Muat 14 Penumpang, Pesawat Garuda Keluar Landasan Bandara di Makassar

Pesawat hendak berangkat ke Jakarta

Makassar, IDN Times - Pesawat Garuda Indonesia mengalami insiden saat hendak lepas landas dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/7/2020) malam. Hal tersebut dibenarkan General Manager Angkasa Pura I Makassar Wahyudi.

"Jadi insidennya bukan tergelincir. Kalau tergelincir itu pesawat datang. Ini pesawat mau berangkat, bannya keluar landasan," kata Wahyudi kepada IDN Times saat dikonfirmasi, sesaat lalu.

1. Pesawat memuat 14 penumpang yang hendak berangkat ke Jakarta

Muat 14 Penumpang, Pesawat Garuda Keluar Landasan Bandara di MakassarPesawat Garuda Indonesia mengalami insiden di Bandara Sulhas Makassar. IDN Times/Istimewa

Wahyudi tidak mengetahui pasti waktu insiden terjadi. Dia mengaku mendapatkan laporan tersebut dari petugas di lapangan. Intinya kata dia, pesawat memuat belasan orang penumpang.

"Ada 14 penumpang rencananya mau terbang, berangkat ke Jakarta. Sekarang sudah diamankan semua. Kondisinya baik-baik saja," ujar Wahyudi.

2. Belasan penumpang telah dievakuasi, pesawat dalam proses perbaikan

Muat 14 Penumpang, Pesawat Garuda Keluar Landasan Bandara di MakassarIlustrasi Pesawat milik maskapai Garuda Indonesia IDN Times/Yogie Fadila

Lebih lanjut Wahyudi menjelaskan, pascainsiden tersebut seluruh penumpang telah dievakuasi ke dalam area ruang tunggu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Sementara pesawat yang ditumpangi saat ini masih dalam proses perbaikan.

Wahyudi menyebut ban depan pesawat keluar dari garis jalur. Akibatnya, ada sedikit kerusakan yang sementara masih diperbaiki oleh teknisi bandara dan maskapai. "Masih sementara ini (perbaikan)," ucapnya.

Baca Juga: Bandara Hasanuddin Makassar Ditutup sampai Setelah Lebaran

3. Penyebab pesawat keluar landasan pacu belum diketahui jelas

Muat 14 Penumpang, Pesawat Garuda Keluar Landasan Bandara di MakassarMaskapai penerbangan Jerman Condor (Website/condor.com)

Wahyudi manambahkan pesawat yang keluar landasan pacu berjenis Airbus A330. Pesawat dengen nomor penerbangan GA613 bakal berangkat dengan rute Makassar ke Jakarta.

"Sampai sekarang penyebab pastinya kita belum ketahui. Sementara ada tim sudah di lapangan. Nanti kalau sudah ada (hasil) baru kita sampaikan yah," imbuh Wahyudi menyudahi.

Baca Juga: 10 Ribu Penerbangan di Bandara Hasanuddin Makassar Diprediksi Batal

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya