Malam Lebaran di Makassar, Polisi Patroli ke Pusat-pusat Keramaian

Masyarakat juga diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan

Makassar, IDN Times - Jajaran Polrestabes Makassar menggelar patroli malam Lebaran Idul Adha, Kamis (30/7/2020), untuk mengantisipasi tindakan yang dianggap dapat mengganggu ketertiban dan suasana kondusif.

"Yang kita amankan tempat-tempat keramaian pastinya. Jalan-jalan protokol kemudian lingkungan warga juga. Keliling nanti anggota di lapangan," kata Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono kepada IDN Times saat dikonfirmasi, Kamis.

1. 30 orang personel memantau setiap lokasi keramaian

Malam Lebaran di Makassar, Polisi Patroli ke Pusat-pusat KeramaianPolrestabes Makassar patrolis sosialisasi pencegahan Covid-19. IDN Times/Polrestabes Makassar

Kata Yudhiawan, tim khusus pengamanan malam Lebaran bersiaga di sejumlah lokasi keramaian selepas patroli dilakukan. Tiap tim terdiri dari 30 orang personel. Mereka memantau dan mengamankan sejumlah lokasi yang menjadi objek atau titik masyarakat berkumpul.

Mulai dari pusat perbelanjaan modern hingga ke pasar-pasar tradisional. "Meski pun skalanya agak berbeda karena kan ini masih pandemik (COVID-19). Apalagi tidak ada takbiran keliling. Itu belum diperbolehkan. Ada pun kalau ada, tetap kita monitoring," ungkapnya.

Personel yang bertugas juga diinstruksikan agar tetap mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengikuti anjuran pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19. "Kita berikan imbauan, bagi yang tidak pakai masker, kita bagikan. Itu penting di masa pandemik saat ini," ucapnya.  

2. Metode pengamanan menyesuaikan protokol pencegahan COVID-19

Malam Lebaran di Makassar, Polisi Patroli ke Pusat-pusat KeramaianPetugas Polrestabes Makassar dilengkapi APD bubarkan kerumunan warga saat PSBB. IDN Times/Polrestabes Makassar

Yudhiawan menjelaskan, metode pengamanan saat ini menyesuaikan situasi dan kondisi dalam pencegahan COVID-19. Anggota yang bertugas di lapangan ditekankan untuk tetap patuh protokol kesehatan. "Seperti penggunaan masker, jaga jarak, semuanya itu wajib," tegasnya.

Pagi tadi kata Yudhiawan, apel gelar pasukan jajaran Polrestabes Makassar telah dilakukan. Usai pelaksanaan apel, personel langsung bertugas untuk mengamankan wilayah kerja  masing-masing. Yudhiawan menjamin, kondusifitas saat malam lebaran Idul Adha saat ini.

Baca Juga: Serang Petugas saat Tawuran, 17 Pemuda di Makassar Ditangkap 

3. Balapan liar hingga perang kelompok jadi sasaran patroli malam lebaran

Malam Lebaran di Makassar, Polisi Patroli ke Pusat-pusat KeramaianJajaran Polretabes Makassar membubarkan aksi tawuran warga. IDN Times/Polrestabes Makassar

Lebih lanjut, Yudhiawan juga merespons maraknya aktivitas balapan liar hingga perang kelompok yang terjadi di sejumlah lokasi di Kota Makassar. Menurutnya, patroli pemantauan malam lebaran kali ini, juga bertujuan untuk menindak siapa pun pelaku yang terbukti mengganggu ketertiban umum.

Yudhiawan berkomitmen agar kondusifitas masyarakat dalam beraktvitas di malam lebaran, aman. "Kan sudah ada beberapa yang sudah kita amankan juga (sebelum-sebelumnya). Jadi kalau terjadi lagi kita tidak sesuai dengan hukum kalau memang mengganggu dan melanggar ketentuan hukum," tegasnya.

Baca Juga: Idul Adha, Rutan Makassar Fasilitasi Kunjungan Virtual

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya