Comscore Tracker

Pasca-Valentine, Dinsos Makassar Akan Rutin Merazia Wisma Tak Berizin

4 pasangan belum menikah kena razia tadi malam

Makassar, IDN Times - Kepala Dinsos Makassar Mukhtar Tahir mengatakan akan melakukan razia rutin di setiap wisma yang tidak memiliki izin resmi. Tindakan itu, menurutnya, untuk mencegah masyarakat melakukan aktivitas asusila.

Pada malam valentine, Kamis (13/2) kemarin, Dinas Sosial dan Satpol PP Makassar menggelar razia. Hasilnya, mereka mendapati empat pasangan tidak menikah dari lima wisma yang jadi sasaran razia. Saat ini, Dinsos masih melakukan pemeriksaan terhadap pasangan tersebut.

"Kebanyakan pemuda-pemudi kita kadang melakukan hal yang di luar kendali, karena menganggap hari valentine ini hari kasih sayang diwujudkan satu bentuk perlakuan yang sebetulnya belum bisa dilakukan tanpa ikatan [pernikahan] yang sah," kata Kepala Dinsos Makassar Mukhtar Tahir, Jumat (14/2).

Baca Juga: Polisi Ungkap Prostitusi Online Aplikasi Michat di Makassar 

1. Dinsos Makassar melakukan pendataan

Pasca-Valentine, Dinsos Makassar Akan Rutin Merazia Wisma Tak BerizinRazia Satpol PP Makassar di malam valentine, Kamis (13/2). IDN Times / Sahrul Ramadan

Mukhtar mengatakan, sejauh ini petugas Dinsos masih mendata mereka yang terjaring razia di wisma. Bagi yang tidak memiliki dokumen atau identitas resmi, bakal ditahan sementara untuk melengkapi administrasi diri. Dari empat pasangan yang terjaring, umumnya mereka dikabarkan sebagai pekerja swasta.

Mukhtar menyebut, pihaknya akan memproses hukum pasangan ini jika tidak tidak dapat menunjukkan bukti ikatan pernikahan resmi. Begitu pun dengan pasangan yang diketahui telah memiliki istri atau pun suami.

"Yah kalau mereka [pasangan] tidak mengantongi dokumen resmi, dan didapati maka kita akan proses. Kita akan mempersatukan mereka kalau mereka punya pasangan," ungkapnya.

2. Razia wisma malam valentine merupakan tindak lanjut dari perintah Wali Kota Makassar

Pasca-Valentine, Dinsos Makassar Akan Rutin Merazia Wisma Tak BerizinRazia malam Valentina Satpol PP Makassar. IDN Times / Sahrul Ramadan

Razia wisma di malam valentine, lanjut Mukhtar, merupakan bagian dari tindak lanjut atas perintah Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb. Razia dijelaskan, bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada aktivitas pemuda-pemudi di Makassar yang diangggap dapat melanggar norma-norma kesusilaan yang ada.

Di sisi lain, razia bertujuan untuk mencegah perbuatan yang bisa melanggar hukum. "Inilah yang jadi respon. Dan permintaan Pj Wali Kota untuk menyisir penginapan yang banyak dilaporkan," jelas Mukhtar.

Razia ini, lanjutnya, dipastikan bakal tetap dilaksanakan di luar momentum valentine. Razia difokuskan di penginapan yang tidak memiliki izin resmi. "Ke depan kami dari Dinsos akan bekerja sama dengan Satpol PP untuk merazia mendadak, atau tidak menentu. Tiba-tiba saja turun," tegasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Malam Valentine, Satpol PP Makassar Merazia Wisma

3. Empat pasangan diamankan dari lima wisma yang dirazia Satpol PP Makassar

Pasca-Valentine, Dinsos Makassar Akan Rutin Merazia Wisma Tak BerizinRazia Satpol PP Makassar di malam valentine. IDN Times / Sahrul Ramadan

Satpol PP Makassar mulai melakukan razia sejak pukul 22.00 WITA, malam tadi. Razia pertama dilakukan di salah satu wisma di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Wajo. Di wisma tersebut, petugas mengamankan satu pasangan muda-mudi yang belum diketahui identitasnya.

Keduanya diangkut menggunakan mobil patroli Satpol PP. Razia berlanjut ke kawasan Jalan Samalona Makassar. Di sana, petugas kembali mengamankan sepasang muda-mudi dari dalam kamar wisma. Dua perempuan belum diketahui identitasnya juga ikut diamankan.

Sempat terjadi ketegangan antar wanita yang menolak diangkut dengan mobil karena berdalih membawa kendaraan sendiri. Namun, petugas tetap membawa pasangan tersebut untuk didata di Kantor Satpol PP Makassar. Razia berlanjut lagi ke Jalan Serui.

Di wisma itu, petugas kembali menyisir beberapa kamar. Ditemukan sepasang lagi yang diamankan. Meski berdalih sepupu, mereka tetap diangkut ke atas mobil.

Razia berlanjut ke dua wisma di Jalan Lombok. Di salah satu wisma, petugas kembali mengamankan pasangan muda-mudi di dalam kamar. Tanpa kompromi, petugas langsung mengangkut mereka ke atas mobil patroli.

Baca Juga: 4 Pasangan Terjaring Razia Satpol PP pada Malam Valentine di Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya