Organisasi Jurnalis di Sulsel Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

JPS juga siapkan pengantaran bantuan dari Makassar ke Sulbar

Makassar, IDN Times - Sejumlah organisasi jurnalis di Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Jurnalis Peduli Sulawesi Barat (JPS) mulai menyalurkan bantuan logistik korban terdampak bencana gempa berkekuatan Magnitudo 6,2. Gempa yang terjadi pada Jumat, 15 Januari 2021, menelan banyak korban jiwa serta menghancurkan rumah-rumah warga.

"Teman-teman jurnalis langsung tergerak untuk ikut terlibat mengumpulkan donasi dari dermawan dan jaringan masing-masing guna membantu para korban sebagai bagian dari misi kemanusian," kata Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Nurdin Amir di Posko JPS, Kamis (21/1/2021).

1. JPS Sulsel distribusikan 150 paket kebutuhan untuk korban bencana di Sulbar

Organisasi Jurnalis di Sulsel Kirim Bantuan untuk Korban Gempa SulbarJPS Sulsel salurkan bantuan untuk korban gempa di Sulbar/JPS Sulsel

Nurdin menjelaskan, aksi kemanusiaan ini dilakukan atas kepedulian dan respons rekan-rekan jurnalis untuk ikut membantu para korban gempa Sulbar, termasuk jurnalis yang ikut terdampak bencana. Bantuan disalurkan bertahap mulai Kamis hari ini ke lokasi pengungsian di Kabupaten Majene dan Kota Mamuju.

"Bantuan tahap pertama yang segera dikirim ke Sulbar, tercatat ada 150 paket logistik, berisi bahan makanan, hand sanitizer, masker hingga minyak angin, dan popok bayi yang sangat diperlukan di kamp pengungsian," jelas Nurdin.

2. Penggalangan bantuan di tengah kondisi pandemik COVID-19 dan cuaca ekstrem

Organisasi Jurnalis di Sulsel Kirim Bantuan untuk Korban Gempa SulbarJPS Sulsel salurkan bantuan untuk korban gempa di Sulbar/JPS Sulsel

Nurdin mengatakan, pada prinsipnya aksi kemanusiaan ini dilakukan atas inisiatif serta keprihatinan para pekerja media di Sulsel. Terlebih, situasi dan kondisi di tengah pandemik COVID-19 ditambah cuaca ekstrim yang melanda beberapa daerah di Indonesia.

Gerakan peduli kemanusiaan untuk korban bencana terwujud atas inisiasi organisasi jurnalis seperti AJI Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah (Pengda) Sulselbar, IJTI Pengda Kalimantan Utara, beserta Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar.

Nurdin menjelaskan, JPS bergerak bukan hanya menggalang dana di kalangan para jurnalis dan para dermawan yang ikut berpartisipasi memberikan bantuan. Pihaknya juga memfasilitasi para donatur yang ingin menyisihkan sedikit hartanya guna membantu korban yang terdampak gempa Sulbar.

Baca Juga: Kondisi Terkini Sulbar: Minimarket-Pasar Sudah Buka, Listrik Pulih 98%

3. JPS masih membuka donasi bagi dermawan untuk membantu meringankan beban korban bencana di Sulbar

Organisasi Jurnalis di Sulsel Kirim Bantuan untuk Korban Gempa SulbarJPS Sulsel salurkan bantuan untuk korban gempa di Sulbar/JPS Sulsel

Saat ini, lanjut Nurdin, bantuan yang mendesak untuk segera disalurkan yaitu kebutuhan dasar para korban gempa Sulbar di Majene dan Mamuju. Seperti sembako hingga kebutuhan untuk balita dan perempuan yang ada di tenda- tenda pengungsian.

"Bagi dermawan yang ingin mengantarkan langsung bantuan logistik dapat dibawa ke Posko JPS di Kompleks Puri Taman Sari, Jalan Puri Raya VII Blok A9, Nomor 17 Makassar, Sulsel," ungkap Nurdin.

Hingga saat ini, JPS masih membuka donasi bukan hanya menerima bantuan bahan makanan, tapi juga membuka rekening untuk penyaluran dana dari para donatur. Donasi bisa langsung dikirim ke rekening Mandiri dengan nomor 17400 0060 3951 atas nama Erwin Ijarta dan rekening BNI nomor 67899 1111 6 atas nama Pewarta Foto Makassar.

Bagi donatur yang sudah mengirimkan donasinya diharapkan mengonfirmasi ke nomor WhatsApp +62 812-4142-7429 untuk donasi di Bank Mandiri dan nomor WA nomor +62 811-4458-811 untuk BNI.

Ketua IJTI Sulsel, Muhammad Sardi menambahkan, JPS juga menawarkan jasa pengangkutan bantuan secara gratis bagi dermawan dan relawan yang akan mengirimkan bantuan ke Sulbar. Paket bantuan bisa diantar ke posko JPS agar bisa diantarkan ke titik pengungsian di Sulbar.

"Bagi dermawan atau donasi yang bingung mengirimkan bantuan ke Sulbar, JPS siap memfasilitasi pengantaran. Jadi nanti paket bantuan yang akan dikirim dituliskan keterangan akan disalurkan ke mana. Nanti akan diturunkan sesuai titik tujuan," tambahnya.

Baca Juga: 150 Penyandang Disabilitas Jadi Korban Terdampak Gempa di Sulbar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya