Kebakaran Hanguskan 35 Rumah di Makassar, 1 Petugas Damkar Terluka

Selain petugas, 1 warga setempat juga dikabarkan terluka

Makassar, IDN Times - Kebakaran hebat melanda kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Maccini Sawah, Kelurahan Maccini Gusung, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Kamis (17/9/2020). Informasi yang diterima dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, kebakaran terjadi sekitar pukul 12.40 WITA.

"Rumah yang terbakar ada 35 unit rumah dari dua RT. RT 06 dan RT 30," kata Rustam Jufri, Komandan Kompi Mako Damkar Makassar kepada jurnalis saat ditemui di sela proses pemadaman.

1. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat korsleting arus pendek listrik

Kebakaran Hanguskan 35 Rumah di Makassar, 1 Petugas Damkar TerlukaKebakaran di pemukiman padat penduduk di Makassar. IDN Times/Damkar Makassar

Terpisah, Kepala Dinas Damkar Makassar Elodewata Wahid mengatakan, kebakaran diduga akibat korsleting arus pendek listrik. "Proses pemadaman itu setengah jam, dibantu masyarakat. Penyebab belum kita ketahui pasti, tapi ada indikasi arus pendek listrik," ujar Elodewata.

Elodewata menjelaskan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.10 WITA. Petugas bersama warga setempat berjibaku memadamkan api yang dengan cepat merembes ke rumah-rumah lainnya. Terlebih kondisi rumah di kawasan ini saling berhimpitan.

2. Warga dan petugas terluka saat berupaya memadamkan api

Kebakaran Hanguskan 35 Rumah di Makassar, 1 Petugas Damkar TerlukaIlustrasi. Petugas Damkar Makassar terluka saat memadamkan kebakaran yang terjadi di Kantor Dinkes Sulsel/Damkar Makassar

Kondisi jalan yang cukup sempit karena berada di dalam lorong, jelas Elodewata, membuat petugas kesulitan mengakses area lokasi utama yang terbakar. Warga setempat membantu petugas damkar memadamkan api dengan alat seadanya.

Satu petugas dan satu warga dilaporkan terluka dalam peristiwa ini. "Petugas terkena selang yang tercabut tadi, luka diperut luka ringan saja. Satu warga laki-laki sudah dilarikan ke rumah sakit luka robek tangan kiri," ujar Elodewata.

Baca Juga: Mayat Perempuan Ditemukan Usai Kebakaran di Jalan Nusantara Makassar

3. Rumah yang terbakar umumnya semi permanen

Kebakaran Hanguskan 35 Rumah di Makassar, 1 Petugas Damkar TerlukaIlustrasi. Damkar Makassar berupaya memadamkan dalam kebakaran di Jalan Regge 2, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Makassar, Jumat (20/12). IDN Times / Istimewa

Lebih lanjut kata Elodewata, rumah yang terbakar umumnya berjenis semi permanen. Sebanyak 21 unit armada damkar dengan 78 orang personel diterjunkan untuk memadamkan api. Saat ini aparat Polsek Makassar sudah memasang garis polisi di sekitar lokasi kebakaran.

Damkar Makassar telah menyerahkan sepenuhnya penanganan lanjutan untuk menyelidiki penyebab pasti kebakaran kepada aparat kepolisian setempat.

Baca Juga: Januari-Agustus 2020, Terjadi 88 Musibah Kebakaran di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya