Masjid Raya Makassar Siap Tampung Ribuan Orang untuk Iktikaf

Biasanya jemaah berdatangan dari luar Kota Makassar

Makassar, IDN Times - Masjid Raya Kota Makassar siap menampung ribuan jemaah untuk iktikaf pada Ramadan 1443 Hijriah tahun ini. Iktikaf merupakan ibadah berdiam diri di masjid, terutama pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan.

Imam Masjid Raya Makassar H Musakka mengatakan, pada tahun ini diperkirakan kembali ramai orang-orang yang datang untuk tinggal di masjid. Gelombang jemaah mulai terlihat sejak awal Ramadan.

"Sudah mulai berdatangan jemaah bahkan sejak hari pertama Ramadan. Kalau estimasinya itu ada 5000-an jemaah yang ikut ibadah, khusus untuk iktikaf," kata Musakka kepada IDN Times, Jumat (15/4/2022).

Baca Juga: 5 Hal Unik tentang Itikaf Saat Ramadan yang Harus Kamu Tahu

1. Jemaah dibolehkan tinggal sementara di masjid

Masjid Raya Makassar Siap Tampung Ribuan Orang untuk IktikafIlustrasi. Kondisi Masjid Raya Makassar saat bulan Ramadan. IDN Times/Sahrul Ramadan

Musakka mengungkapkan, antusiasme umat muslim untuk beribadah di masjid tahun ini sangat besar karena pemerintah melonggarkan aturan terkait COVID-19. Berbeda dengan Ramadan dua tahun terakhir, saat masyarakat dibatasi berkumpul, termasuk di tempat ibadah.

Pengurus Masjid Raya Makassar tetap mengatur tempat bagi jemaah agar tidak menumpuk di dalam masjid. Jemaah perempuan diberi ruang di lantai satu, sedangkan laki-laki di lantai dua. Diperkirakan jemaah tidak hanya berasal dari dalam Kota Makassar.

2. Jemaah rela datang jauh-jauh untuk iktikaf

Masjid Raya Makassar Siap Tampung Ribuan Orang untuk IktikafIlustrasi salat berjamaah (Istimewa)

Seperti umumnya bulan Ramadan yang lalu, jemaah mulai datang bertahap untuk menginap di masjid. Mereka menempati selasar masjid untuk tempat tinggal sementara selama iktikaf.

"Dan puncak pelaksanaan ibadah itu kan nanti di hari ke 21 Ramadan. Nah di momen itu yang banyak ditunggu-tunggu," ujar Musakka.

Jemaah yang datang umumnya sudah terbiasa menjalani iktikaf di Masjid Raya Makassar. "Biasanya tarawih di tempat lain, tapi kalau iktikaf kembali ke sini mereka," Musakka melanjutkan.

3. Diperkirakan jemaah membeludak di malam ke-21 Ramadan

Masjid Raya Makassar Siap Tampung Ribuan Orang untuk IktikafSuasana Masjid Raya Makassar saat bulan Ramadan, Jumat (23/4/2021). IDN Times/Sahrul Ramadan

Musakka mengatakan, Masjid Raya Makassar sudah menjadi salah satu pusat ibadah iktikaf di Makassar sejak dulu. Meski, sudah banyak masjid lain yang turut menggelar ibadah serupa.

"Tapi bagi jemaah, mungkin kita punya ciri khas tersendiri sehingga jemaah berbondong-bondong," kata Musakka.

Saat iktikaf, jemaah mengikuti sejumlah rangkaian ibadah malam di bulan Ramadan. Dari pengajian hingga salat sunah. Biasanya aktivitas ibadah dimulai setelah tengah malam.

"Nanti masuk jam 1 malam, sampai selesai itu ibadah. Apalagi malam puncak nanti yang ke-21 Ramadan membeludak pasti," Musakka menambahkan.

Pihak Masjid Raya Makassar tengah tengah menyusun persiapan supaya jemaah nantinya mudah mengatur jemaah dan tidak saling berebutan tempat.

Baca Juga: 5 Cara agar Ibadah Selama Ramadan Bisa Terus Konsisten

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya