pihaknya sementara ini masih melakukan evaluasi untuk mencari tahu penyebab pesawat keluar landasan di runway 21. "Garuda Indonesia bersama pihak otoritas terkait sedang melakukan pemeriksaan dan evaluasi lebih lanjut mengenai penyebab kejadian tersebut," ucapnya.

Baca Juga: 10 Ribu Penerbangan di Bandara Hasanuddin Makassar Diprediksi Batal

3. Angkasa Pura 1 sebut insiden pesawat Garuda Indonesia keluar jalur tidak ganggu penerbangan lain

Pesawat Keluar Landasan di Bandara Makassar, Garuda Minta MaafIlustrasi. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Terpisah, Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura 1 Handy Heryudhitiawan memastikan insiden keluar landasan pesawat Garuda Indonesia sama sekali tidak mengganggu sistem penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

"Inisiden ini tidak berdampak pada operasional beberapa penerbangan berikutnya karena proses lepas landas dan mendarat dapat dialihkan ke runway 13-31. Penerbangan berikutnya pun tidak mengalami keterlambatan," kata Handy dalam siaran pers yang diterima jurnalis malam ini.

Pesawat tipe Airbus 330-300 dengan nomor registrasi PK-GHD, disrebutkan Handy tidak mengalami kerusakan berarti. Pesawat ini membawa 14 penumpang dan 12 kru pesawat.

"Saat ini masih dilakukan investigasi untuk mengetahui penyebab insiden ini. Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tengah berkoordinasi dengan stakeholder terkait, terutama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk memastikan tindak lanjut penanganan insiden pesawat tersebut," imbuh Handy.

Baca Juga: Muat 14 Penumpang, Pesawat Garuda Keluar Landasan Bandara di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya