Comscore Tracker

Perekrutan Member Arisan Investasi Bodong Pakai Selebgram

Polisi jadwalkan periksa selebgram yang jadi influencer

Makassar, IDN Times - Penyidik Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar mengendus keterlibatan selebgram untuk merekrut member investasi bodong berkedok arisan online.

Kasat Reskrim Kompol Jamal Faturakhman mengatakan tiga orang sudah ditetapkan jadi tersangka terkait kasus itu. Masing-masing pasangan kekasih LSD dan AR sebagai owner dan pemilik rekening, serta admin berinisial MD. 

"Informasi itu memang sedang kami dalami. Untuk menarik member, owner ini menggunakan jasa melalui influencer atau pun selebgram," kata Jamal di kantornya Jumat malam (17/9/2021).

Baca Juga: Ini Model Kelola Arisan dan Investasi Bodong di Makassar

1. Polisi jadwalkan pemeriksaan selebgram

Perekrutan Member Arisan Investasi Bodong Pakai SelebgramKantor Polrestabes Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Jamal mengungkapkan, selebgram diduga berperan sebagai pemantik agar 300 member ini tertarik mengikuti arisan online dan menginvestasikan uangnya kepada para pengelola. Namun Jamal masih enggan menyebut siapa selebrgam Makassar yang diduga ikut terlibat dalam pengelolaan ini.

Jamal bilang penyidik sementara menjadwalkan pemeriksaan kepada selebgram dalam waktu dekat. "Kami akan memanggil (klarifikasi) para influencer ini apakah peranan mereka terkait dengan adanya arisan online ini," ucapnya.

2. Polisi pertimbangkan untuk bekukan akun medsos pengelola arisan

Perekrutan Member Arisan Investasi Bodong Pakai SelebgramIlustrasi Media Sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih lanjut kata Jamal, pihaknya tengah mempertimbangkan apakah akan membekukan akun media sosial pengelola arisan online dan investasi bodong ini atau tidak. Akun medsos itu yang digunakan tiga tersangka untuk mempromosikan kepada para korban bila ingin bergabung dan jadi member.

Akun medsos itu ditangani oleh MD yang berperan sebagai admin. "Karena jangan sampai dengan akun itu juga, kami bisa menerima beberapa (tambahan) pengaduan. Jadi kami lihat perkembangan situasinya bagaimana nanti, apakah memang akun ini perlu dibekukan atau tidak," ucap Jamal.

3. Pengelola menampung member lewat empat grup WhatsApp

Perekrutan Member Arisan Investasi Bodong Pakai SelebgramTertipu arisan online, seratusan emak-emak datang melapor ke Polsek Rappocini, Makassar/Istimewa

Sebelumnya Jamal menjelaskan, para tersangka mengkoordinir empat grup WhatsApp untuk member yang ikut item arisan berbeda. Di antaranya arisan menurun, arisan naik, dan lainnya. Arisan jadi syarat agar member bisa berinvestasi dengan modal tertentu dan dijanjikan keuntungan berlipat ganda.

Arisan ini, kata Jamal, sudah berjalan cukup lama. Mereka bahkan merekrut member dari luar Sulawesi Selatan. Di antaranya, sejumlah member dari Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Dan semakin banyak korban yang datang ke Polrestabes mengadukan kerugian mereka," ujar Jamal.

Baca Juga: Seratusan Orang di Makassar Tertipu Arisan Online dan Invetasi Bodong

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya